Strategi Masyarakat Pemilik Usaha Warung dalam Menghadapi Tantangan Digitalisasi (Shopee, Lazada, Bukalapak, dan lainnya) di Taratara

Authors

  • Jenie Posumah Universitas Negeri Manado
  • Didin Syarifuddin STP ARS Internasional
  • Meiske Lasut Universitas Negeri Manado
  • Paulus Robert Tuerah Universitas Negeri Manado
  • Ansela Riantung Universitas Negeri Manado
  • Romi Mesra Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i1.9849

Keywords:

Strategi Masyarakat, Pemilik Usaha Warung, Tantangan Digitalisasi, Shopee, Lazada

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana strategi masyarakat pemilik usaha warung dalam menghadapi tantangan digitalisasi (shopee, lazada, bukalapak, dan lainnya) di Taratara. Metode penelitian kualitatif digunakan dalam penelitian ini untuk menghasilkan gambaran yang menyeluruh, faktual, dan akurat dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Menurut temuan studi lapangan, pemilik usaha warung di Taratara menunjukkan kesadaran dan sikap adaptif terhadap tantangan digitalisasi. Mereka mengakui dampak negatif e-commerce pada pelanggan konvensional, namun juga melihat peluang dalam perubahan ini. Strategi mereka melibatkan pendekatan hibrida: mempelajari dan mengadopsi teknologi digital seperti marketplace dan aplikasi e-commerce, sambil tetap mempertahankan layanan tradisional untuk segmen pelanggan tertentu. Para pemilik warung ini menunjukkan keterbukaan untuk belajar dan beradaptasi, dengan tujuan menjaga relevansi bisnis mereka di era digital tanpa meninggalkan sepenuhnya model bisnis konvensional yang masih bermanfaat bagi sebagian pelanggan.

References

Afif, M., Qusaeri, A., Khasanah, M., & Khasbulloh, R. M. (2023). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Inovasi Pada Perusahaan Teknologi : Studi Deskriptif Pada Startup XYZ Di Kota Bandung. Sanskara Manajemen Dan Bisnis, 01(03), 114–123. https://doi.org/10.58812/smb.v1.i03

Afrizal, M. A. (2014). Metode penelitian kualitatif. Jakatra: PT Raja Grafindo Persada.

Doyle, L., Brady, A.-M., & Byrne, G. (2009). An overview of mixed methods research. Journal of Research in Nursing, 14(2), 175–185.

Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Pres, TT.

Johnson, D. P. (1986). Teori Sosiologi Klasik dan Modern, terjemahan Robert MZ Lawang dari judul asli “. Sociological Theory Classical Founders and Contemporary Perspectives.

Khasbulloh, M. W., Suzano, R., Rukmana, A. Y., & Mesra, R. (2023). Peta Keterkaitan Konsep dalam Penelitian Kepemimpinan Kewirausahaan : Analisis Bibliometrik dan Co-occurrence. Sanskara Manajemen Dan Bisnis, 01(03), 217–228. https://doi.org/10.58812/smb.v1.i03

Mesra, R., & Dolonseda, H. P. (2023). Kolaborasi Perguruan Tinggi , UMKM , dan Masyarakat dari Sudut Pandang. Jurnal Pendidikan Mandala, 8(2), 481–486.

Mesra, R., Korompis, M. E., Tuerah, P. R., & Manado, U. N. (2023). KAJIAN SOSIAL-EKONOMI UMKM WIRELESS FIDELITY ( WI-FI ) DI PERUM MAESA UNIMA. Jurnal Riset Entrepreneurship, 6(2), 1–6. https://doi.org/10.30587/jre.v6i2.6007

Mesra, R., Marsa, Y. J., & Putri, M. E. (2021). Pola Interaksi Pedagang Konsinyasi Dengan Pemilik Warung Di Kecamatan Tondano Selatan, Provinsi Sulawesi Utara. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(3), 1–8. https://doi.org/10.36312/jisip.v5i3.2104

Paramitha, P. S., & Suhartini, D. (2022). Business Resilience pada UMKM di Masa Pandemi Covid-19. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 6(2), 405–409.

Ridwan, I. M. (2019). Penerapan digital marketing sebagai peningkatan pemasaran pada UKM Warung Angkringan “WAGE” Bandung. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 137–142.

Sudirjo, F., Lubis, S. R., Permana, R. M., & Rukmana, Arief Yanto, R. M. (2023). Menuju Pemahaman yang Tepat Tentang Strategi Pemasaran : Tinjauan dan Agenda Penelitian Berbasis Bibliometrik-Mesin Terintegrasi. Sanskara Manajemen Dan Bisnis, 01(03), 204–216. https://doi.org/10.58812/smb.v1.i03

Suryadharma, M., Ngurah, A., Asthiti, Q., Nugroho, A., Putro, S., Rukmana, Y., & Mesra, R. (2023). Strategi Kolaboratif dalam Mendorong Inovasi Bisnis di Industri Kreatif : Kajian Kualitatif pada Perusahaan Desain Grafis. Sanskara Manajemen Dan Bisnis, 01(03), 172–181. https://doi.org/10.58812/smb.v1.i03

Widya Pramesti, R. M. (2024). Transformasi Identitas Sosial Era DigitalAnalisis Interaksi Manusia Dalam Pengaruh Media Sosial di LingkunganTB Samson Kabupaten Seputih Agung, Lampung Tengah. ETIC (EDUCATION AND SOCIAL SCIENCE JOURNAL), 1(3), 160–167. https://naluriedukasi.com/index.php/eticjournal/article/view/17

Published

2024-06-30

How to Cite

Posumah, J. ., Syarifuddin, D. ., Lasut, M. ., Tuerah, P. R. ., Riantung, A., & Mesra, R. (2024). Strategi Masyarakat Pemilik Usaha Warung dalam Menghadapi Tantangan Digitalisasi (Shopee, Lazada, Bukalapak, dan lainnya) di Taratara. JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education, 5(1), 252-262. https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i1.9849