Pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa Pada Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Makassar

Authors

  • Sulastri Devi Lestari. S Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Azis Universitas Negeri Makasar
  • Nuraisyiah Nuraisyiah Universitas Negeri Makasar
  • Sitti Hajerah Hasyim Universitas Negeri Makasar
  • Ridwan Tikollah Universitas Negeri Makasar

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i1.8813

Keywords:

Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP), Kesiapan Mengajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji bagaimana Pengantar Bidang Persekolahan (PLP) mempengaruhi kapasitas mahasiswa dalam mengajar di program studi akuntansi Universitas Negeri Makassar. Partisipan penelitian adalah seluruh mahasiswa yang terdaftar pada program studi pendidikan akuntansi FEB UNM. 53 mahasiswa dipilih sebagai sampel dengan menggunakan strategi purposive sampling berdasarkan kriteria sebagai berikut: Harus memenuhi dua syarat: (1) terdaftar pada program studi pendidikan akuntansi tahun 2019; dan (2) telah menyelesaikan kursus PLP. Teknik pengumpulan data meliputi penggunaan angket dan dokumentasi. Pengujian instrumen, pengujian hipotesis, dan analisis deskriptif persentase merupakan metode analisis data yang digunakan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai kesiapan mengajar siswa meningkat sebesar 0,539 setiap penambahan nilai PLP yang ditunjukkan dengan model persamaan Y = 49,922 + 0,539X. Analisis koefisien determinasi (r2) menghasilkan nilai r2 = 0,300 atau 30% yang menunjukkan bahwa PLP mempunyai dampak sebesar 30% terhadap persiapan siswa untuk mengajar, dan 70% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Sebaliknya dengan nilai signifikansi 0,000<0,50, temuan uji t menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara variabel PLP dengan variabel kesiapan mengajar siswa.

Kata Kunci: Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP), Kesiapan Mengajar.

 

References

Amin, & Asri, M. (2013). Menjadi Guru Profesional (disertai bimbingan menjadi pelatih andal) (T. T. Wahyuni (Ed.)). Nuansa Cenderia.

Asmara, H. (2015). Profesi Kependidikan. Alfabeta, cv.

Dalyono. (2015). Psikologi Pendidikan. r.

Galangrendika, A. H., Marsono, & Suyetno, A. (2020). Pengaruh Kajian Praktik Lapangan (KPL) dan Pembelajaran Microteaching Terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang. Jurnal Teknik Mesin Dan Pembelajaran, 3, 1–8. http://journal2.um.ac.id/index.php/jtmp

Helmiati. (2013). Micro Teaching Melatih Keterampilan Dasae Mengajar. Aswaja Pressindo.

Irawati, Hasan, M., Ahmad, M. I. S., & Inanna. (2020). Pengaruh Minat Menjadi Guru dan Praktik Pengalaman Lapangan Terhadap Kesiapan Mengajar Calon Guru Pendidikan Ekonomi. Jurnal Eduscience (JES), 9.

Mugiasih, N. M., Sudarsana, I. B. O., & Alit, D. M. (2018). Pengaruh Kesiapan Mengajar Dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Terhadap Minat Menjadi Guru Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FPIPS IKIP PGRI Bali Angkatan Tahun 2014. 06.

Narimawati. (2008). Teknik Sampling Teori dan Praktik Menggunakan SPSS15. Gava Media.

Sari, W. K., Syakhruni, Yabu, Anwar, B., Hamsa, A., Ikbal, M., Nur, M., Ngampo, M. Y., Mufa’adi, & Anwar, M. (2020). Buku Panduan Program Pengalaman Pengalaman Lapangan Universitas Negeri Makassar.

Slameto. (2018). Belajat dan Faktor-faktor Yang Memperngaruhinya. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitaif, Kualitatif, R&D, dan Penelitian Pendidikan). Alfabeta.

UU 14-2005 Guru dan Dosen. (n.d.).

Published

2024-06-08

How to Cite

Sulastri Devi Lestari. S, Azis, M. ., Nuraisyiah, N., Hasyim, S. H. ., & Tikollah, R. . (2024). Pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa Pada Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Makassar. JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education, 5(1), 52-59. https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i1.8813