Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Media Sosial Tiktok dalam Meningkatkan Penjualan Produk Pada Akun @Sevendays_Id
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i1.9012Keywords:
Strategi komunikasi, Media Sosial, Belanja online, TikTokAbstract
Sejalan perkembangan zaman yang begitu cepat di era digitalisasi TikTok yang dulunya merupakan tempat untuk membuat konten seru dan positif dengan durasi pendek kini merembet ke ranah perdagangan Media sosial seperti TikTok dengan kelebihanya kini sangat membantu meningkatkan perkembangan bisnis dari waktu ke waktu Hal tersebut membuat Sevendays_id menerapkan strategi komunikasi pemasarannya untuk meningkatkan penjualan Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran Sevendays_id dalam meningkatkan penjualan di era persaingan yang semakin kompetitif antar toko online melalui media sosial TikTok Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan penelitian deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan suatu fenomena atau kejadian yang ada di lapangan dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara yang melibatkan owner Sevendays_id sebagai informan utama untuk mendapatkan informasi yang konkrit Hasil dari temuan penelitian bahwa Sevendays_id menerapkan strategi komunikasi pemasaran untuk meningkatkan penjualan melalui TikTok sebagai platform utama Mereka menggunakan tiga jenis konten yaitu edukasi hiburan dan promosi yang disajikan secara kreatif dengan pendekatan yang mengedepankan aspek emosional Penggunaan waktu prime pada TikTok merupakan strategi yang digunakan dalam menjangkau kesenjangan konsumen < span>< span>< p>
References
A Rafiq 2020 DAMPAK MEDIA SOSIAL TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL SUATU MASYARAKAT GLOBAL KOMUNIKA 18 29
Afriza Indah Fitri S A 2021 Efektivitas Media Tiktok dan Influencer Mendongkrak Penjualan Lippie Serum Raecca Dipandemi Covid19 Jurnal EK BI 345 353
Amalina Mubarokah S W 2022 STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM STUDI DESKRIPTIF PADA AKUN @OSINGDELES Jurnal Pendidikan Ekonom 98 104
Anna Nurhasanah S C 2023 Media Sosial Tiktok Sebagai Media Penjualan Digital Secara Live di Kalangan Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan Jurnal Sains dan Humaniora 69 77
Della Angelia Fatmawati E R 2022 GAYA HIDUP KONSUMTIF SEBAGAI DAMPAK ADANYA ONLINE SHOP DI KALANGAN MAHASISWA SOSIOLOGI ANGKATAN 2021 Jurnal PARADIGMA 1 6
Diana Fitri Kusuma M S 2018 Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Yang Dilakukan Oleh Dino Donuts Jurnal Manajemen Komunikasi 18 33
Dr Farida Nugrahani M 2014 Metode Penelitian Kualitatif Solo: Cakra Books
Dr M Anang Firmansyah S M 2020 Komunikasi Pemasaran Pasuruan Jawa Timur: CV Penerbit Qiara Media
Hariyanto D 2023 Komunikasi Pemasaran Sidoarjo Jawa Timur: UMSIDA Press
Ira Yanti N T 2023 Analisis Perkembangan E Business Dalam Pemanfaatan Media Sosial Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Digital 185 189
Machfoedz M 2010 Komunikasi Pemasaran Modern Yogyakarta: Cakra Ilmu
Muhammad Daral Darullah R T 2022 Faktor yang Paling Mempengaruhi Keputusan dalam Menggunakan TikTok Shop Journal of Economic Management Accounting and Technology JEMATech 166 175
Priyo Suswanto S D 2020 STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SHOPEE DALAM MEMBANGUN POSITIONING DI TENGAH PANDEMI COVID 19 DI INDONESIA LINIMASA : JURNAL ILMU KOMUNIKASI 16 29
R Salma Nur Samsiar I D 2022 Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Megrashy Wedding Planner Dalam Meningkatkan Penjualan Di Era Pandemi Covid 19 Pada Aplikasi Tiktok Management Studies and Entrepreneurship Journal 3431 3437
Riyanto A D n d Andi link From https: andi link hootsuite we are social data digital indonesia 2024
Sari S P 2020 STRATEGI MENINGKATKAN PENJUALAN DI ERA DIGITAL SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION 291 300
Sugiyono 2022 Metode Penelitian Kualitatif Bandung: Alfabeta






