Sosialisasi Bimbingan Konseling Berbasis Permainan Tradisional (BIKONS PETRA) Kepada Generasi Alpha

Authors

  • Nadia Yusrini Universitas Jambi
  • San Putri Istiqomah Universitas Jambi
  • Rizka Fitriani Universitas Jambi
  • Muhammad Farhan Afandes Universitas Jambi
  • Gabriella Oktaria Sinaga Universitas Jambi
  • Zubaidah Zubaidah Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i1.9022

Keywords:

Sosialisasi Bimbingan Konseling, Permainan Tradisional

Abstract

Permainan tradisional merupakan bagian tak terpisahkan dari warisan budaya yang sering terlupakan di tengah arus modernisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran permainan tradisional dalam perkembangan anak usia 10-12 tahun di Kelurahan Pijoan, Kecamatan Jambi Luar Kota. Latar belakang penelitian menyoroti urgensi pelestarian permainan tradisional sebagai bagian dari warisan budaya dan dampak positifnya terhadap perkembangan anak-anak. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh sosialisasi bimbingan konseling berbasis permainan tradisional (BIKONS PETRA) Kepada Generasi Alpa terhadap keterampilan motorik dan interaksi sosial anak-anak. Metode penelitian melibatkan tiga sesi sosialisasi selama tiga bulan, dengan praktik langsung, Sosialisasi pengenalan permainan tradisional merupakan salah satu program dalam kegiatan PLKPLS. Setiap sesi dilaksanakan di lapangan Kelurahan Pijoan, menggunakan berbagai alat bantu seperti kertas leaflet, tali, balon, congklak, dan bola. Hasil lapangan menunjukkan peningkatan keterampilan motorik dan interaksi sosial pada anak-anak yang terlibat dalam sosialisasi permainan tradisional. Kesimpulan penelitian ini menegaskan pentingnya memperkenalkan kembali permainan tradisional sebagai upaya pelestarian budaya dan pembentukan karakter anak-anak. Langkah ini tidak hanya menjaga kekayaan budaya, tetapi juga memberikan manfaat besar dalam pengembangan anak-anak yang memiliki integritas dan karakter yang kuat.

References

Adi, B. S., Sudaryanti, & Muthmainah. (2020). Implementasi permainan tradisional dalam pembelajaran anak usia dini sebagai pembentuk karakter bangsa. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 33–39.

Agusti, Zafirah, Anwar, & Syafril. (2018). The Implantation of Character Values toward Students through Congklak Game. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(2), 133–

Anggita, & Mega, A. (2018). Eksistensi Permainan Tradisional Sebagai Warisan Budaya Bangsa. Journal of Sport Science and Education (Jossea), 3(2), 55–59.

Eyan, Syafruddin, & Khair, B. N. (2021). Pengembangan Media Permainan Engklek Pada Materi Alat Gerak Manusia. BIOCHEPHY : Journal of Science Education, 01(2), 36–42.

Fanani, N. A., & Sari, A. D. I. (2024).

Permainan Tradisional Gobak Sodor Sebagai Sarana Penguatan Karakter Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–13.

Habibi, M., Nurhasanah, Rachmayani, I., & Aini, N. (2022). Mengembangkan Kemampuan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Permainan Tradisional Ular Naga Di KB Qolbu Lebai Sandar Tahun 2021. Indonesian Journal of Elementary and Childhood Education, 3(3), 509–512.

Husein., M. (2021). Lunturnya permainan tradisional. Aceh Antropological Journal,

(1), 1–15.

Lefudin. (2017). Belajar dan pembelajaran.

CV BUDI UTAMA.

Nurwahidah, Maryati, S., Nurlaela, W., & Cahyana. (2021). Permainan Tradisional Sebagai Sarana Mengembangkan Kemampuan Fisik Motorik Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 49–61. https://doi.org/10.31849/paud- lectura.v4i02.6422

Prasetyo, E., & Nyoto Hardjono. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Congklak Terhadap Minat Belajar Matematika (MTK) Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Borneo (Judikdas Borneo), 01(02), 111–119.

Pratiwi, & Kristanto. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Keseimbangan Tubuh Anak Melalui Permainan Tradisonal Engklek Di Kelompok B Tunas Rimba II Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Penelitian PAUDIA, 18–39.

Shobikhah, L., & Sari, A. D. I. (2024). Implementasi Permainan Tradisional Gobak Sodor Dalam Meningkatkan Kerjasama Anak. Cendikia Pendidikan, 2(10).

https://doi.org/10.9644/scp.v1i1.332 Sitorus, J., & Saragi, D. (2023). Implementasi

Permainan Tradisonal Ular Naga Dalam Menstimulus Kemampuan Sosial Kelas I SD Negeri 101912 Pagar Merbau. Geci : Jurnal Generasi Ceria Indonesia, 1(2), 130–136. https://doi.org/10.47709/geci

Situmorang, K. A., & Nugroho, R. A. (2022). Peningkatan Kemampuan Biomotor Dengan Permainan Tradisional Siswa SMA Negeri 1 Belalau. Journal of Physical Education ( JouPE ), 3(1), 13–16. Ukasyah, & Irfansyah. (2019). Identifikasi Faktor-Faktor Permainan Tradisional Bebentengan sebagai Basis Perancangan Game Pemicu Peningkatan Sistem Motorik Anak. Jurnal Sosioteknologi,

(2), 13–19.

Published

2024-06-30

How to Cite

Yusrini, N. ., Istiqomah, S. P. ., Fitriani, R. ., Afandes, M. F. ., Sinaga, G. O. ., & Zubaidah , Z. (2024). Sosialisasi Bimbingan Konseling Berbasis Permainan Tradisional (BIKONS PETRA) Kepada Generasi Alpha. JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education, 5(1), 374-382. https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i1.9022