Penerapan Literasi Digital dalam Pembelajaran IPS Pada Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpjsre.v6i1.9319Keywords:
Literasi Digital, Pembelajaran IPS, Peserta DidikAbstract
Kemajuan teknologi dan informasi telah memiliki dampak yang signifikan pada berbagai aspek kehidupan, memperluas jangkauan globalisasi, dan memiliki konsekuensi positif maupun negatif. Oleh karena itu, mahasiswa perlu memiliki kemampuan literasi digital untuk menilai dan mengelola informasi yang diperoleh dari internet. Literasi digital ini sangat penting terutama dalam konteks pembelajaran IPS yang memperhatikan isu-isu sosial. Suatu penelitian telah dilakukan dengan tujuan menganalisis bagaimana literasi digital diterapkan dalam pembelajaran IPS melalui pendekatan kualitatif dengan melibatkan guru dan mahasiswa sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui wawancara dan kemudian dianalisis secara interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi digital dapat diterapkan dalam pembelajaran IPS melalui berbagai platform seperti Google Classroom, Kahoot, dan Quizzleet dengan dukungan dari guru dan juga orang tua.
References
Bungin, M. (2011). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.
ICT Watch. (2002). Internet yang Aman: Panduan Literasi Digital Indonesia.
Kemendikbud. (2017). Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Mahmudah Nur. (2019). Literasi Digital dalam Pendidikan.
M. Sai'. (2017). Keterampilan Literasi Digital dalam Pembelajaran.
Mulyasa, E. (2009). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Munir. (2017). Pembelajaran Digital. Bandung: Alfabeta.
Podang, Reza. (2020). Implementasi Literasi Digital di Sekolah.
Pratiwi & Nova Pritanova. (2017). Dampak Literasi Digital dalam Pembelajaran.
Sabrini & Neneng Lina. (2011). Konsep Dasar Pendidikan.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tirtarahardja, U. & La Sulo, S. L. (2010). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.