Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi FEB UNM

Authors

  • Andi Nurannisa Putri Aminuddin Universitas Negeri Makasar
  • M. Ridwan Tikollah Universitas Negeri Makasar
  • Fajriani Azis Universitas Negeri Makasar
  • Mukhammad Idrus Universitas Negeri Makasar
  • Samirah Dunakhir Universitas Negeri Makasar

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i1.8685

Keywords:

Pengaruh, Lingkungan Keluarga, Minat Menjadi Guru

Abstract

Tujuan dari dijalankannya penelitian berikut adalah guna mengetahui bagaimana pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat menjadi seorang guru mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Makassar dibawah Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Pengujian hipotesis dan pengujian instrumen merupakan metodologi penelitian yang digunakan. Uji validitas dan reliabilitas termasuk dalam pengujian instrumen, sedangkan uji t, koefisien determinasi, analisis regresi linier sederhana, sekaligus penggunaan analisis korelasi pearson product moment termasuk dalam pengujian hipotesis. Berdasarkan hasilnya, model persamaan regresi linier sederhana Y = 8,162 + 0,821X menunjukkan bahwa minat menjadi guru akan meningkat sebesar 0,821 setiap penambahan nilai lingkungan keluarga. Sedangkan uji korelasi product moment menghasilkan nilai korelasi kategori kuat sebesar 0,622 yang menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara lingkungan keluarga dengan keinginan menjadi guru. Pengujian koefisien determinasi menghasilkan nilai r2 = 0,387 atau 38,7 persen. Hal ini menunjukkan bahwa 61,3 persen minat menjadi guru dipengaruhi oleh faktor lain, sedangkan 38,7 persen minat menjadi guru mendapat pengaruh dari nilai lingkungan keluarga.

References

Ahmadi, A. (2009). Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.

Amalia, N. N., & Pramusinto, H. (2020). Pengaruh Persepsi, Efikasi Diri Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Menjadi Guru. Business and Accounting Education Journal, 1(1), 84–94. https://doi.org/10.15294/baej.v1i1.38939

Dalyono. (2012). Psikologi Pendidikan. Bandung : Rineka Cipta.

Djaali. (2015). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dwi Indrianti, E., & Listiadi, A. (2021). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Prestasi Belajar, dan Kesejahteraan Guru Terhadap Minat Menjadi Guru Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(1), 13–21.

Hasbullah. (2015). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hayati. (2021). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Menjadi Guru Ekonomi Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Stkip Ypm Bangko. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 6(2), 21–27.

Khairuddin. (2008). Sosiologi Keluarga. Yogyakarta : Liberty.

Kurniawan. (2017). Pendidikan Karakter: Konsepsi & Implementasinya secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Nuraini, Y. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : PT Indeks.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif : Quantitative Research Approach. Yogyakarta : Deepublish.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Memengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : CV Alfabeta.

Syafril. (2012). Pengantar Pendidikan. Padang : Sukabina Pers.

Published

2024-06-12

How to Cite

Aminuddin, A. N. P., Tikollah, M. R., Azis, F. ., Idrus, M. ., & Dunakhir, S. . (2024). Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi FEB UNM. JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education, 5(1), 96-104. https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i1.8685