Interaksi Sosial dan Motivasi Belajar Mahasiswa Peserta Penerima Beasiswa YPMAK Asal Kabupaten Mimika di Universitas Kristen Satya Wacana

Authors

  • Lidianus Deikme Universitas Satya Wacana
  • Sri Suwartiningsih Universitas Satya Wacana
  • Suryo Sakti Hadiwijoyo Universitas Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i2.9470

Keywords:

social interaction, learning motivation, YPMAK scholarship program students

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi sosial dan motivasi belajar Mahasiswa penerima beasiswa YPMAK di UKSW Salatiga. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian dalam penelitian ini interaksi sosial Mahasiswa program beasiswa YPMAK dari sudut pandang faktor imitasi Mahasiswa melakukan proses peniruan kepada orang lain, faktor sugesti Mahasiswa terjadi baik secara langsung dan tidak langsung, faktor identifikasi Mahasiswa menginginkan menjadi identik dengan orang lain, faktor simpati Mahasiswa dalam hal bekerjasama membantu dalam kesulitan Mahasiswa lain. Sedangkan motivasi belajar Mahasiswa penerima beasiswa YPMAK dilihat dari aspek kebutuhan telah dapat memenuhi kebutuhan, aspek dorongan Mahasiswa mendapatkan dorongan motivasi secara intrinsik maupun ekstrinsik, dan aspek tujuan mahasiswa memiliki perbedaan tergantung motivasi awal Mahasiswa. sehingga dapat disimpulkan terdapat persamaan dan perbedaan antara cara berinteraksi sosial dan motivasi belajar Mahasiswa Program beasiswa YPMAK di UKSW.

References

Alviyah, E. N., Fawwaz, M., Aprilia, S. N., Saptaji, S. A. P., Rozak, R. W. A., & Mulyani, H. (2023). Beasiswa KIP-K : Apakah Beasiswa Dapat Menjadi Motivasi Belajar Mahasiswa. Journal of Creative Student Research (JCSR), 1(2), 309–318.

Anggraenie, N. C., Eti Rohaeti, E., & Alawiyah, T. (2021). Profil Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Gunung Halu. Jurnal Fokus (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(2), 145–1. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i2.6321

Cahyorinartri, N. (2019). Motivasi Mahasiswa Berorganisasi Di Kampus. Jurnal Psikologi Insight, 2(2), 27–38.https://doi.org/10.17509/insight.v2i2.14158

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 93–196.

Engkoswara, D., & Komariah, A. (2010). Administrasi Pendidikan. In Bandung: Alfabeta. Alfabeta.

Kylana, A. (2020). Hubungan Antara Interaksi Sosial Dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Bekerja. Skripsi. Program Studi Sarjana Psikologi Fakultas Psikologi, Universitas Katolik Soegijapranata, Semarang.

Moleong, L. J. (2019). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya Bandung.

Pangalila, T. (2017). Interaksi Sosial Dosen dan Mahasiswa dalam Proses Perkuliahan di Jurusan PPKn FIS UNIMA. Jurnal Progresif, 12(02), 699–706.

Purba, G. M. B. (2018). Dinamika Interaksi Mahasiswa Afirmasi Dalam Menghadapi Culture Shock di Untirta. Skripsi. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sultan Agung Tirtayasa, Serang.

Saptono, Y. J. (2016). Motivasi dan keberhasilan belajar siswa. Jurnal Regula Fidei, I(1), 189–212.

Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. PT RajaGrafindo Persada.

Sari, I. (2016). Behavior of Student Consumption Bidikmisi Scholarship Year 2014-2016 at Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Riau. 4(2), 1–15.

Sartika, W., Said, A., & Ibrahim, I. (2013). Masalah-Masakah Interaksi Sosial Siswa dengan Teman Sebaya di Sekolah. Jurnal Ilmiah Konseling, 2(1), 141–145.

Septian, A., & Ahmad, M. R. S. (2020). Dampak Pemanfaatan Beasiswa Bidikmisi Mahasiswa Sosiologi Universitas Negeri Makassar. Jurnal Sosialisasi (Jurnal Hasil Pemikiran Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 8(1), 39–46.http://apium.um.edu.my/journals/journal_usul/No_Usul.php

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. PT Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. PT Alfabet.

Suharni, & Purwanti. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. G-COUNS: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 131–145.

Tamara, D., Indra, C. A., & Hayati, L. (2023). Konsep Diri Mahasiswa Pada Komunitas Genbi (Generasi Baru Indonesia) Universitas Bangka Belitung. Journal Education, Language, and Culture (EDULEC), 3(1), 34–47. https://doi.org/https://doi.org/10.56314/edulec.v3i1

Walgito, B. (2003). Psikologi Sosial, Yogyakarta: PT. Andi Offset.

Widiansyah, S., Naim, M., Soetrisnaadisendjaja, D., & Saputra, D. Y. (2021). Bahasa Sebagai Media dalam Proses Adaptasi Sosial Mahasiswa Asal Papua. Jurnal Membaca, 6(2), 149–160. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jurnalmembaca

Published

2024-12-30

How to Cite

Deikme, L., Suwartiningsih, S. ., & Hadiwijoyo, S. S. . (2024). Interaksi Sosial dan Motivasi Belajar Mahasiswa Peserta Penerima Beasiswa YPMAK Asal Kabupaten Mimika di Universitas Kristen Satya Wacana. JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education, 5(2), 917-926. https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i2.9470