Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Media Sosial Tiktok dalam Meningkatkan Penjualan Produk Pada Akun @Sevendays_Id
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i1.9012Keywords:
Strategi komunikasi, Media Sosial, Belanja online, TikTokAbstract
Sejalan perkembangan zaman yang begitu cepat di era digitalisasi, TikTok yang dulunya merupakan tempat untuk membuat konten seru dan positif dengan durasi pendek kini merembet ke ranah perdagangan. Media sosial seperti TikTok dengan kelebihanya kini sangat membantu meningkatkan perkembangan bisnis dari waktu ke waktu. Hal tersebut membuat Sevendays_id menerapkan strategi komunikasi pemasarannya untuk meningkatkan penjualan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran Sevendays_id dalam meningkatkan penjualan di era persaingan yang semakin kompetitif antar toko online melalui media sosial TikTok. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan penelitian deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan suatu fenomena atau kejadian yang ada di lapangan dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara yang melibatkan owner Sevendays_id sebagai informan utama untuk mendapatkan informasi yang konkrit. Hasil dari temuan penelitian bahwa Sevendays_id menerapkan strategi komunikasi pemasaran untuk meningkatkan penjualan melalui TikTok sebagai platform utama. Mereka menggunakan tiga jenis konten, yaitu edukasi, hiburan, dan promosi, yang disajikan secara kreatif dengan pendekatan yang mengedepankan aspek emosional. Penggunaan waktu prime pada TikTok merupakan strategi yang digunakan dalam menjangkau kesenjangan konsumen.
References
A.Rafiq. (2020). DAMPAK MEDIA SOSIAL TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL SUATU MASYARAKAT. GLOBAL KOMUNIKA, 18-29.
Afriza Indah Fitri, S. A. (2021). Efektivitas Media Tiktok dan Influencer Mendongkrak Penjualan Lippie Serum Raecca Dipandemi Covid19. Jurnal EK&BI, 345-353.
Amalina Mubarokah, S. W. (2022). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (STUDI DESKRIPTIF PADA AKUN @OSINGDELES). Jurnal Pendidikan Ekonom, 98-104.
Anna Nurhasanah, S. C. (2023). Media Sosial Tiktok Sebagai Media Penjualan Digital Secara Live di Kalangan Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan. Jurnal Sains dan Humaniora, 69-77.
Della Angelia Fatmawati, E. R. (2022). GAYA HIDUP KONSUMTIF SEBAGAI DAMPAK ADANYA ONLINE SHOP DI KALANGAN MAHASISWA SOSIOLOGI ANGKATAN 2021. Jurnal PARADIGMA, 1-6.
Diana Fitri Kusuma, M. S. (2018). Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Yang Dilakukan Oleh Dino Donuts. Jurnal Manajemen Komunikasi, 18-33.
Dr. Farida Nugrahani, M. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Solo: Cakra Books.
Dr. M. Anang Firmansyah, S. M. (2020). Komunikasi Pemasaran. Pasuruan, Jawa Timur: CV. Penerbit Qiara Media.
Hariyanto, D. (2023). Komunikasi Pemasaran. Sidoarjo, Jawa Timur: UMSIDA Press.
Ira Yanti, N. T. (2023). Analisis Perkembangan E-Business Dalam Pemanfaatan Media Sosial. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Digital, 185-189.
Machfoedz, M. (2010). Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta: Cakra Ilmu.
Muhammad Daral Darullah, R. T. (2022). Faktor yang Paling Mempengaruhi Keputusan dalam Menggunakan TikTok Shop. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology (JEMATech), 166-175.
Priyo Suswanto, S. D. (2020). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SHOPEE DALAM MEMBANGUN POSITIONING DI TENGAH PANDEMI COVID-19 DI INDONESIA. LINIMASA : JURNAL ILMU KOMUNIKASI, 16-29.
R Salma Nur Samsiar, I. D. (2022). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Megrashy Wedding Planner Dalam Meningkatkan Penjualan Di Era Pandemi Covid-19 Pada Aplikasi Tiktok. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3431-3437.
Riyanto, A. D. (n.d.). Andi.link. From https://andi.link/hootsuite-we-are-social-data-digital-indonesia-2024/
Sari, S. P. (2020). STRATEGI MENINGKATKAN PENJUALAN DI ERA DIGITAL. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION, 291-300.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.