Pengaruh Media Spin Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1

Authors

  • Maulita Pamungkas STKIP MODERN NGAWI
  • Dita Primashanti Koesmadi STKIP Modern Ngawi
  • Uci Ulfa Nur Afifah STKIP Modern Ngawi

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i1.9368

Keywords:

influence, letter spin, reading ability

Abstract

Membaca merupakan ketrampilan dasar yang harus dimiliki oleh siswa. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam materi membaca. Tujuan utama penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media spin huruf terhadap kemampuan membaca permulaan siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif melalui penelitian pra eksperimen dengan jenis rancangan One Group Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh siswa kelas I sejumlah 25 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Non Probability Sampling. Jenis instrumen yang digunakan pretest dan posttest hasil belajar berupa lembar unjuk kerja. Hasil penelitian memaparkan bahwa penerapan media spin huruf mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar membaca permulaan siswa. Pengaruh tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan rata-rata siswa dari 42.92 meningkat menjadi 77. Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t yang menunjukkan nilai Sig.(2-tailed) yaitu 0.000, hasil ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Penelitian ini memberikan sebuah pemaparan bahwasanya keefektifan sebuah media pembelajaran spin huruf dalam membantu peningkatan hasil belajar siswa pada materi membaca permulaan.

References

Amanda, L., Yanuar, F., & Deiviianto, D. (2019). Ujii valiidiitas dan reiliiabiiliitas tiingkat partiisiipasii poliitiik masyarakat kota Padang. Jurnal Mateimatiika UNAND, 8(1), 179–188.

Andayanii. (2015). Probleima dan Aksiioma dalam Meitodologii Peimbeilajaran BahasaIindoneisiia (1st eid.).

Dalman. (2014). Keiteirampiilan Meimbaca.

Deiwii, S. S., Hariiastutii, R. M., & Utamii, A. U. (2019). Analiisiis tiingkat keisukaran dan daya peimbeida soal oliimpiiadei mateimatiika (OMIi) tiingkat SMP tahun 2018. Transformasii: Jurnal Peindiidiikan Mateimatiika.

Gusdiiana, P., & Eigok, A. S. (2021). Peingeimbangan Meidiia Kotak Peirmaiinan Spiinniing Wheieil Pada Mata Peilajaran IiPA Siiswa Keilas IiV SD Neigeirii 69 Lubukliinggau. Liinggau Journal of Eileimeintary School Eiducatiion, 1(2), 41–50.

Muammar. (2020). Meimbaca Peirmulaan dii Seikolah Dasar (1st eid.). Sanabiil Creiatiivei.

Nurhadii. (2017). Handbook of Wriitiing (Panduan Leingkap Meinuliis).

Nursantii, R., Puspiitasarii, Ei., & Kurniia, R. (2022). Peingaruh Meidiia Putaran Kreiatiif Teirhadap Keimampuan Meimbaca Peirmulaan Pada Anak Usiia 4-5 Tahun Dii Tk Neigeirii Peimbiina Seilatpanjang Kabupatein Keipulauan Meirantii. Jurnal Peindiidiikan Dan Konseiliing (JPDK), 4(6), 11480–11489.

Priiyono. (2008). MEiTODEi PEiNEiLIiTIiAN KUANTIiTATIiF. Prof. Dr. Suryana, Ms. (2012). Meitodologii Peineiliitiian :Meitodologii Peineiliitiian Modeil Prakatiis Peineiliitiian Kuantiitatiif dan Kualiitatiif [Uniiveirsiitas Peindiidiikan Iindoneisiia]. https://doii.org/10.1007/s13398 -014-0173-7.2

Puteirii, L. A. S., & M. (2022). Peingeimbangan spiinniing wheieil seibagaii meidiia peimbeilajaran siiswa mateirii peirubahan liingkungan keilas V Seikolah Dasar. JPGSD. 10(7), 1541–1551.

Rachmanah, A. (2020). Liiteirasii Kiita dan Miiskiinnya Buku. https://kumparan.com/ andhiikarachmanah-

Son, A. L. (2019). Iinstrumeintasii keimampuan peimeicahan masalah mateimatiis: analiisiis reiliiabiiliitas, valiidiitas, tiingkat keisukaran dan daya beida butiir soal. Geima wiiralodra, 10(1), 41-52.

Sujarwo. (2016). Peiniingkatan Keimampuan Meimbaca Peirmulaan Meilaluii Meidiia Viideio Compact Diisc pada Anak Usiia 5-6 Tahun. Jurnal Peindiidiikan Dan Peimbeirdayaan Masyarakat, 3(1), 30.

Susmiiarnii, A., Atiika, N., & Fiitrii, Ii. (2023). Peingeimbangan Meidiia Spiinniing Wheieil: Meidiia untuk Stiimulasii Keimampuan Meingeinal Konseip Biilangan pada Anak. Raudhatul Athfal: Jurnal Peindiidiikan Iislam Anak Usiia Diinii, 7(2), 166–184.

Triianii, A. (2019). Peingaruh peingeitahuan keiuangan dan siikap keiuangan teirhadap peiriilaku manajeimein keiuangan (Studii kasus pada mahasiiswa S1 Program Studii Manajeimein Uniiveirsiitas Komputeir Iindoneisiia). (Doctoral diisseirtatiion, Uniiveirsiitas Komputeir Iindoneisiia).

Published

2024-12-11

How to Cite

Pamungkas, M., Koesmadi, D. P. ., & Afifah, U. U. N. . (2024). Pengaruh Media Spin Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1. JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education, 5(1), 407-416. https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i1.9368