Pengaruh Media Pembelajaran Kartu Domino terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Kosakata
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i1.9364Keywords:
Pengaruh, Kartu Domino, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran kartu domino terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia materi kosakata. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif melalui penelitian pre-eksperimental dengan jenis One-Group-Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh siswa kelas V dengan jumlah 22 orang. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukan penerapan media pembelajaran kartu domino mempunyai dampak untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia terutama pada materi kosakata yang ditunjukan dengan meningkatnya nilai rata-rata siswa yang semula 45,91 menjadi 69,09. Hal ini diperkuat dengan hasil t-test yang menggunakan uji Paired Sample t-test sebesar 0.000 > 0.05 sehingga dalam hal ini HO ditolak dan Ha diterima. Penelitian ini memberikan sebuah pemaparan dari penggunaan sebuah media pembelajaran kartu domino dalam membantu peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia terutama materi kosakata.
References
Afifah, U. N. (2021). Media Pembelajaran Maharah Istima’ Berbasis Video Animasi untuk Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Bahasa Arab, 5(2).
Ali, M. (2020). PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DAN SASTRA (BASASTRA) DI SEKOLAH DASAR. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini,3(1).
Budi Darma. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji T, Uji F, R2). In Guepedia.
Eliana, N. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS KOSAKATA BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1).
Emi, M. S. Nafiah. Muhammad, T. H. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DOMINO CARD PENGALAMANKU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS II UPT SDN 203 GRESIK. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pendidikan, 4(3)
Irawati, S. (2019). Pengaruh Media Kartu Domino Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ikatan Kimia Di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya. Skripsi. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
Jamjam. (2022). PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA PADA SISWA. Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan Dan Ilmu Keislaman, 8, 393–406.
Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). MANFAAT MEDIA DALAM PEMBELAJARAN. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1).
Kurniawan, M. S., Wijayanti, O., & Hawanti, S. (2020). PROBLEMATIKA DAN STRATEGI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1)
Linggasari, E., & Rochaendi, E. (2022). Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar Melalui Model Pendidikan Kecakapan Hidup. Literasi, XIII(1).
Makbul, M., Parhani, AA. (2021). Metode Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian. Jurnal Diskursus Islam, 9(2)
Mumpuni, A., & Supriyanto, A. (2020). Pengembangan Kartu Domino Sebagai Media Pembelajaran Kosakata bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 29(1).
Nurhamidin, F. (2019). Penggunaan Media Kartu Domino Untuk Penguatan Kemampuan Faktual siswa pada mata pelajaran sejarah. Avatara: E-Jurnal Pendidikan Sejarah, 6(4)
Sapriyah. (2019). MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR. Jurusan Pendidikan Sosiologi, FKIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Indonesia, 2(1)
Saryono, D., & Soedjito. (2020). SERI TERAMPIL MENULIS BAHASA INDONESIA KOSAKATA. In Bumi Aksara
Sugiyono, D. (2019). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. In Penerbit Alfabeta.
Sunariati, R., Ismawati, E., & Riyadi, I. (2019). HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN KOSAKATA DAN STRUKTUR KALIMAT DENGAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI. Jurnal Pendidikan Bahasa,8(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.