Hubungan Pengetahuan dan Etika Lingkungan terhadap Perilaku Pro Lingkungan Pada Mahasiswa Anggota Organisasi Mahasiswa Pecinta Alam di Universitas Riau
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i1.8992Keywords:
Environmental Ethics, The Correlation, Nature Lover Students, Knowledge, Pro Environmental BehaviorAbstract
Penelitian ini dilakukan pada organisasi Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Universitas Riau. Tujuan dari penelitian ini: 1) Untuk mengetahui pengetahuan lingkungan anggota organisasi Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Riau. 2) Untuk mengetahui etika lingkungan anggota organisasi Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Riau. 3) Untuk mengetahui perilaku pro lingkungan anggota organisasi Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Riau. 4) Untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan etika lingkungan dengan perilaku pro lingkungan anggota organisasi Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Riau. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif inferensial, dengan melibatkan seluruh anggota organisasi (n = 102) dengan teknik sensus sampling. Instrumen data mencakup observasi, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian lapangan menunjukkan bahwa pengetahuan responden sebesar 75,5% kategori tinggi dan 24,5% kategori sedang. Etika lingkungan responden adalah 48% kategori baik dan 52% responden kategori etika kurang baik. Perilaku pro lingkungan responden adalah 44,1% kategori tinggi, 54,9% kategori sedang dan 1% kategori rendah. Hasil uji korelasi Pearson Product Moment menunjukkan hubungan positif dan sedang antara pengetahuan dengan perilaku pro lingkungan (r = 0,492, sig. 0,000). Sedangkan pada variabel etika terdapat hubungan yang kuat dan positif antara etika lingkungan dengan perilaku pro lingkungan (r = 0,725, sig. 0,000). Selain itu, hubungan yang kuat dan positif terdapat juga antara pengetahuan dan etika lingkungan dengan perilaku pro lingkungan (r = 0,687, sig. 0,000). Hasil ini mendukung seluruh Hipotesis alternatif (Ha) penelitian ini sehingga dapat diterima. Artinya, terdapat hubungan antara pengetahuan dengan perilaku pro lingkungan, terdapat hubungan etika lingkungan dengan perilaku pro lingkungan serta terdapat hubungan pengetahuan dan etika lingkungan dengan perilaku pro lingkungan pada organisasi Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Universitas Riau.
References
Ariwidodo, E. (2014). Relevansi Pengetahuan Masyarakat Tentang Lingkungan Dan Etika Lingkungan Dengan Partisipasinya Dalam Pelestarian Lingkungan. Nuansa, 11(1), 1–20. http://ejournal.stainpamekasan.ac.id/index.php/nuansa/article/view/179
Azhar, A., Basyir, M. D., & Alfitri, A. (2016). Hubungan Pengetahuan Dan Etika Lingkungan Dengan Sikap Dan Perilaku Menjaga Kelestarian Lingkungan. Jurnal Ilmu Lingkungan, 13(1), 36. https://doi.org/10.14710/jil.13.1.36-41
Badan Pusat Statistik. (2023). Jumlah Penduduk Pertengahan Tahun (Ribu Jiwa). Diakses 16 November 2023 dari https://www.bps.go.id/indicator/12/1975/1/jumlahpenduduk pertengahantahun.html
Bunga, N. I. (2014). Hubungan Pengetahuan Dan Etika Lingkungan Terhadap Perilaku Peduli Lingkungan Mahasiswa Universitas Kristen Tentena. Jurnal Akademia, 1(2), 44–51.
Effendi, M. I., Sugandini, D., Sukarno, A., Kundarto, M., Arundati, R., Berliana, N., Dari, D., & Klaster, H. (2020). Perilaku pro-lingkungan pada mahasiswa.
Estiningtyas, N., Annisa, R. R., & ... (2022). Orientasi Masa Depan Aktivis Mahasiswa Pecinta Alam. Ulil Albab: Jurnal Ilmiah …, 1(8), 2514–2521. http://www.ulilalbabinstitute.com/index.php/JIM/article/view/597%0Ahttp://www.ulilalbabinstitute.com/index.php/JIM/article/download/597/493
Gani, R. A. (2022). Hubungan Pengetahuan Lingkungan Dengan Perilaku Siswa Dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan. Jurnal Elementary, 5(1), 55. https://doi.org/10.31764/elementary.v5i1.6666
Hamzah, S. (2013). Pendidikan Lingkungan Sekelumit Wawasan Pengantar. Bandung: PT Refika Aditama.
