Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme dan Kompetensi Guru

Authors

  • Jeffry S. J. Lengkong Program Pascasarjana, Universitas Negeri Manado
  • Meytha M. Wongkar Program Pascasarjana, Universitas Negeri Manado
  • Samuel Harry Mosey Program Pascasarjana, Universitas Negeri Manado
  • Davison Pagawak Program Pascasarjana, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i1.9600

Keywords:

Peran, Kepala Sekolah, Meningkatkan Profesionalisme, Kompetensi Guru

Abstract

Sebagai pemimpin organisasi, kepala sekolah memainkan peran penting dalam mendorong pengembangan profesional guru. Rumusan pertanyaan penelitian yang diangkat dalam penelitian ini adalah sejauh mana peran kepala sekolah untuk meningkatkan profesionalisme dan kompetensi guru dalam persepsi guru. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji strategi kepala sekolah SMP Negeri 2 Manado untuk meningkatkan kompetensi pedagogi dan kompetensi profesionalisme guru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis interaktif secara berkelanjutan. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi kepala sekolah sangat memberi dampak positif untuk meningkatkan kinerja dan kopetensi guru. Peningkatan terjadi secara signifikan karena kepala sekolah menerapkan strategi berupa diskusi personal, motivasi, kesempatan pengembangan diri, dan kolaborasi secara bersama.

References

Amon, L., & Harliansyah, H. (2022). Analisis Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Perencanaan Peningkatan Mutu Pendidikan Menengah Kejuruan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(1), 147-162.

Arifin, S., Putra, A. R., & Hartanto, C. F. B. (2019). Pengaruh kompetensi, kompensasi dan kepemimpinan terhadap kinerja karyawan. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 1(1), 22-29.

Azizah, I. (2021). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kinerja Guru di Sekolah Inklusi. Jurnal Insprasi Manajemen Pendidikan, 9(1), 133-143.

Baro'ah, S. (2020). Kebijakan merdeka belajar sebagai strategi peningkatan mutu pendidikan. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1063-1073.

Damayanti, R., & Jumiyati, E. (2020, May). Peranan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Era Masyarakat 5.0. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Fitrah, M. (2017). Peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal penjaminan mutu, 3(1), 31-42.

Halisa, N. N. (2020). Peran Manajemen Sumber Daya Manusia" Sistem Rekrutmen, Seleksi, Kompetensi dan Pelatihan" Terhadap Keunggulan Kompetitif: Literature Review. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 1(2 Desember), 14-22.

Hasanah, M. L., & Kristiawan, M. (2019). Supervisi akademik dan bagaimana kinerja guru. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), 97-112.

Helmi, H., Rudini, A., Ramadhani, M. I., Huda, N., & Fitriani, N. H. (2023). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru pada SMP Negeri 1 Belawang. Journal on Education, 5(3), 7104-7116.

Kautsar, M., Yusrizal, Y., & Bahrun, B. (2020). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru Pada Man 1 Kabupaten Aceh Utara. Visipena, 11(2), 364-376.

Mantiri, J. (2019). Peran Pendidikan dalam Menciptakan Sumber Daya Manusia Berkualitas di Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(1), 20-26.

Miles, M.B.D.A., 1992. Michael Huberman. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode–metode Baru, pp.2829-0747.

Nasar, I., & Majir, A. (2022). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatan Kinerja Guru. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(3), 484-495.

Nurlatifah, S. (2023). Strategi Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MAN 2 Kota Kediri. PROPHETIK: Jurnal Kajian Keislaman, 1(1), 49-64.

Santika, I. G. N. (2017). Kepala sekolah dalam konsep kepemimpinan pendidikan: Suatu kajian teoritis. Widya Accarya, 7(1).

Solikhulhadi, M. F. (2021). Strategi Kepala Sekolah dalam Pengembangan Kompetensi Profesional Guru untuk Meningkatkan Mutu. JURNAL MADINASIKA Manajemen Pendidikan dan Keguruan, 2(2), 14-102.

Sianturi, R., Lian, B., & Puspitasari, A. (2020). Strategi Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 1836-1839.

Wibowo, A. (2022). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Perspektif Pendidikan dan Keguruan, 13(1), 14-20.

Published

2024-06-11

How to Cite

Lengkong, J. S. J., Wongkar , M. M. ., Mosey, S. H. ., & Pagawak, D. . (2024). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme dan Kompetensi Guru. JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education, 5(1), 88-95. https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i1.9600