Penerapan Literasi Digital dalam Pembelajaran IPS Pada Peserta Didik

Authors

  • Rahmania Rahman Manado State University image/svg+xml
  • Fuad Muhammad Institute Teknologi dan Kesehatan Permata Ilmu Maros

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpjsre.v6i1.9319

Keywords:

Literasi Digital, Pembelajaran IPS, Peserta Didik

Abstract

Kemajuan teknologi dan informasi telah memiliki dampak yang signifikan pada berbagai aspek kehidupan memperluas jangkauan globalisasi dan memiliki konsekuensi positif maupun negatif Oleh karena itu mahasiswa perlu memiliki kemampuan literasi digital untuk menilai dan mengelola informasi yang diperoleh dari internet Literasi digital ini sangat penting terutama dalam konteks pembelajaran IPS yang memperhatikan isu isu sosial Suatu penelitian telah dilakukan dengan tujuan menganalisis bagaimana literasi digital diterapkan dalam pembelajaran IPS melalui pendekatan kualitatif dengan melibatkan guru dan mahasiswa sebagai subjek penelitian Data dikumpulkan melalui wawancara dan kemudian dianalisis secara interaktif Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi digital dapat diterapkan dalam pembelajaran IPS melalui berbagai platform seperti Google Classroom Kahoot dan Quizzleet dengan dukungan dari guru dan juga orang tua < p>

References

Bungin M 2011 Penelitian Kualitatif: Komunikasi Ekonomi Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya Jakarta: Kencana

ICT Watch 2002 Internet yang Aman: Panduan Literasi Digital Indonesia

Kemendikbud 2017 Gerakan Literasi Sekolah Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Mahmudah Nur 2019 Literasi Digital dalam Pendidikan

M Sai 2017 Keterampilan Literasi Digital dalam Pembelajaran

Mulyasa E 2009 Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan Bandung: Remaja Rosdakarya

Munir 2017 Pembelajaran Digital Bandung: Alfabeta

Podang Reza 2020 Implementasi Literasi Digital di Sekolah

Pratiwi Nova Pritanova 2017 Dampak Literasi Digital dalam Pembelajaran

Sabrini Neneng Lina 2011 Konsep Dasar Pendidikan

Sugiyono 2009 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R D Bandung: Alfabeta

Tirtarahardja U La Sulo S L 2010 Pengantar Pendidikan Jakarta: Rineka Cipta

Published

2025-06-19

How to Cite

Penerapan Literasi Digital dalam Pembelajaran IPS Pada Peserta Didik . (2025). JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education, 6(1), 436 443. https://doi.org/10.53682/jpjsre.v6i1.9319