Pengaruh Media Pembelajaran Kartu Domino terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Kosakata
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i1.9364Keywords:
Pengaruh, Kartu Domino, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa Sekolah Dasar Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran kartu domino terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia materi kosakata Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif melalui penelitian pre eksperimental dengan jenis One Group Pretest Posttest Design Populasi dalam penelitian yaitu seluruh siswa kelas V dengan jumlah 22 orang Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah Purposive Sampling Hasil penelitian menunjukan penerapan media pembelajaran kartu domino mempunyai dampak untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia terutama pada materi kosakata yang ditunjukan dengan meningkatnya nilai rata rata siswa yang semula 45 91 menjadi 69 09 Hal ini diperkuat dengan hasil t test yang menggunakan uji Paired Sample t test sebesar 0 000 gt; 0 05 sehingga dalam hal ini HO ditolak dan Ha diterima Penelitian ini memberikan sebuah pemaparan dari penggunaan sebuah media pembelajaran kartu domino dalam membantu peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia terutama materi kosakata < p>
References
Afifah U N 2021 Media Pembelajaran Maharah Istima Berbasis Video Animasi untuk Siswa Madrasah Ibtidaiyah Jurnal Bahasa Arab 5 2
Ali M 2020 PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DAN SASTRA BASASTRA DI SEKOLAH DASAR PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3 1
Budi Darma 2021 Statistika Penelitian Menggunakan SPSS Uji Validitas Uji Reliabilitas Regresi Linier Sederhana Regresi Linier Berganda Uji T Uji F R2 In Guepedia
Eliana N 2020 ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS KOSAKATA BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III Jurnal Pendidikan Dasar 11 1
Emi M S Nafiah Muhammad T H 2023 PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DOMINO CARD PENGALAMANKU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS II UPT SDN 203 GRESIK Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pendidikan 4 3
Irawati S 2019 Pengaruh Media Kartu Domino Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ikatan Kimia Di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya Skripsi Universitas Islam Negeri Ar Raniry Banda Aceh
Jamjam 2022 PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA PADA SISWA Jurnal An Nur: Kajian Pendidikan Dan Ilmu Keislaman 8 393 406
Karo Karo I R Rohani R 2018 MANFAAT MEDIA DALAM PEMBELAJARAN AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika 7 1
Kurniawan M S Wijayanti O Hawanti S 2020 PROBLEMATIKA DAN STRATEGI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR Jurnal Riset Pendidikan Dasar JRPD 1 1
Linggasari E Rochaendi E 2022 Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar Melalui Model Pendidikan Kecakapan Hidup Literasi XIII 1
Makbul M Parhani AA 2021 Metode Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian Jurnal Diskursus Islam 9 2
Mumpuni A Supriyanto A 2020 Pengembangan Kartu Domino Sebagai Media Pembelajaran Kosakata bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan 29 1
Nurhamidin F 2019 Penggunaan Media Kartu Domino Untuk Penguatan Kemampuan Faktual siswa pada mata pelajaran sejarah Avatara: E Jurnal Pendidikan Sejarah 6 4
Sapriyah 2019 MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR Jurusan Pendidikan Sosiologi FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Serang Indonesia 2 1
Saryono D Soedjito 2020 SERI TERAMPIL MENULIS BAHASA INDONESIA KOSAKATA In Bumi Aksara
Sugiyono D 2019 Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R D In Penerbit Alfabeta
Sunariati R Ismawati E Riyadi I 2019 HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN KOSAKATA DAN STRUKTUR KALIMAT DENGAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI Jurnal Pendidikan Bahasa 8 2






