Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Kurikulum Merdeka untuk Pendidikan Dasar

Authors

  • Elni J. Usoh Program Pasca Sarjana, Universitas Negeri Manado
  • Suiling Pontoh Program Pasca Sarjana, Universitas Negeri Manado
  • Maria W. Kaparang Program Pasca Sarjana, Universitas Negeri Manado
  • Victor N. Kumajas Program Pasca Sarjana, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i1.9211

Keywords:

PjBL, Kurikulum Merdeka, Pendidikan Dasar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk memahami bagaimana model pembelajaran berbasis proyek dapat diterapkan dalam kurikulum merdeka untuk sekolah dasar, serta untuk mengevaluasi manfaat dan tantangan yang terkait dengan implementasi model ini. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan yang mendalam tentang pendekatan pembelajaran inovatif ini dan bagaimana hal itu dapat memengaruhi proses pendidikan di tingkat dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka. Data yang diperoleh secara langsung dari sumbernya, yaitu literatur-literatur yang relevan dengan topik penelitian seperti artikel jurnal di Google Scholar dan SINTA dengan jumlah 10 artikel terkait dengan kata kunci yang digunakan dan dalam rentang waktu dari tahun 2021-2023. PjBL melibatkan langkah-langkah seperti membuka pelajaran dengan pertanyaan menantang, merencanakan proyek, menjadwalkan aktivitas, melaksanakan proyek, dan mengevaluasi hasilnya. Tantangan yang mungkin dihadapi di pendidikan dasar meliputi kurangnya pemahaman pendidik, dukungan sekolah yang kurang, dan keterbatasan sumber daya. Solusinya termasuk memberikan pelatihan kepada pendidik, mendapatkan dukungan penuh dari sekolah, memastikan ketersediaan sumber daya yang diperlukan, dan melakukan evaluasi teratur dengan memberikan umpan balik untuk meningkatkan proses pembelajaran.

References

Adlini, M. N. (2022). METODE PENELITIAN KUALITATIF STUDI PUSTAKA. EDUMASPUL, 974-980.

Aldabbus, S. (2018). Project-Based Learning: Implementation & Challenges. International Journal of Education, Learning and Development, 71-79.

Anggraeni, A. R., Anugraha, A., & Yan Ariyanti, P. B. (2023). Penerapan Model Project Based Learning terhadap Kreativitas Peserta didik dengan Menggunakan Bahan Alam pada Kelas 1 SD Negeri Plaosan 1. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3683-3690.

Ardianti, Y., & Amalia, N. (2022). Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan.

Bistari, Aunurrahman, Gafur, S., Maryuni, S., Herawati, H., Rusdiono, . . . Anwar, H. (2021). Buku Pedoman Metode Berbasis Proyek. Tanjungpura: Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjamin Mutu (LP3M) Universitas Tanjungpura.

Boaler, J. (2016). Mathematical Mindsets: Unleashing Student' Potential Through Creative Math, Inspiring Messages, and Innovative Teaching. San Francisco: Jossey-Bass.

Dewi, A. (2022). Manfaat Project Based Learning (PjBL) untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan UPI, 1-11.

Fathurohman, M. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hidayat, R. (2019). Ilmu Pendidikan (Konsep, Teori dan aplikasinya). Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Irawan, M. F., Zulhijrah, & Prastowo, A. (2023). Perencanaan Pembelajaran Ilmu Pengatahuan Alam Berbasis Project Based Learning pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. PIONIR : Jurnal Pendidikan.

Jusita, M. L. (2019). Implementasi model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 90-95.

Kahar, A. D., & Putri, R. A. (2023). Project Base Learning Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di PAUD. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Kemdikbud. (2020). Kurikulum Merdeka: Akselerasi Meretas Batas. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbudristek. (2022). Kurikulum Merdeka: Capaian Pembelajaran pada Jenjang Sekolah Dasar. Jakarta: Kemendikbudristek.

Khasanah, S. U. (2022). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM PERKEMBANGAN PSIKOMOTORIK PESERTA DIDIK USIA SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 281-287.

Kim, M., & Hannafin, M. J. (2011). Scaffolding Problematic Integration in Project-Based Learning Enviroments. Instructional Science, 727-747.

Kurniastuti, D., Kumalasari , I., Nawati, A., & Nisa, A. (2023). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka dengan Model Project Based Learning pada Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar.

Martati, B. (2022). Penerapan Project Based Learning Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar . Conference of Elementary Studies .

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka: Paradigma Baru dan Implementasinya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nugraha, A. (2021). Kurikulum Belajar TK.

Patmanthara, S. (2016). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK. TEKNO, 100-107.

Pramesti, D. H., Ipmawan, K., & Irmaningrum, R. N. (2021). Implementasi Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran IPAS Berbasis Proyek. BIDAYATUNA .

Puspitasari, V., & Wahyuni, A. (2023). Analisis Penerapan Project Based Learning (PJBL) pada Pembelajaran IPAS Peserta didik Kelas 4 dengan Kurikulum Merdeka. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar.

Rahmat Hidayat, A. (2019). Ilmu Pendidikan (Konsep, teori dan aplikasinya). Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Shalehah, N. A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Model Project Based Learning di Satuan PAUD. Islamic EduKids: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 14-24.

Shalehah, N. A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Model Project Based Learning di Satuan PAUD. Islamic Edukids: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Solikhah, N., & Wahyuni, A. (2023). Analisis Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar.

Srirahmawati, A., Deviana, T., & Wardani, K. (n.d.). Peningkatan Keterampilan abad 21 (6C) Peserta didik Kelas IV Sekolah Dasar melalui Model Project Based Learning pada Kurikulum Merdeka. Pendas : Jurnal Pendidikan Dasar.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Yusikah, I. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN. DIADIK: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 17-25.

Zulkarnaen. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Kurikulum Merdeka untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini , 1-15.

Published

2024-06-06

How to Cite

Usoh, E. J., Pontoh, S. ., Kaparang, M. W. ., & Kumajas, V. N. . (2024). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Kurikulum Merdeka untuk Pendidikan Dasar. JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education, 5(1), 22-36. https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i1.9211