Internalisasi Nilai Karakter Religius dan Disiplin Melalui Kegiatan Tahfiz Al Qur an Siswa Kelas 4 di MI PSM Satriyan Tahun Pelajaran 2023 2024

Authors

  • Eka Septiya Rusydah' STKIP Modern Ngawi
  • Desi Nuzul Agnafia STKIP Modern Ngawi
  • Ririn Setyowati STKIP Modern Ngawi

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i1.9385

Keywords:

Internalisasi Pendidikan Karakter, Karakter Religius, Karakter Disiplin

Abstract

Internalisasi nilai karakter religius dan disiplin melalui kegiatan tahfiz dilakukan karena disebabkan oleh peristiwa kurangnya moral yang terjadi pada zaman sekarang dan pentingnya pendidikan karakter untuk menumbuhkan kepribadian yang tangguh dan berkontribusi positif terhadap masyarakat luas Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan mendeskripsikan kegiatan tahfiz internalisasi nilai karakter religius dan internalisasi nilai karakter disiplin melalui kegiatan tahfiz Al Qur an Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan bersifat deskriptif kualitatif untuk memperoleh deskripsi penjelasan mengenai bagaimana internalisasi nilai karakter religius dan disiplin melalui kegiatan tahfiz Al Qur an Untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan teknik wawancara observasi pengamatan dan dokumentasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter religius dan disiplin bisa ditanamkan dengan adanya kegiatan keagamaan salah satunya tahfiz Al Qur an Karakter religius terdiri dari 3 indikator yaitu: 1 taat kepada Allah yang ditunjukkan dengan kebiasaan mengucapkan dan menjawab salam membaca doa dan menghindari perilaku buruk 2 percaya diri yang ditunjukkan dengan sikap yakin siswa dan percaya bisa menyelesaikan hafalan 3 peduli lingkungan yang ditunjukkan dengan kebiasaan menjaga kebersihan tempat tahfiz Karakter disiplin terdapat 4 indikator yaitu : 1 datang tepat waktu yang ditunjukkan dengan siswa masuk kelas tepat waktu sesuai jadwal sebelum gurunya masuk kelas 2 patuh tata tertib dan aturan ditunjukkan dengan siswa mematuhi aturan dari guru pada kegiatan tahfiz untuk mendengarkan dan memperhatikan saat guru menjelaskan 3 menyelesaikan tugas tepat waktu 4 setoran hafalan tepat waktu ditunjukkan dengan siswa yang menyetorkan hafalannya rutin setiap hari < p>

References

Rambe M S Waharjani W Perawironegoro D 2023 Pentingnya Pendidikan Akhlak dalam Kehidupan Masyarakat Islam Tadarus Tarbawy: Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan 5 1

Nurfalah Y 2018 Penanaman nilai nilai agama Islam terhadap anak didik Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman 29 1 85 99

Delvytamara M SAP F P 2018 Dampak Berpikir Positif bagi Anak Berkebutuhan KhususTunanetra di Yaketunis Yogyakarta

Ismail M J 2021 Pendidikan karakter peduli lingkungan dan menjaga kebersihan di sekolah Guru Tua: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 4 1 59 68

Magfiroh L Desyanty E S Rahma R A 2019 Pembentukan karakter disiplin anak usia dini melalui metode pembiasaan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 33 Kota Malang Jurnal Pendidikan Nonformal 14 1 54

Lailaturrahmawati L Januar J Yusbar Y 2023 Implementasi Pembiasaan Shalat Berjama ah Dalam Membentuk Karakter Kedisiplinan Siswa Educativo: Jurnal Pendidikan 2 1 89 96

Amri S 2018 Pengaruh kepercayaan diri self confidence berbasis ekstrakurikuler pramuka terhadap prestasi belajar matematika siswa SMA Negeri 6 Kota Bengkulu Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia 3 2 156 170

Kamalludin W Ganeswara G M 2020 Internalisasi Nilai Karakter Disiplin Siswa Melalui Kegiatan Menghafal Al Qur an Jurnal Ta limuna 9 2 101 114

Ahsani E L F Sya adah L N Sabila M S Nuryana S Nahar T 2022 Pembentukan Karakter Religius Siswa melalui Aktivitas Sholat dan Tahfidz Qur an di SD Al Ma soem Bandung ARZUSIN 2 1 54 69

Rahmad W B Kibtiyah A 2022 Pembentukan Karakter Religius Disiplin dan Tanggungjawab Melalui Kegiatan Tahfidzul Qur an di SD Islam Roushon Fikr Jombang Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 18 2 31 52

Hadi W 2020 Internalisasi nilai nilai religius melalui kegiatan ekstrakurikuler kerohanian Islam di SMP Negeri 47 Surabaya EL BANAT: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam 10 2 189 208

Musbikin I 2019 Penguatan Pendidikan Karakter: Referensi Pembelajaran Untuk Guru Dan Siswa SMA MA Bandung: Nusamedia

Pahleviannur dkk 2022 Metodologi Penelitian Kualitatif Pradina Pustaka

Sidiq U Choiri M Mujahidin A 2019 Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan Ponorogo: CV Nata Karya

Abdussamad Z 2022 Buku Metode Penelitian Kualitatif Makassar: CV Syakir Media Press

Sugiyono S 2018 Metode penelitian kuantitatif kualitatif R D Bandung: Alfabeta

Published

2025-01-12

How to Cite

Internalisasi Nilai Karakter Religius dan Disiplin Melalui Kegiatan Tahfiz Al Qur an Siswa Kelas 4 di MI PSM Satriyan Tahun Pelajaran 2023 2024. (2025). JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education, 5(1), 473 481. https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i1.9385