Strategi Masyarakat Pemilik Usaha Warung dalam Menghadapi Tantangan Digitalisasi Shopee Lazada Bukalapak dan lainnya di Taratara

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i1.9849

Keywords:

Strategi Masyarakat, Pemilik Usaha Warung, Tantangan Digitalisasi, Shopee, Lazada

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana strategi masyarakat pemilik usaha warung dalam menghadapi tantangan digitalisasi shopee lazada bukalapak dan lainnya di Taratara Metode penelitian kualitatif digunakan dalam penelitian ini untuk menghasilkan gambaran yang menyeluruh faktual dan akurat dengan metode pengumpulan data observasi wawancara dan studi dokumentasi Menurut temuan studi lapangan pemilik usaha warung di Taratara menunjukkan kesadaran dan sikap adaptif terhadap tantangan digitalisasi Mereka mengakui dampak negatif e commerce pada pelanggan konvensional namun juga melihat peluang dalam perubahan ini Strategi mereka melibatkan pendekatan hibrida: mempelajari dan mengadopsi teknologi digital seperti marketplace dan aplikasi e commerce sambil tetap mempertahankan layanan tradisional untuk segmen pelanggan tertentu Para pemilik warung ini menunjukkan keterbukaan untuk belajar dan beradaptasi dengan tujuan menjaga relevansi bisnis mereka di era digital tanpa meninggalkan sepenuhnya model bisnis konvensional yang masih bermanfaat bagi sebagian pelanggan < p>

References

Afif M Qusaeri A Khasanah M Khasbulloh R M 2023 Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Inovasi Pada Perusahaan Teknologi : Studi Deskriptif Pada Startup XYZ Di Kota Bandung Sanskara Manajemen Dan Bisnis 01 03 114 123 https: doi org 10 58812 smb v1 i03

Afrizal M A 2014 Metode penelitian kualitatif Jakatra: PT Raja Grafindo Persada

Doyle L Brady A M Byrne G 2009 An overview of mixed methods research Journal of Research in Nursing 14 2 175 185

Huberman M 1992 Analisis Data Kualitatif Jakarta: UI Pres TT

Johnson D P 1986 Teori Sosiologi Klasik dan Modern terjemahan Robert MZ Lawang dari judul asli Sociological Theory Classical Founders and Contemporary Perspectives

Khasbulloh M W Suzano R Rukmana A Y Mesra R 2023 Peta Keterkaitan Konsep dalam Penelitian Kepemimpinan Kewirausahaan : Analisis Bibliometrik dan Co occurrence Sanskara Manajemen Dan Bisnis 01 03 217 228 https: doi org 10 58812 smb v1 i03

Mesra R Dolonseda H P 2023 Kolaborasi Perguruan Tinggi UMKM dan Masyarakat dari Sudut Pandang Jurnal Pendidikan Mandala 8 2 481 486

Mesra R Korompis M E Tuerah P R Manado U N 2023 KAJIAN SOSIAL EKONOMI UMKM WIRELESS FIDELITY WI FI DI PERUM MAESA UNIMA Jurnal Riset Entrepreneurship 6 2 1 6 https: doi org 10 30587 jre v6i2 6007

Mesra R Marsa Y J Putri M E 2021 Pola Interaksi Pedagang Konsinyasi Dengan Pemilik Warung Di Kecamatan Tondano Selatan Provinsi Sulawesi Utara JISIP Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan 5 3 1 8 https: doi org 10 36312 jisip v5i3 2104

Paramitha P S Suhartini D 2022 Business Resilience pada UMKM di Masa Pandemi Covid 19 Ekonomis: Journal of Economics and Business 6 2 405 409

Ridwan I M 2019 Penerapan digital marketing sebagai peningkatan pemasaran pada UKM Warung Angkringan WAGE Bandung Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2 1 137 142

Sudirjo F Lubis S R Permana R M Rukmana Arief Yanto R M 2023 Menuju Pemahaman yang Tepat Tentang Strategi Pemasaran : Tinjauan dan Agenda Penelitian Berbasis Bibliometrik Mesin Terintegrasi Sanskara Manajemen Dan Bisnis 01 03 204 216 https: doi org 10 58812 smb v1 i03

Suryadharma M Ngurah A Asthiti Q Nugroho A Putro S Rukmana Y Mesra R 2023 Strategi Kolaboratif dalam Mendorong Inovasi Bisnis di Industri Kreatif : Kajian Kualitatif pada Perusahaan Desain Grafis Sanskara Manajemen Dan Bisnis 01 03 172 181 https: doi org 10 58812 smb v1 i03

Widya Pramesti R M 2024 Transformasi Identitas Sosial Era DigitalAnalisis Interaksi Manusia Dalam Pengaruh Media Sosial di LingkunganTB Samson Kabupaten Seputih Agung Lampung Tengah ETIC EDUCATION AND SOCIAL SCIENCE JOURNAL 1 3 160 167 https: naluriedukasi com index php eticjournal article view 17

Published

2024-06-30

How to Cite

Strategi Masyarakat Pemilik Usaha Warung dalam Menghadapi Tantangan Digitalisasi Shopee Lazada Bukalapak dan lainnya di Taratara. (2024). JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education, 5(1), 252 262. https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i1.9849