Penerapan Literasi Digital dalam Pembelajaran IPS Pada Peserta Didik

Authors

  • Rahmania Rahman Universitas Negeri Manado
  • Fuad Muhammad Institute Teknologi dan Kesehatan Permata Ilmu Maros

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpjsre.v6i1.9319

Keywords:

Literasi Digital, Pembelajaran IPS, Peserta Didik

Abstract

Kemajuan teknologi dan informasi telah memiliki dampak yang signifikan pada berbagai aspek kehidupan, memperluas jangkauan globalisasi, dan memiliki konsekuensi positif maupun negatif. Oleh karena itu, mahasiswa perlu memiliki kemampuan literasi digital untuk menilai dan mengelola informasi yang diperoleh dari internet. Literasi digital ini sangat penting terutama dalam konteks pembelajaran IPS yang memperhatikan isu-isu sosial. Suatu penelitian telah dilakukan dengan tujuan menganalisis bagaimana literasi digital diterapkan dalam pembelajaran IPS melalui pendekatan kualitatif dengan melibatkan guru dan mahasiswa sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui wawancara dan kemudian dianalisis secara interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi digital dapat diterapkan dalam pembelajaran IPS melalui berbagai platform seperti Google Classroom, Kahoot, dan Quizzleet dengan dukungan dari guru dan juga orang tua.

References

Bungin, M. (2011). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

ICT Watch. (2002). Internet yang Aman: Panduan Literasi Digital Indonesia.

Kemendikbud. (2017). Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mahmudah Nur. (2019). Literasi Digital dalam Pendidikan.

M. Sai'. (2017). Keterampilan Literasi Digital dalam Pembelajaran.

Mulyasa, E. (2009). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munir. (2017). Pembelajaran Digital. Bandung: Alfabeta.

Podang, Reza. (2020). Implementasi Literasi Digital di Sekolah.

Pratiwi & Nova Pritanova. (2017). Dampak Literasi Digital dalam Pembelajaran.

Sabrini & Neneng Lina. (2011). Konsep Dasar Pendidikan.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tirtarahardja, U. & La Sulo, S. L. (2010). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Published

2025-06-19

How to Cite

Rahman, R., & Muhammad, F. (2025). Penerapan Literasi Digital dalam Pembelajaran IPS Pada Peserta Didik . JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education, 6(1), 436-443. https://doi.org/10.53682/jpjsre.v6i1.9319