Peran Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Lembaga Bimbel BTA 70 Ogan Ilir

Authors

  • Peni Sastrawati Universitas Sriwijaya
  • Azizah Husin Universitas Sriwijaya
  • Mega Nurrizalia Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i1.9318

Keywords:

Bimbingan Belajar,, Hasil Belajar, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa adanya peran bimbingan belajar  dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa di lembaga bimbel BTA 70 cabang Indralaya, kabupaten Ogan Ilir. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang mengikuti bimbingan belajar matematika di lembaga bimbel BTA 70 cabang Indralaya sebanyak 30 siswa dan sampel pada penelitian ini sebanyak 28 siswa yang masuk ke dalam kriteria penelitian dan merupakan siswa aktif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling total. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner (angket), wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis menggunakan analisis statistik dan uji normalitas data. Hipotesis menggunakan perhitungan uji-t satu sampel  >  yaitu 10,64 > 2,052 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sementara hasil kuesioner menunjukkan persentase 94,08% dengan kategori sangat tinggi. Kemudian hasil belajar pada nilai raport yang diperoleh oleh siswa semuanya mengalami peningkatan mulai dari 0-16 angka. Dapat disimpulkan bahwa terdapat peran bimbingan belajar dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa di lembaga bimbel BTA 70 cabang Indralaya, kabupaten Ogan Ilir.  Disarankan agar lembaga bimbingan belajar dapat terus memberikan pelayanan yang terbaik khususnya pada metode dalam belajar untuk mengatasi kesulitan dalam belajar yang dialami siswa.

References

Agus, & Husin, A. (2021). Faktor Kemandirian Belajar Peserta Kursus Komputer Tracom Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM).

Aini, F. (2015). Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Segiempat di Kelas VII SMP Negeri 1 Talun. Skripsi. FKIP IAIN Tulunagung.

Amrizal, M. F., & Lestari, G. D. (2020). Hubungan Antara Pengelolaan Pembelajaran Dengan Tingkat Kepuasan Peserta Didik di Lembaga Bimbingan Belajar Plus Ilhami. JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua, 4(1), 40-50.

Arikunto, S. (2021). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. Bumi Aksara.

Fatria, N. N. (2022). Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV. IBTIDA 3(1), 28-37.

Husin, A. (2012). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Kecerdasan Naturalis Terhadap Pengetahuan Siswa Tentang Konsep Ekosistem (Eksperimen di Sekolah Dasar Negeri 4 Tanggeran). Jurnal Ilmiah Pendidikan Lingkungan dan Pembangunan, 13(2), 53-65.

Irmawati, D. A. (2020). Media Pembelajaran Matematika: Cara Gembira Belajar Matematika. Pemeral edukreatif.1-10

Mutia, F., KS, A., Atmi, R. T., IIP, S., bin Haznain, H. F., Arsifatika, N., & Sukan, S. (2020). FISIP IDEAS MATTER 6.0 Dalam Rangka Dies Natalis FISIP ke-41 Universitas Airlangga “Society Against The Peril of Cyberspace: Creating Viable Strategies for Tomorrow’s Terrain”. Zifatama Jawara.

Sari, Y. W. (2015). Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar. Jurnal PGSD, 3(2), 1670-1680.

Shomedran, S. P. (2021) Pengembangan Program PLS (Konsep, Strategi dan Satuan PLS). Bening Media Publishing.

Soentoro (2015). Metodologi Penelitian dengan Aplikasi Statistik. Depok.

Sriyono, H. (2021). Bimbingan dan Konseling Belajar Bagi Siswa di Sekolah-Rajawali Pers. PT. RajaGrafindo Persada.15-16.

Subakti, H., & Handayani, E. S. (2021). Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 247-255.

Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Supardi. (2012). Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Jakarta: PT Ufuk Publishing House.

Syamsi, M. I. N., & Nugroho, J. A. (2019). Pengaruh Efektivitas Pembelajaran di Sekolah dan Niat Masuk Perguruan Tinggi Terhadap Minat Siswa Mengikuti Bimbingan Belajar di SMA Negeri 3 Surakarta. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi, 4(2).

Tampubolon, S., Purba, N., & Panjaitan, M. (2022). Pengaruh Bimbingan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD Negeri 102034 Gempolan TA 2022/2023. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 4386-4391.

Veronica, D., & Nasution, E. Y. P. (2022). Program Bimbingan Belajar Matematika Untuk Siswa SD di Desa Semerap Pada Era Pandemi Covid-19. Madani: Indonesia Journal Of Civil Society, 4(1), 1-8.

Yandi, A., Putri, A. N. K., & Putri, Y. S. K. (2023) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Peserta Didik (Literatur Review). Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 1(1), 13-24.

Yoslia, I., Husin, A., & Hakim, I. A. (2018). Keterampilan Tutor Dalam Pengelolaan Kelas di Lembaga Bimbel (Studi Kasus: Bimbel Moecs Palembang). Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM), 5(1), 45-53.

Published

2024-06-20

How to Cite

Sastrawati, P., Husin, A., & Nurrizalia, M. (2024). Peran Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Lembaga Bimbel BTA 70 Ogan Ilir. JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education, 5(1), 191-200. https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i1.9318