Penerapan Literasi Digital dalam Pembelajaran IPS Pada Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpjsre.v6i1.9319Keywords:
Literasi Digital, Pembelajaran IPS, Peserta DidikAbstract
Kemajuan teknologi dan informasi telah memiliki dampak yang signifikan pada berbagai aspek kehidupan memperluas jangkauan globalisasi dan memiliki konsekuensi positif maupun negatif Oleh karena itu mahasiswa perlu memiliki kemampuan literasi digital untuk menilai dan mengelola informasi yang diperoleh dari internet Literasi digital ini sangat penting terutama dalam konteks pembelajaran IPS yang memperhatikan isu isu sosial Suatu penelitian telah dilakukan dengan tujuan menganalisis bagaimana literasi digital diterapkan dalam pembelajaran IPS melalui pendekatan kualitatif dengan melibatkan guru dan mahasiswa sebagai subjek penelitian Data dikumpulkan melalui wawancara dan kemudian dianalisis secara interaktif Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi digital dapat diterapkan dalam pembelajaran IPS melalui berbagai platform seperti Google Classroom Kahoot dan Quizzleet dengan dukungan dari guru dan juga orang tua < p>
References
Bungin M 2011 Penelitian Kualitatif: Komunikasi Ekonomi Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya Jakarta: Kencana
ICT Watch 2002 Internet yang Aman: Panduan Literasi Digital Indonesia
Kemendikbud 2017 Gerakan Literasi Sekolah Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Mahmudah Nur 2019 Literasi Digital dalam Pendidikan
M Sai 2017 Keterampilan Literasi Digital dalam Pembelajaran
Mulyasa E 2009 Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan Bandung: Remaja Rosdakarya
Munir 2017 Pembelajaran Digital Bandung: Alfabeta
Podang Reza 2020 Implementasi Literasi Digital di Sekolah
Pratiwi Nova Pritanova 2017 Dampak Literasi Digital dalam Pembelajaran
Sabrini Neneng Lina 2011 Konsep Dasar Pendidikan
Sugiyono 2009 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R D Bandung: Alfabeta
Tirtarahardja U La Sulo S L 2010 Pengantar Pendidikan Jakarta: Rineka Cipta






