Implementasi program pembelajaran calistung pada peserta didik kelas II di MI Salafiyah Tanon

Authors

  • Diah Sekar Rahmawati STKIP Modern Ngawi
  • Novia Rahma Rista Utami STKIP Modern Ngawi
  • Anwas Mashuri STKIP Modern Ngawi

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i2.9354

Keywords:

Implementasi, Kesulitan Calistung, Peserta Didik

Abstract

Reading writing and arithmetic calistung are fundamental skills that every individual must possess in order to recognize letters and numbers The problem of calistung learning can be found in elementary school students especially in lower grades This research employs a descriptive qualitative research method The research instruments consist of interviews and observation sheets The data analysis technique in this research utilizes the Miles and Huberman model The aim of this research is to enhance the calistung abilities of second grade students at MI Salafiyah Tanon This research focuses on the implementation of calistung learning programs including planning implementation obstacles and evaluation Additionally this research also discusses the positive and negative impacts of the calistung learning program conducted at MI Salafiyah Tanon < p>

References

Abdi H 2021 Pendidikan adalah Proses Pengubahan Sikap Kenali Pengertiannya Menurut Para Ahli Diakses pada 19 Januari 2023 dari https: www liputan6 com hot read 5307264 pendidikan adalah proses pengubahan sikap kenali pengertiannya menurut para ahli

Fathurrohman I dan Ulya H 2021 Analisis Keterampilan Membaca Permulaan dan Berhitung pada Siswa Sekolah Dasar WASIS Jurnal Ilmiah Pendidikan 2 2 :79 87

Sufa F F dan Setiawan M H Y 2020 Memberikan Pemahaman tentang Membaca Menulis Menghitung Calistung kepada Orang Tua untuk Anak Usia Dini Adi Widya: Jurnal Pengabdian Masyarakat 4 2 83 89

Rachman Y A 2019 Mengkaji Ulang Kebijakan Calistung pada Anak Usia Dini Jurnal Kajian dan Pengembangan Umat 14 22

Hendrayani A 2018 Peningkatan minat baca dan kemmapuan membaca pesrta didik kelas rendah melalui penggunaaan realding corner Jurnal Penelitian Pendidikan 235 248

Sanjaya W 2013 Penelitian Pendidikan Jenis Metode dan Prosedur Jakarta Kencana Media Group

Montessori M 2020 Montessori s Own Handbook Yogyakarta: PT Bentang Pustaka

Kwing S May K dan Mcbride C 2020 Journal of Experimental Child Parents characteristics the home environment and children s numeracy skills : How are they related in low to middle income families in the Philippines? Journal of Experimental Child Psychology 192 104780 https: doi org 10 1016 j jecp 2 019 104780

Rizki A S C dan Bakhtiar A M 2022 Problematika Membaca Menulis dan Berhitung Calistung pada Peserta Didik Kelas Rendah Sekolah Dasar Jurnal Magistra 13 2 110 128

Djamaluddin A dan Wardana 2019 Belajar dan Pembelajaran Jakarta: CV Kaaffah Learning Center

Rusandi dan Rusli M 2021 Merancang Penelitian Kualitatif Dasar Deskriptif dan Studi Kasus Al Ubudiyah Jurnal Pendidikan dan Studi Islam 2 1 48 60

Baunsele A B 2022 Peranan Mahasiswa KKN Dalam Penguatan Literasi Di SDK Yaswari Benlutu Jurnal Inovasi Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2 2

Ifrida F Huda M Prayitno H J 2023 Pengembangan dan Peningkatan Program Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa di Sekolah Dasar Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar 3 1 http: journals alptkptm org index php jikm article view 94

Astuti A W Drupadi R 2021 Hubungan Penggunaan Media Kartu Huruf dengan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5 6 Journal of Islamic Early Childhood Education 4 1 http: ejournal uinsuska ac id index php KINDERGARTEN article view 11958

Samosir A Priyanti D Simamora M T 2022 PROGRAM KELOMPOK BELAJAR SEKOLAH Negeri 091503 PEMATANG TANAH JAWA DENGAN PENDEKATAN DIRECT INSTRUCTION ABDIMAS MANDIRI Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 2 1 https: ejournal politeknikmbp ac id index php abdimaspkm article view 122

Utami N R dkk 2021 Supervisi Pendidikan Yayasan Kita Menulis

Published

2024-12-27

How to Cite

Implementasi program pembelajaran calistung pada peserta didik kelas II di MI Salafiyah Tanon. (2024). JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education, 5(2), 667 673. https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i2.9354