Hariyadi, E., Maryani, E., & Kastolani, W. (2021). Analisis literasi lingkungan pada mahasiswa pendidikan geografi. Gulawentah:Jurnal Studi Sosial, 6(1), 1. https://doi.org/10.25273/gulawentah.v6i1.6685
Joohyung, P., & Sejin, H. (2012). Understanding pro-environmental behavior. International Journal of Retail & Distribution Management, 40(5), 388 - 403. DOI:10.1108/09590551211222367
Kaiser, F.G., Oerke, B., & Bogner, F.,X. (2007). Behavior-based environmental attitude: Development of an instrument for adolescents. Journal of Environmental Psychology, 27, 242-251. DOI :10.1016/j.jenvp.2007.06.004
Keraf, S. (2002). Etika Lingkungan Hidup. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
Kollmuss, A., & Agyeman, J. (2002). Environmental Education Research. https://doi.org/10.1080/1350462022014540
Mkumbachi, R. L., Astina, I. K., & Handoyo, B. (2020). Environmental awareness and pro-environmental behavior: A case of university students in Malang city. Jurnal Pendidikan Geografi, 25(2), 161–169. https://doi.org/10.17977/um017v25i22020p161
Nugraheni, E., Winata, A., A, M., & H, B. (2014). Pengetahuan Dasar Ilmu Lingkungan. Pengantar Ilmu Lingkungan, 4, 1–49.
Palupi, T., & Sawitri, D. (2018). The Importance of pro-environmental behavior in adolescent. E3S Web of Conferences.
Putra, R. P. (2019). Perilaku pro lingkungan pada pengurus organisasi mahasiswa pecinta alam. Cognicia, 7(3), 378–389. https://doi.org/10.22219/cognicia.v7i3.9264
Saputra, A. R., & Sueb. (2020). The Relation of Environmental Ethics And Environmental Awareness Of Students Of Universitas Negeri Malang. Jurnal Psikologi Jambi, 5(1), 31–36.
Scannell, L., & Gifford,IR. (2010). The relations between natural and civic place attachment and pro environmental behavior. Journal of environmental psychology, 030(3),1289-297.
Silalahi, U. (2015). Metode Penelitian Sosial Kuantitatif. Bandung: PT Refika Aditama.
Steg, L., & Vlek, C. (2009). Encouraging pro-environmental behaviourr: An integrative review and research agenda. Journal of Environmental Psychology, 309-317.
Stia Rini, A., Putu Gde Sukaatmadja, I., & Gst Ayu Kt Giantari, I. (2017). Pengaruh Pengetahuan Lingkungan Dan Kepedulian Lingkungan Terhadap Sikap Dan Niat Beli Produk Hijau “the Body Shop” Di Kota Denpasar. Bisnis Universitas Udayana, 6(1), 137–166. https://ojs.unud.ac.id/index.php/EEB/article/view/23972
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.
Tanjung, F., Daud, F., & Mu’nisa. (2018). Korelasi antara Pengetahuan, Sikap, dengan Perilaku Kepedulian Lingkungan Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri di Kota Makassar. UNM Journal of Biological Education, 2(1), 1–12.
Widiaswati, D., & Sawitri, D. R. (2015). Hubungan Antara Pengetahuan Dan Persepsi Tentang Sustainable Development Dengan Perilaku Pro-lingkungan Pada Mahasiswa. Construction and Building Materials, 4(1), 1–8. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/17289255%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jclepro.2011.10.008%0Ahttp://www.uwaba.or.tz/National_Road_Safety_Policy_September_2009.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.resconrec.2011.03.010%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.pecs.20
Yuli Remondo, Herry Redin, & Eka Nor Taufik. (2022). Hubungan pengetahuan ekologi dan sikap pro-lingkungan dengan kepedulian dalam pengelolaan lingkungan siswa. Journal of Environment and Management, 2(3), 263–272. https://doi.org/10.37304/jem.v2i3.4387
Yuono, Y. R. (2019). Melawan Etika Lingkungan Antroposentris Melalui Interpretasi Teologi Penciptaan Sebagai Landasan Bagi Pengelolaan-Pelestarian Lingkungan. 2(1), 183–203.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.