Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Kurikulum Merdeka untuk Pendidikan Dasar
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i1.9211Keywords:
PjBL, Kurikulum Merdeka, Pendidikan DasarAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk memahami bagaimana model pembelajaran berbasis proyek dapat diterapkan dalam kurikulum merdeka untuk sekolah dasar serta untuk mengevaluasi manfaat dan tantangan yang terkait dengan implementasi model ini Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan yang mendalam tentang pendekatan pembelajaran inovatif ini dan bagaimana hal itu dapat memengaruhi proses pendidikan di tingkat dasar Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka Data yang diperoleh secara langsung dari sumbernya yaitu literatur literatur yang relevan dengan topik penelitian seperti artikel jurnal di Google Scholar< em> dan SINTA dengan jumlah 10 artikel terkait dengan kata kunci yang digunakan dan dalam rentang waktu dari tahun 2021 2023 PjBL melibatkan langkah langkah seperti membuka pelajaran dengan pertanyaan menantang merencanakan proyek menjadwalkan aktivitas melaksanakan proyek dan mengevaluasi hasilnya Tantangan yang mungkin dihadapi di pendidikan dasar meliputi kurangnya pemahaman pendidik dukungan sekolah yang kurang dan keterbatasan sumber daya Solusinya termasuk memberikan pelatihan kepada pendidik mendapatkan dukungan penuh dari sekolah memastikan ketersediaan sumber daya yang diperlukan dan melakukan evaluasi teratur dengan memberikan umpan balik untuk meningkatkan proses pembelajaran < p>
References
Adlini M N 2022 METODE PENELITIAN KUALITATIF STUDI PUSTAKA EDUMASPUL 974 980
Aldabbus S 2018 Project Based Learning: Implementation Challenges International Journal of Education Learning and Development 71 79
Anggraeni A R Anugraha A Yan Ariyanti P B 2023 Penerapan Model Project Based Learning terhadap Kreativitas Peserta didik dengan Menggunakan Bahan Alam pada Kelas 1 SD Negeri Plaosan 1 Jurnal Pendidikan Tambusai 3683 3690
Ardianti Y Amalia N 2022 Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
Bistari Aunurrahman Gafur S Maryuni S Herawati H Rusdiono Anwar H 2021 Buku Pedoman Metode Berbasis Proyek Tanjungpura: Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjamin Mutu LP3M Universitas Tanjungpura
Boaler J 2016 Mathematical Mindsets: Unleashing Student Potential Through Creative Math Inspiring Messages and Innovative Teaching San Francisco: Jossey Bass
Dewi A 2022 Manfaat Project Based Learning PjBL untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka Jurnal Pendidikan UPI 1 11
Fathurohman M 2015 Model model Pembelajaran Inovatif Yogyakarta: Ar Ruzz Media
Hidayat R 2019 Ilmu Pendidikan Konsep Teori dan aplikasinya Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia LPPPI
Irawan M F Zulhijrah Prastowo A 2023 Perencanaan Pembelajaran Ilmu Pengatahuan Alam Berbasis Project Based Learning pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar PIONIR : Jurnal Pendidikan
Jusita M L 2019 Implementasi model pembelajaran berbasis proyek project based learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS 90 95
Kahar A D Putri R A 2023 Project Base Learning Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di PAUD Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Kemdikbud 2020 Kurikulum Merdeka: Akselerasi Meretas Batas Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Kemendikbudristek 2022 Kurikulum Merdeka: Capaian Pembelajaran pada Jenjang Sekolah Dasar Jakarta: Kemendikbudristek
Khasanah S U 2022 IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM PERKEMBANGAN PSIKOMOTORIK PESERTA DIDIK USIA SEKOLAH DASAR Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata 281 287
Kim M Hannafin M J 2011 Scaffolding Problematic Integration in Project Based Learning Enviroments Instructional Science 727 747
Kurniastuti D Kumalasari I Nawati A Nisa A 2023 Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka dengan Model Project Based Learning pada Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Martati B 2022 Penerapan Project Based Learning Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar Conference of Elementary Studies
Moleong L J 2007 Metodologi Penelitian Kualitatif Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Mulyasa 2022 Implementasi Kurikulum Merdeka: Paradigma Baru dan Implementasinya Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Nugraha A 2021 Kurikulum Belajar TK
Patmanthara S 2016 IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TEKNO 100 107
Pramesti D H Ipmawan K Irmaningrum R N 2021 Implementasi Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran IPAS Berbasis Proyek BIDAYATUNA
Puspitasari V Wahyuni A 2023 Analisis Penerapan Project Based Learning PJBL pada Pembelajaran IPAS Peserta didik Kelas 4 dengan Kurikulum Merdeka Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Rahmat Hidayat A 2019 Ilmu Pendidikan Konsep teori dan aplikasinya Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia LPPPI
Shalehah N A 2023 Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Model Project Based Learning di Satuan PAUD Islamic EduKids: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 14 24
Shalehah N A 2023 Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Model Project Based Learning di Satuan PAUD Islamic Edukids: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Solikhah N Wahyuni A 2023 Analisis Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Srirahmawati A Deviana T Wardani K n d Peningkatan Keterampilan abad 21 6C Peserta didik Kelas IV Sekolah Dasar melalui Model Project Based Learning pada Kurikulum Merdeka Pendas : Jurnal Pendidikan Dasar
Sugiyono 2017 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R D Bandung : Alfabeta
Yusikah I 2021 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PjBL UNTUK MENINGKATKAN DIADIK: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan 17 25
Zulkarnaen 2022 Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Kurikulum Merdeka untuk Pendidikan Anak Usia Dini Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1 15






