Strategi Komunitas Save Street Child dalam Pemberdayaan Anak Jalanan di Kota Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i1.8875Keywords:
PEMBERDAYAAN, ANAK JALANAN, KOMUNITASAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi komunitas Save Street Child Surabaya dalam upaya pemberdayaan anak jalanan. Komunitas Save Street Child merupakan komunitas penggerak pemerhati anak jalanan dan marjinal di kota Surabaya. Sudah berdiri sejak lama, komunitas Save Street Child berkomitmen untuk melakukan pemberdayaan kepada anak jalanan di kota Surabaya dalam pemenuhan hak anak dalam belajar dan bermain. Yaitu dengan melaksanakan program yang berkaitan dengan pendidikan dan rekreasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun strategi pemberdayaan yang dilakukan adalah enabling, empowering, dan protecting. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa strategi pemberdayaan anak jalanan yang dilakukan oleh komunitas Save Street Child Surabaya, belum sepenuhnya terlaksana. Karena dari tiga strategi pemberdayaan, hanya dua strategi yang terlaksana seutuhnya yaitu enabling dan empowering. Sedangkan tahap protecting belum terlaksana dengan maksimal. Adapun rekomendasi yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah perlunya peningkatan perlindungan pada legalitas komunitas Save Street Child Surabaya dengan mengurus surat legalitas agar terdaftar secara nasional dan mendapatkan manfaat yang lebih untuk perkembangan komunitas Save Street Child.
References
Al-Hakam, R. Z., & Zahwa, A. M. (2019). Penguatan Kelembagaan Dan Legalitas Komunitas Seni Dan Budaya Kampung Cempluk.
Alpin, A., Sakti, F. T., & Nur, M. I. (2022). Penguatan Perlindungan Anak Kota Bandung Dalam Perspektif Collaborative Governance. Ministrate: Jurnal Birokrasi Dan Pemerintahan Daerah, 4(2), 83–102. https://doi.org/10.15575/jbpd.v4i2.18491
Ariany, F., Ningsih, M., Garnika, E., Mandalika, U. P., & A, J. P. N. (2023). Pemenuhan Hak Anak Atas Pendidikan Dasar Berdasarkan Perspektif Hukum Fulfillment of Children ’ s Rights to Basic Education Based on Legal Perspective. 4(1), 175–180.
BPPPS Kemensos. (2020). Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (Ppks) Dan Potensi Dan Sumber Kesejahteraan Sosial (Psks). 22. https://bppps.kemensos.go.id/bahan_bacaan/file_materi/pengetahuan-ppks-dan-psks.pdf
Dewi. (2019). PENERAPAN METODE OUTBOUND UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL DALAM BEKERJA SAMA PADA ANAK USIA DINI DI TK ANZIB LAMNYONG DESA RUKOH BANDA ACEH. 12–26.
Fahrudin, A., Bhayangkara, U., & Raya, J. (2019). Kesejahteraan sosial dan pekerjaan sosial. September. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.23286.75841
Herianto, R., Sanuhung, F., & Wajdi, M. F. (2021). Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik melalui Manajemen Sarana dan Prasarana di Sekolah. Arzusin, 1(1), 56–63. https://doi.org/10.58578/arzusin.v1i1.107
Herlina, A. (2014). Kehidupan anak jalanan di Indonesia : faktor penyebab, tatanan hidup dan kerentanan berperilaku menyimpang. Pusat Pengkajian, Pengolahan Data Dan Informasi (P3DI) Sekretariat, 5, 145–155.
Kemensos. (2020). Pencegahan Kekerasan, Penelantaran, dan Eksploitasi Terhadap Anak Penguatan Kapabilitas Anak dan Keluarga. Kementerian Sosial Republik Indonesia, 1(1), 7. https://www.kemsos.go.id/uploads/topics/15870130163297.pdf
Khotimah, N., Ana, D., & Setiawan, D. (2022). Persepsi Anak Jalanan Terhadap Kebutuhan Belajar Dan Bermain (Hak Anak) Di Sekoloh Kolong Langit Gunung Brintik Kota Semarang. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 74–101. https://doi.org/10.21154/wisdom.v3i1.3606
Mardikanto, T. (2020). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF KEBIJAKAN PUBLIK. ALFABETA BANDUNG.
Maryani, D. (2019). Pemberdayaan Masyarakat. CV BUDI UTAMA.
Nurheni, D. (2019). Hubungan Konsumsi Susu dan Pengetahuan Gizi dengan Status Gizi Anak di SDN 2 Bangsalan Teras Boyolali. Skripsi, 1–73. http://repository.itspku.ac.id/47/1/2015.030068.pdf
Octaviyani. (2022). PEMBERDAYAAN ANAK JALANAN MELALUI KEGIATAN TALENT SCOUTING DI KOMUNITAS CAHATA ANAK NEGERI BEKASI. Nia Hoerniasih /Journal Of Lifelong Learning, 5(2), 72–79.
Permatasari, N. D., & Nawangsari, E. R. (2022). Pemberdayaan Anak Jalanan Oleh Komunitas “Save Street Child” Di Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Sosial Ekonomi Dan Humaniora, 8(3), 403–409. https://doi.org/10.29303/jseh.v8i3.118
Reza, V., Snapp, P., Dalam, E., Di, I. M. A., Socialization, A., Cadger, O. F., To, M., Cadger, S., Programpadang, R., Hukum, F., Hatta, U. B. U. B., Sipil, F. T., Hatta, U. B. U. B., Danilo Gomes de Arruda, Bustamam, N., Suryani, S., Nasution, M. S., Prayitno, B., Rois, I., … Rezekiana, L. (2020). PERAN KOMUNITAS PEDULI ANAK (KOPA) DALAM PEMBERDAYAAN ANAK JALANAN DI JALAN SYAHBANDAR NO. 23 KELURAHAN AUR KECAMATAN MEDAN MAIMUN. In Bussiness Law binus (Vol. 7, Issue 2). http://repository.radenintan.ac.id/11375/1/PERPUS PUSAT.pdf%0Ahttp://business-law.binus.ac.id/2015/10/08/pariwisata-syariah/%0Ahttps://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results%0Ahttps://journal.uir.ac.id/index.php/kiat/article/view/8839
Rina, G., & Karmila, M. (2020). Pendidikan Keterampilan Hidup (Life Skill) Anak Usia Dini Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Lingkungan Keluarga. TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 53. https://doi.org/10.26858/tematik.v6i2.15473
Sakman. (2016). Studi Tentang Anak Jalanan (Tinjauan Implementasi Perda Kota Makassar Nomor 2 Tahun 2008 tentang Pembinaan Anak Jalanan , Gelandangan , Pengemis , dan Pengamen di Kota Makassar ). Supremasi, XI(3), 1–21. http://ojs.unm.ac.id/index.php/supremasi/article/download/2816/1516
Saldana, Huberman, M. (2018). Qualitative Data Analysis.
Sugiyono, 2019. (2021). METODE PENELITIAN KUALITATIF.
Syaharuddin, S., Agustang, A., Muhammad Idkhan, A., & Rifdan, R. (2021). Strategi Dinas Sosial Dalam Penanganan Anak Jalanan Di Kota Makassar. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(4), 1621–1626. https://doi.org/10.58258/jisip.v5i4.2582
Utomo, F. H. (2020). Pengaruh Pemberian Beasiswa Pendidikan Terhadap Partisipasi Berorganisasi Mahasiswa STKIP PGRI Tulungagung. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 198–208. https://ejournal.uksw.edu/kelola/article/view/3503
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.