Peran Dukungan Sosial (Social Support) dalam Perilaku Belajar Anak Binaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Tangerang

Authors

  • Gede Bayu Pasek Adiwibawa Politeknik Ilmu Pemasyarakatan
  • Imaduddin Hamzah Politeknik Ilmu Pemasyarakatan

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i1.8048

Keywords:

Social Support, Learning Behavior, Assisted Children

Abstract

Jumlah anak binaan di LPKA meningkat, namun kunjungan keluarga belum. Social Support anak binaan yang berasal dari orang tua, keluarga, teman, dan lingkungan sekitar sangatlah penting. Untuk itu peneliti ingin mengetahui bagaimana peran dukungan sosial (social support) terhadap perilaku belajar anak binaan di Lembaga Pembinaan Anak Khusus (LPKA) Kelas I Tangerang. Hal ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana anak dapat berperilaku belajar yang baik dan dukungan seperti apa yang diberikan kepada anak yang menunjukkan perilaku belajar yang baik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan cara wawancara yang mendalam dan observasi. Hasil penelitian ditemukan social support yang diberikan akan berjalan dengan baik apabila motivasi belajar anak muncul dalam dirinya dan kebutuhan anak harus terpenuhi agar motivasi belajar dapat timbul. Jika kebutuhannya terpenuhi maka motivasi tersebut akan muncul dan menunjang perilaku belajar anak. Empat pihak yaitu guru, orang tua, pengasuh, dan teman sebaya memegang peranan penting dalam perilaku belajar anak. Sayangnya proses pembelajaran yang dilakukan secara bersama-sama antara kelas X, XI, dan XII menjadi kendala dalam penelitian ini.

References

Alhafid, A. F., dan Nora, D. (2020). Kontribusi Dukungan Sosial Orang Tua dan Peran Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa kelas X dan XI di SMA Negeri 2 Bengkulu Selatan. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(4), 284–300. https://doi.org/10.24036/sikola.v1i4.53

Baba, M. A. (2017). Analisis Data Penelitian Kualitatif. In Penerbit Erlangga, Jakarta (Issue June).

Baria, K., dan Gomez, D. (2022). Influence of social support to student learning and development. International Journal of Research Studies in Education, 11(2). https://doi.org/10.5861/ijrse.2022.112

Imanto, H., dan Kustanti, E. R. (2021). Hubungan Antara Dukungan Sosial Orangtua Dengan Kematangan Karier Pada Anak Binaan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (Lpka) Kelas I Kutoarjo Dan Kelas Ii Yogyakarta. Jurnal EMPATI, 10(2), 86–91. https://doi.org/10.14710/empati.2021.30997

Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 Tentang Sistem Peradilan Pidana Anak, (2012).

Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 Tentang Pemasyarakatan, Pemerintah Republik Indonesia 1 (2022). https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/203148/uu-no-11-tahun-2022

Jainiyah, J., Fahrudin, F., Ismiasih, I., dan Ulfah, M. (2023). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1304–1309. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.284

John W. Creswell. (2019). Rwsearch Design "Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Pustaka Belajar.

Lubis, F. A. S., Bakhtiar, Y., dan Saleh, A. (2020). Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Minat Belajar Siswa di Desa Neglasari The Effect of Social Support on Student Learning Interest in Neglasari Village. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat, 2(6), 919–924.

Pardosi, N., dan Atrizka, D. (2018). Kemandirian Belajar Ditinjau dari Dukungan Sosial Orangtua pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Analitika, 10(2), 97. https://doi.org/10.31289/analitika.v10i2.2020

Pieters, F. M., dan Agustina, A. (2021). The Role of Family Social Support on Learning Motivation: A Study on High School Students. Proceedings of the International Conference on Economics, Business, Social, and Humanities (ICEBSH 2021), 570(Icebsh), 1167–1172. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210805.183

Purnamasari, N. I. (2020). Siginifikansi Teori Belajar Clark Hull dan Ivan Pavlov bagi Pendidikan Islam Kontemporer. Qudwatunâ : Jurnal Pendidikan Islam, III, 1–24.

Rautanen, P., Soini, T., Pietarinen, J., dan Pyhältö, K. (2021). Primary school students’ perceived social support in relation to study engagement. European Journal of Psychology of Education, 36(3), 653–672. https://doi.org/10.1007/s10212-020-00492-3

Samsu, S.Ag., M.Pd.I., P. D. (2017). Metode Penelitian (Issue 17).

Sarafino, E. P. (2014). (2014). Health psychology: Biopsychosocial interaction second.

Sari, E., dan Dwiarti, R. (2018). Pendekatan Hierarki Abraham Maslow pada prestasi kerja karyawan PT. Madubaru (PG Madukismo) Yogyakarta. Jurnal Perilaku Dan Strategi Bisnis, 6(1), 58. https://doi.org/10.26486/jpsb.v6i1.421

Sestiani, R. A., dan Muhid, A. (2022). Pentingnya Dukungan Sosial Terhadap Kepercayaan Diri Penyintas Bullying: Literature Review. Jurnal Tematik, 3(2), 245–251. https://journals.usm.ac.id/index.php/tematik/article/view/4568%0Ahttps://journals.usm.ac.id/index.php/tematik/article/download/4568/2414

Sibua, R. U. R., dan Silaen, S. M. J. (2020). Dukungan sosial dan kecerdasan emosional (Emotional Quotient) dengan stres di tengah pandemi covid-19 pada Masyarakat Cempaka Putih Barat , Jakarta Pusat. IKRA-ITH Humaniora, 4(3), 187–193. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/issue/view/61

Sudarti, D. O. (2019). Kajian teori behavioristik stimulus dan respon dalam meningkatkan minat belajar siswa. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 16(2), 55–72. https://ejournal.unisnu.ac.id/JPIT/article/view/1173

Tambunan, P., Ardhiansyah, M. F., dan Kurniawan, M. G. (2020). Pengaruh Suasana Lingkungan Belajar Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Produktif. Jurnal PenSil, 9(3), 165–171. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i3.16674

Tim Sub Direktorat Pendidikan dan Pengentasan Anak, dan Anak, D. B. K. dan P. (2018). Standar Pengasuhan Anak Di Lembaga Penempatan Anak Sementara (LPAS) Dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA).

Published

2025-01-03

How to Cite

Adiwibawa, G. B. P., & Imaduddin Hamzah. (2025). Peran Dukungan Sosial (Social Support) dalam Perilaku Belajar Anak Binaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Tangerang. JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education, 5(1), 440-451. https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i1.8048