Pengembangan LKPD dengan Konteks Masjid Jami’ pada Materi Bangun Ruang di Kelas VIII SMP untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i1.8964Keywords:
LKPD, Etnomatematika, Masjid Jami’ Air Tiris, Bangun Ruang Sisi DatarAbstract
Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk pengembangan LKPD yang berkaitan dengan Masjid Jami pada materi bangun ruang SMP kelas VIII, untuk memudahkan pemahaman konsep matematika serta menjelaskan validitas, praktikalitas dan efisiensi. Perkembangan LKPD. Metode penelitian dan pengembangan digunakan dalam penelitian ini. Penelitian dan pengembangan merupakan suatu metode penelitian yang digunakan untuk membuat produk tertentu dan menguji efektivitas produk tersebut. Produk yang akan dikembangkan dalam penelitian ini adalah LKPD Jami dengan konteks masjid pada materi konstruksi SMP Kelas VIII. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari model pengembangan Tjeerd Plomp. Model pengembangan Plomp terdiri dari tiga fase, yaitu. penelitian pendahuluan, tahap pengembangan atau prototipe dan tahap evaluasi. Hasil penelitian ini adalah produk LKPD yang valid, praktis dan berpengaruh terhadap keterampilan siswa. Pada penelitian ini hasil validitas LKPD berada pada aspek materi dengan nilai rata-rata sebesar 0,93 dengan kategori sangat valid, aspek kebahasaan dengan nilai rata-rata sebesar 1,00 dengan kategori sangat valid, dan aspek kegrafikan dengan nilai rata-rata 1,00 dengan kategori sangat valid. nilai 0,93 berada pada kategori sangat valid. Tingkat kepraktisan LKPD dengan nilai 86,89% pada kategori sangat praktis dan efektivitas LKPD dalam pemahaman konsep belajar siswa rata-rata 0,79 efektif pada kelas VIII.K dan 0,73 efektif pada kategori VIII. G
References
Astuti, A., & Sari, N. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas X Sma. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 13–24. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i2.16
Astuti, A., Zulfah, Z., & Rian, D. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Negeri 11 Tapung. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9222–9231. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2452
Explore kampar 1. (n.d.). 1–84.
Hardiarti, S. (2017). Etnomatematika: Aplikasi Bangun Datar Segiempat Pada Candi Muaro Jambi. Aksioma, 8(2), 99. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1707
Hidayat, A., & Irawan, I. (2017). Pengembangan Lks Berbasis Rme Dengan Pendekatan Problem Solving Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 51–63. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i2.20
Jami, M., Baitul, A. L., & Jember, A. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Pada Arsitektur Masjid Jami’ Al Baitul Amien Jember Terhadap Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Smp Kelas Ix. 1.
Kristyowati, R. (2018). Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA Sekolah Dasar Berorientasi Lingkungan. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2018, 282–288. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/10150
Rahmawati, L. H., & Wulandari, S. S. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scientific Approach Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Semester Genap Kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 504–515. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n3.p504-515
Rahmayanis, Akmal, A., & Zam, R. (2016). Estetika Ornamen Masjid Jami’ Air Tiris Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Bercadik: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Seni, 3(2), 156–164.
Rahmi Fitri. (2017). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI PERSAMAAN LINGKARAN. Jurnal JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 241.
Rizki, L. M., & Fauziddin, M. (2021). Studi Kasus pada Mahasiswa yang Mengalami Kesulitan Belajar Matakuliah Statistika. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 11304–11314. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/3010%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/3010/2535
Rohani, M., & Zulfah, Z. (2021). Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran e-Learning melalui Media Google Classroom untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMP Negeri 1 Kuok. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 44. https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.994
Yuslaini, N., & Adni, D. F. (2021). Kewenangan Dinas Kebudayaan Provinsi Riau Dalam Perlindungan Cagar Budaya Masjid Jami’ Air Tiris. Jurnal Niara, 14(1), 142–148. https://doi.org/10.31849/niara.v14i1.5609
Yuwono, A. (2016). Problem Solving Dalam Pembelajaran Matematika. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 6–7. https://doi.org/10.30738/.v4i1.420
Zulhendri, Z., & Joni, J. (2022). Penggunaan Geogebra dalam Geometri Ruang. Jurnal Pengabdian Masyarakat (Abdira), 2(1), 212–220. https://doi.org/10.31004/abdira.v2i1.97
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.