Peran Dukungan Sosial Social Support dalam Perilaku Belajar Anak Binaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak LPKA Kelas I Tangerang

Authors

  • Gede Bayu Pasek Adiwibawa Politeknik Ilmu Pemasyarakatan
  • Imaduddin Hamzah Politeknik Ilmu Pemasyarakatan

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i1.8048

Keywords:

Social Support, Learning Behavior, Assisted Children

Abstract

Jumlah anak binaan di LPKA meningkat namun kunjungan keluarga belum Social Support anak binaan yang berasal dari orang tua keluarga teman dan lingkungan sekitar sangatlah penting Untuk itu peneliti ingin mengetahui bagaimana peran dukungan sosial social support terhadap perilaku belajar anak binaan di Lembaga Pembinaan Anak Khusus LPKA Kelas I Tangerang Hal ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana anak dapat berperilaku belajar yang baik dan dukungan seperti apa yang diberikan kepada anak yang menunjukkan perilaku belajar yang baik Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan cara wawancara yang mendalam dan observasi Hasil penelitian ditemukan social support yang diberikan akan berjalan dengan baik apabila motivasi belajar anak muncul dalam dirinya dan kebutuhan anak harus terpenuhi agar motivasi belajar dapat timbul Jika kebutuhannya terpenuhi maka motivasi tersebut akan muncul dan menunjang perilaku belajar anak Empat pihak yaitu guru orang tua pengasuh dan teman sebaya memegang peranan penting dalam perilaku belajar anak Sayangnya proses pembelajaran yang dilakukan secara bersama sama antara kelas X XI dan XII menjadi kendala dalam penelitian ini < p>

References

Alhafid A F dan Nora D 2020 Kontribusi Dukungan Sosial Orang Tua dan Peran Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa kelas X dan XI di SMA Negeri 2 Bengkulu Selatan Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran 1 4 284 300 https: doi org 10 24036 sikola v1i4 53

Baba M A 2017 Analisis Data Penelitian Kualitatif In Penerbit Erlangga Jakarta Issue June

Baria K dan Gomez D 2022 Influence of social support to student learning and development International Journal of Research Studies in Education 11 2 https: doi org 10 5861 ijrse 2022 112

Imanto H dan Kustanti E R 2021 Hubungan Antara Dukungan Sosial Orangtua Dengan Kematangan Karier Pada Anak Binaan Lembaga Pembinaan Khusus Anak Lpka Kelas I Kutoarjo Dan Kelas Ii Yogyakarta Jurnal EMPATI 10 2 86 91 https: doi org 10 14710 empati 2021 30997

Undang Undang Nomor 11 Tahun 2012 Tentang Sistem Peradilan Pidana Anak 2012

Undang Undang Nomor 22 Tahun 2022 Tentang Pemasyarakatan Pemerintah Republik Indonesia 1 2022 https: peraturan bpk go id Home Details 203148 uu no 11 tahun 2022

Jainiyah J Fahrudin F Ismiasih I dan Ulfah M 2023 Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Jurnal Multidisiplin Indonesia 2 6 1304 1309 https: doi org 10 58344 jmi v2i6 284

John W Creswell 2019 Rwsearch Design Pendekatan Metode Kualitatif Kuantitatif dan Campuran Pustaka Belajar

Lubis F A S Bakhtiar Y dan Saleh A 2020 Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Minat Belajar Siswa di Desa Neglasari The Effect of Social Support on Student Learning Interest in Neglasari Village Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat 2 6 919 924

Pardosi N dan Atrizka D 2018 Kemandirian Belajar Ditinjau dari Dukungan Sosial Orangtua pada Siswa Sekolah Menengah Atas Analitika 10 2 97 https: doi org 10 31289 analitika v10i2 2020

Pieters F M dan Agustina A 2021 The Role of Family Social Support on Learning Motivation: A Study on High School Students Proceedings of the International Conference on Economics Business Social and Humanities ICEBSH 2021 570 Icebsh 1167 1172 https: doi org 10 2991 assehr k 210805 183

Purnamasari N I 2020 Siginifikansi Teori Belajar Clark Hull dan Ivan Pavlov bagi Pendidikan Islam Kontemporer Qudwatun : Jurnal Pendidikan Islam III 1 24

Rautanen P Soini T Pietarinen J dan Pyh lt K 2021 Primary school students perceived social support in relation to study engagement European Journal of Psychology of Education 36 3 653 672 https: doi org 10 1007 s10212 020 00492 3

Samsu S Ag M Pd I P D 2017 Metode Penelitian Issue 17

Sarafino E P 2014 2014 Health psychology: Biopsychosocial interaction second

Sari E dan Dwiarti R 2018 Pendekatan Hierarki Abraham Maslow pada prestasi kerja karyawan PT Madubaru PG Madukismo Yogyakarta Jurnal Perilaku Dan Strategi Bisnis 6 1 58 https: doi org 10 26486 jpsb v6i1 421

Sestiani R A dan Muhid A 2022 Pentingnya Dukungan Sosial Terhadap Kepercayaan Diri Penyintas Bullying: Literature Review Jurnal Tematik 3 2 245 251 https: journals usm ac id index php tematik article view 4568 0Ahttps: journals usm ac id index php tematik article download 4568 2414

Sibua R U R dan Silaen S M J 2020 Dukungan sosial dan kecerdasan emosional Emotional Quotient dengan stres di tengah pandemi covid 19 pada Masyarakat Cempaka Putih Barat Jakarta Pusat IKRA ITH Humaniora 4 3 187 193 https: journals upi yai ac id index php ikraith humaniora issue view 61

Sudarti D O 2019 Kajian teori behavioristik stimulus dan respon dalam meningkatkan minat belajar siswa Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam 16 2 55 72 https: ejournal unisnu ac id JPIT article view 1173

Tambunan P Ardhiansyah M F dan Kurniawan M G 2020 Pengaruh Suasana Lingkungan Belajar Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Produktif Jurnal PenSil 9 3 165 171 https: doi org 10 21009 jpensil v9i3 16674

Tim Sub Direktorat Pendidikan dan Pengentasan Anak dan Anak D B K dan P 2018 Standar Pengasuhan Anak Di Lembaga Penempatan Anak Sementara LPAS Dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak LPKA

Published

2025-01-03

How to Cite

Peran Dukungan Sosial Social Support dalam Perilaku Belajar Anak Binaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak LPKA Kelas I Tangerang. (2025). JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education, 5(1), 440 451. https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i1.8048