Peran Guru dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi pada Siswa Kelas II MI PSM Watualang
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i1.9384Keywords:
Peran, Guru, LiterasiAbstract
Penelitian mengenai peran guru dalam upaya meningkatkan kemampuan literasi ini di latar belakangi oleh masih belum meratanya kemampuan literasi membaca pada diri siswa di sini guru memiliki peran penting dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa khususnya membaca Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksaan kegiatan literasi di MI PSM Watualang mengetahui peran guru dalam upaya meningkatkan kemampuan literasi khusunya literasi membaca pada kelas II di MI PSM Watualang dan mengetahui faktor pendukung serta penghambat dalam meningkatkan kemampuan literasi yang ada pada kelas II MI PSM Watualang Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya yaitu observasi wawancara dan dokumentasi Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan literasi di MI PSM Watualang sudah cukup baik tetapi kurang maksimal karena hanya dilakukan 2 kali dalam 1 bulan Peran guru dalam upaya meningkatkan kemampuan literasi siswa yaitu guru sebagai pendidik guru sebagai fasilitator guru sebagai motivator dan guru sebagai evaluator Faktor pendukung dalam kegiatan literasi yaitu sarana prasarana yang memadai dan keikutsertaan orang tua dalam pengadaan bahan bacaan di kelas Faktor penghambat dalam kegiatan literasi yaitu keterbatasannya waktu minat membaca siswa masih kurang dan orang tua dirumah tidak ikut serta dalam memantau perkembangan kemampuan anak < p>
References
Munawir M Salsabila Z P Nisa N R 2022 Tugas Fungsi dan Peran Guru Profesional Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 7 1
Maharani A K Sumarni S Marbun H C P Sugiharta R Annisa A 2020 Perkembangan Gerakan Literasi Pedagogik di SDN VI Kuala Tungkal In Seminar Nasional Ilmu Pendidikan dan Multi Disiplin Vol 3
Dasor Y W Mina H Sennen E 2021 Peran guru dalam gerakan literasi di sekolah dasar Jurnal Literasi Pendidikan Dasar 2 2
Sari D A K Setiawan E P 2023 Literasi Baca Siswa Indonesia Menurut Jenis Kelamin Growth Mindset dan Jenjang Pendidikan: Survei PISA Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 8 1
Apriani A N Ariyani Y D 2017 Membangun Budaya Literasi Permulaan bagi Siswa SD Kelas Awal melalui Pop Up Book
Hasni L Witono A H Khair B N 2022 Peran Guru Dalam Menciptakan Budaya Literasi Melalui Gerakan Literasi Sekolah GLS Di Kelas IV MI Darul Hikmah Darek Journal of Classroom Action Research 4 3
Kartikasari E 2022 Faktor pendukung dan faktor penghambat gerakan literasi sekolah Jurnal Basicedu 6 5 8879 8885
Jailani M S 2023 Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam 1 2
Hardani S P Si M 2020 dkk 2020 Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif
Sidiq U Choiri M Mujahidin A 2019 Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan Journal of Chemical Information and Modeling 53 9
Fiantika F R Wasil M Jumiyati S Honesti L Wahyuni S Mouw E Waris L 2022 Metodologi Penelitian Kualitatif Get Press
Sardiman A M Interaksi Motivasi Belajar Mengajar Jakarta: PT RajaGrafindo Persada 2014 h 137 138
Yestiani D K Zahwa N 2020 Peran guru dalam pembelajaran pada siswa sekolah dasar Fondatia 4 1 41 47
Irjus Indrawan W N 2020 Guru Sebagai Agen Perubahan Jawa tengah: Penerbit Lakeisha
Risparyanto A 2020 Cara Cerdas Memahami Bacaan Buletin Perpustakaan 3 1
Awaliyani S A A K U Ummah A K Jember N I 2021 Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Melalui Kegiatan Muhadhoroh Indonesian Journal of Teacher Education 2 1
SUSANTI R 2019 Peningkatan Kemampuan Memahami Isi Bacaan Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN 10 Koto Baru Melalui Metode SQ3R 2 2






