Efektivitas Model Fragmented Robin Fogarty dengan Menggunakan Media Podcast Audio Visual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Sosiologi Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i1.9915Keywords:
Efektivitas, Model Fragmented Robin Fogarty, Media Podcast Audio Visual, Pembelajaran SosiologiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penerapan model Fragmented Robin Fogarty dalam bentuk pembelajaran podcast untuk meningkatkan pemahaman konsep sosiologi pada mahasiswa Pendidikan Sosiologi di Universitas Negeri Manado Unima Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif wawancara mendalam dengan dosen dan mahasiswa serta studi dokumen terkait seperti hasil penilaian dan catatan pembelajaran Analisis data dilakukan dengan metode analisis data kualitatif meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Fragmented Robin Fogarty melalui podcast dalam pembelajaran sosiologi menunjukkan hasil yang positif dalam berbagai aspek Metode ini tidak hanya meningkatkan pemahaman konseptual tetapi juga mengembangkan keterampilan belajar yang penting meningkatkan motivasi dan mengadaptasi proses pembelajaran dengan kebutuhan dan preferensi mahasiswa modern Keberhasilan ini mencerminkan bagaimana inovasi dalam metode pembelajaran dapat secara efektif merespons tantangan dalam pendidikan tinggi kontemporer sekaligus mempersiapkan mahasiswa untuk partisipasi aktif dalam masyarakat yang semakin terhubung secara digital< p>
References
Afrizal M A 2014 Metode penelitian kualitatif Jakatra: PT Raja Grafindo Persada
Derung T N 2017 Interaksionisme simbolik dalam kehidupan bermasyarakat SAPA: Jurnal Kateketik Dan Pastoral 2 1 118 131
Hamsah H Sidik S Mesra R Nur R 2023 Tantangan Pendidikan Sosiologi Di Era Industri 4 0 PADARINGAN Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi 5 03 131 138
Jannah R 2014 Jember Fashion Carnival: Konstruksi Identitas dalam Masyarakat Jaringan MASYARAKAT: Jurnal Sosiologi 135 151
Johnson D P 1986 Teori Sosiologi Klasik dan Modern terjemahan Robert MZ Lawang dari judul asli Sociological Theory Classical Founders and Contemporary Perspectives
Karnanta K Y 2013 Paradigma teori arena produksi kultural sastra: Kajian terhadap pemikiran Pierre Bourdieu Jurnal Poetika 1 1
Mayangsari D Tiara D R 2019 Podcast sebagai media pembelajaran di era milenial Jurnal Golden Age 3 02 126 135
Mesra Umaternate F 2021 Application of the Learning Model Baca Dulu Break Out Class Daring and Luring as an Effort to Overcome the Various Obstacles of Online Learning During The Covid 19 Pandemic at UNIMA Sociology Education Study Program Proceeding ICHELSS 2021 639 645 http: journal unj ac id unj index php hispisi article view 22394
Mesra 2022 Persepsi Mahasiswa Pendidikan Sosiologi UNIMA tentang Implementasi Materi Mata Kuliah dalam Kehidupan Sosial Seminar Nasional Sosiologi 3
Mesra P Kuntarto E 2021 Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa di Masa Pandem Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 7 3 177 183
Mesra R 2021 Pengantar Sosiologi Umum menelusuri Kajian kajian Sosiologi Deepublish Publisher
Moleong L J Edisi P 2004 Metodelogi penelitian Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya
Pahrudin A 2017 THE IMPLEMENTATION OF INTEGRATED LEARNING MODEL TO INCREASE THINKING SKILLS AND UNDERSTANDING OF CONCEPTS IN ISLAMIC EDUCATION AND SCIENCE OF MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI MTSN IN BANDAR LAMPUNG CITY
RAHO B 2020 Teori Rasionalisasi Max Weber Seri Kuliah Online Sosiologi 15
Sabila A M 2023 Islamic Education Curriculum Development: Robin Fogarty s Integration Model Proceeding of Annual International Conference on Islamic Education 1 64 72
Saepuloh M F Nurwahidah L S Kartini A 2021 Media Pembelajaran Podcast Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Caraka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Bahasa Daerah 10 2 107 116






