Peran Komunitas Lokal dalam Mempromosikan Keberlanjutan Usaha Pedagang Kecil di Desa Mopolo
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i1.9914Keywords:
Peran, Komunitas Lokal, Usaha Pedagang KecilAbstract
Penelitian ini menganalisis peran komunitas lokal dalam mempromosikan keberlanjutan usaha pedagang kecil di Desa Mopolo Menggunakan pendekatan kualitatif studi ini menggabungkan observasi partisipan dan wawancara mendalam dengan berbagai pemangku kepentingan di desa Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunitas lokal memainkan peran multifaset dalam mendukung pedagang kecil meliputi pemberian dukungan langsung pembentukan nilai nilai bisnis dan fasilitasi kolaborasi ekonomi Temuan utama mengungkapkan bahwa kolaborasi antara pedagang kecil dan komunitas lokal telah memberikan dampak positif signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi desa menciptakan lapangan kerja baru dan meningkatkan pendapatan warga Analisis menggunakan teori modal sosial menunjukkan bahwa kekuatan jaringan sosial dan kepercayaan dalam komunitas menjadi faktor kunci keberhasilan ini Penelitian menyimpulkan bahwa penguatan peran komunitas lokal merupakan strategi efektif dalam mendorong keberlanjutan usaha kecil dan pembangunan ekonomi pedesaan menekankan pentingnya pendekatan berbasis komunitas dalam pengembangan ekonomi lokal < p>
References
Johnson D P 1986 Teori Sosiologi Klasik dan Modern terjemahan Robert MZ Lawang dari judul asli Sociological Theory Classical Founders and Contemporary Perspectives
Khasbulloh M W Suzano R Rukmana A Y Mesra R 2023 Peta Keterkaitan Konsep dalam Penelitian Kepemimpinan Kewirausahaan : Analisis Bibliometrik dan Co occurrence Sanskara Manajemen Dan Bisnis 01 03 217 228 https: doi org 10 58812 smb v1 i03
Mesra R Dolonseda H P 2023 Kolaborasi Perguruan Tinggi UMKM dan Masyarakat dari Sudut Pandang Jurnal Pendidikan Mandala 8 2 481 486
Mesra R Korompis M E Tuerah P R Manado U N 2023 KAJIAN SOSIAL EKONOMI UMKM WIRELESS FIDELITY WI FI DI PERUM MAESA UNIMA Jurnal Riset Entrepreneurship 6 2 1 6 https: doi org 10 30587 jre v6i2 6007
Mesra R Marsa Y J Putri M E 2021 Pola Interaksi Pedagang Konsinyasi Dengan Pemilik Warung Di Kecamatan Tondano Selatan Provinsi Sulawesi Utara JISIP Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan 5 3 1 8 https: doi org 10 36312 jisip v5i3 2104
Mesra R Salem V E T Pijoh F E 2023 Eksistensi Pedagang Angkringan di Benteng Moraya Tondano Pada Bulan Ramadhan Indonesian Journal of Sociology Education and Development 5 2 78 87
Posumah J Syarifuddin D Lasut M Tuerah P R Riantung A Manado U N 2024 Strategi Masyarakat Pemilik Usaha Warung dalam Menghadapi Tantangan Digitalisasi Shopee Lazada Bukalapak dan lainnya di Taratara JURNAL PARADIGMA: JOURNAL OF SOCIOLOGY RESEARCH AND EDUCATION 5 1 252 262 https: doi org 10 53682 jpjsre v5i1 9849
Sugiyono 2019 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R D Alfabeta
Suryadharma M Ngurah A Asthiti Q Nugroho A Putro S Rukmana Y Mesra R 2023 Strategi Kolaboratif dalam Mendorong Inovasi Bisnis di Industri Kreatif : Kajian Kualitatif pada Perusahaan Desain Grafis Sanskara Manajemen Dan Bisnis 01 03 172 181 https: doi org 10 58812 smb v1 i03
Tupamahu M K Tupamahu K H Amnah R Rauf Abd Mesra R 2022 The Existence and Education of Ceramic Craftsmen Society of Polutan Village in the 4 0 Industrial Revolution Era IJECA International Journal of Education and Curriculum Application 5 3 262 273
Umbase R S Sumilat G Mesra R 2023 Women s Suffrage in Indonesia: A Structural Analysis of Women s Representation in Parliament Technium Social Sciences Journal 49 77 83
Widya Pramesti R M 2024 Transformasi Identitas Sosial Era DigitalAnalisis Interaksi Manusia Dalam Pengaruh Media Sosial di LingkunganTB Samson Kabupaten Seputih Agung Lampung Tengah ETIC EDUCATION AND SOCIAL SCIENCE JOURNAL 1 3 160 167 https: naluriedukasi com index php eticjournal article view 17






