Internalisasi Nilai Karakter Religius dan Disiplin Melalui Kegiatan Tahfiz Al-Qur’an Siswa Kelas 4 di MI PSM Satriyan Tahun Pelajaran 2023/2024
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i1.9385Keywords:
Internalisasi Pendidikan Karakter, Karakter Religius, Karakter DisiplinAbstract
Internalisasi nilai karakter religius dan disiplin melalui kegiatan tahfiz dilakukan karena disebabkan oleh peristiwa kurangnya moral yang terjadi pada zaman sekarang dan pentingnya pendidikan karakter untuk menumbuhkan kepribadian yang tangguh dan berkontribusi positif terhadap masyarakat luas. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan/mendeskripsikan kegiatan tahfiz, internalisasi nilai karakter religius, dan internalisasi nilai karakter disiplin melalui kegiatan tahfiz Al-Qur’an. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan bersifat deskriptif kualitatif untuk memperoleh deskripsi/penjelasan mengenai bagaimana internalisasi nilai karakter religius dan disiplin melalui kegiatan tahfiz Al-Qur’an. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi (pengamatan), dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter religius dan disiplin bisa ditanamkan dengan adanya kegiatan keagamaan salah satunya tahfiz Al-Qur’an. Karakter religius terdiri dari 3 indikator yaitu: 1) taat kepada Allah yang ditunjukkan dengan kebiasaan mengucapkan dan menjawab salam, membaca doa, dan menghindari perilaku buruk, 2) percaya diri yang ditunjukkan dengan sikap yakin siswa dan percaya bisa menyelesaikan hafalan, 3) peduli lingkungan yang ditunjukkan dengan kebiasaan menjaga kebersihan tempat tahfiz. Karakter disiplin terdapat 4 indikator yaitu : 1) datang tepat waktu yang ditunjukkan dengan siswa masuk kelas tepat waktu sesuai jadwal sebelum gurunya masuk kelas, 2) patuh tata tertib dan aturan ditunjukkan dengan siswa mematuhi aturan dari guru pada kegiatan tahfiz untuk mendengarkan dan memperhatikan saat guru menjelaskan, 3) menyelesaikan tugas tepat waktu, 4) setoran hafalan tepat waktu ditunjukkan dengan siswa yang menyetorkan hafalannya rutin setiap hari.
References
Rambe, M. S., Waharjani, W., & Perawironegoro, D. (2023). Pentingnya Pendidikan Akhlak dalam Kehidupan Masyarakat Islam. Tadarus Tarbawy: Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan, 5(1).
Nurfalah, Y. (2018). Penanaman nilai-nilai agama Islam terhadap anak didik. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 29(1), 85-99.
Delvytamara, M., & SAP, F. P. (2018). Dampak Berpikir Positif bagi Anak Berkebutuhan KhususTunanetra di Yaketunis Yogyakarta.
Ismail, M. J. (2021). Pendidikan karakter peduli lingkungan dan menjaga kebersihan di sekolah. Guru Tua: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 59-68.
Magfiroh, L., Desyanty, E. S., & Rahma, R. A. (2019). Pembentukan karakter disiplin anak usia dini melalui metode pembiasaan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 33 Kota Malang. Jurnal Pendidikan Nonformal, 14(1), 54.
Lailaturrahmawati, L., Januar, J., & Yusbar, Y. (2023). Implementasi Pembiasaan Shalat Berjama’ah Dalam Membentuk Karakter Kedisiplinan Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 89-96.
Amri, S. (2018). Pengaruh kepercayaan diri (self confidence) berbasis ekstrakurikuler pramuka terhadap prestasi belajar matematika siswa SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 156-170
Kamalludin, W., & Ganeswara, G. M. (2020). Internalisasi Nilai Karakter Disiplin Siswa Melalui Kegiatan Menghafal Al-Qur’an. Jurnal Ta’limuna, 9(2), 101-114.
Ahsani, E. L. F., Sya’adah, L. N., Sabila, M. S., Nuryana, S., & Nahar, T. (2022). Pembentukan Karakter Religius Siswa melalui Aktivitas Sholat dan Tahfidz Qur’an di SD Al-Ma’soem Bandung. ARZUSIN, 2(1), 54-69.
Rahmad, W. B., & Kibtiyah, A. (2022). Pembentukan Karakter Religius, Disiplin dan Tanggungjawab Melalui Kegiatan Tahfidzul Qur’an di SD Islam Roushon Fikr Jombang. Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 18(2), 31-52.
Hadi, W. (2020). Internalisasi nilai-nilai religius melalui kegiatan ekstrakurikuler kerohanian Islam di SMP Negeri 47 Surabaya. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 10(2), 189-208.
Musbikin, I. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter: Referensi Pembelajaran Untuk Guru Dan Siswa SMA/MA. Bandung: Nusamedia.
Pahleviannur, dkk., (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Pradina Pustaka.
Sidiq, U., Choiri, M., & Mujahidin, A. (2019). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan. Ponorogo: CV Nata Karya.
Abdussamad, Z. (2022). Buku Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: CV Syakir Media Press.
Sugiyono, S. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.