Representasi Maskulinitas Perempuan dalam Film Sri Asih (Analisis Semiotika Roland Barthes)

Authors

  • Soni Setiawan Universitas Ahmad Dahlan
  • Gibbran Prathisara Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i1.9346

Keywords:

Representasi, Maskulinitas, Film, Semiotika, Roland Barthes

Abstract

Film Sri Asih merupakan adaptasi dari seri buku komik klasik Indonesia, Sri Asih karya R. A. Kosasih. Sri Asih adalah seorang super hero perempuan yang mempunyai kekuatan super dan kemampuan yang luar biasa warisan dari Dewi Asih. Film Sri Asih tayang pada tanggal 17 November 2022. Film ini disutradarai oleh Upi Novianto dan ditulis oleh Upi Novianto dan Joko Anwar dan diproduksi oleh Screenplay Bumilangit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih lanjut makna maskulinitas perempuan yang ada dalam film Sri Asih. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, Focus penelitian ini menggunakan analisis semiotika Roland Barthes untuk mengkaji lebih dalam makna denotasi, konotasi, dan mitos pada sifat maskulin yang dikemukakan oleh Beyon yakni sebelum tahun 1980-an, tahun 1980-an, tahun 1990-an dan maskulin pada tahun 2000-an. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Observasi dan Dokumentasi dengan cara menonton film Sri Asih serta menganalisis setiap adegan yang mengandung makna denotasi, konotasi, dan mitos. Hasil dari penelitian ini terdapat beberapa adegan yang mempresentasikan maskulinitas perempuan dalam film Sri Asih.

References

Arpan, D. (2023). REPRESENTATION OF SUPERHEROES IN THE CHARACTER OF ALANA IN THE SRI ASIH FILM: Vol. XVI (Issue 1).

Calaccitra, J., & Saakinah Tamsil, I. (n.d.). 9 Jurnal Calaccitra PESAN PANTANG MENYERAH DAN IKHLAS MELALUI TEKNIK SINEMATOGRAFI PADA FILM “NUSA THE MOVIE 2021.” https://jurnal2.isi.dps.ac.id/index.php/calaccitra

Christie, B., Hadi, P., & Wahjudianata, M. (n.d.). JURNAL E-KOMUNIKASI PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS KRISTEN PETRA, SURABAYA Representasi Maskulinitas Perempuan Dalam Film “My Stupid Boss2.”

Deddy S. (2018). Representasi Maskulinitas Hegemonik dalam Iklan. Journal.

Dermatoto. (2010). Konsep Maskulinitas dari Jaman ke Jaman dan Citranya dalam Media. Https://Argyo.Staff.Uns.Ac.Id/2010/08/10/Konsep-Maskulinitas-Dari-Jaman-Ke-Jaman-Dan-Citranya-Dalam-Media/.

Dillawati, F., Widagdo, M. B., & Yusriana, A. (n.d.). REPRESENTASI MASKULINITAS PADA KARAKTER PEREMPUAN DALAM FILM “KARTINI” KARYA HANUNG BRAMANTYO. http://www.fisip.undip.ac.id

Latifa, Z., Kusumawati, A. A., & Apriliana, W. (2023). RESISTENSI PEREMPUAN DALAM FILM SERIES “ASH-SHAFAQAH” KARYA NADIA AHMAD: KAJIAN FEMINISME KEKUASAAN NAOMI WOLF (Vol. 7, Issue 2).

Muzakir Amani, & Anung Priambodo. (2019). Identifikasi Motivasi Pelajar Perempuan Mengikuti Olahraga Beladiri. Journal .

Nurdiansyah, C., Rinanto Sigit, R., & Atmaja, J. (n.d.). Representasi Budaya Bugis Makassar Dalam Film Tarung Sarung (Analisis Semiotika Roland Barthes).

Putri, A., & Nurhajati, L. (2020). Representasi perempuan dalam kukungan tradisi Jawa pada film Kartini karya Hanung Bramantyo. 42 ProTVF, 4(1), 42–63.

Sasmita, U. (2017). REPRESENTASI MASKULINITAS DALAM FILM DISNEY MOANA (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PIERCE). In Jurnal Online Kinesik (Vol. 4, Issue 2). http://m.imdb.com/title/tt3-

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D / Sugiyono.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.

Syulhajji S. (2017). REPRESENTASI MASKULINITAS DALAM FILM TALAK 3 (Studi Analisis Semiotika Roland Barthes).

Published

2024-06-13

How to Cite

Setiawan, S. ., & Prathisara, G. (2024). Representasi Maskulinitas Perempuan dalam Film Sri Asih (Analisis Semiotika Roland Barthes). JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education, 5(1), 142-149. https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i1.9346