Efektivitas Model Fragmented Robin Fogarty dengan Menggunakan Media Podcast Audio Visual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Sosiologi Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i1.9915Keywords:
Efektivitas, Model Fragmented Robin Fogarty, Media Podcast Audio Visual, Pembelajaran SosiologiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penerapan model Fragmented Robin Fogarty dalam bentuk pembelajaran podcast untuk meningkatkan pemahaman konsep sosiologi pada mahasiswa Pendidikan Sosiologi di Universitas Negeri Manado (Unima). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan dosen dan mahasiswa, serta studi dokumen terkait seperti hasil penilaian dan catatan pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan metode analisis data kualitatif, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Fragmented Robin Fogarty melalui podcast dalam pembelajaran sosiologi menunjukkan hasil yang positif dalam berbagai aspek. Metode ini tidak hanya meningkatkan pemahaman konseptual, tetapi juga mengembangkan keterampilan belajar yang penting, meningkatkan motivasi, dan mengadaptasi proses pembelajaran dengan kebutuhan dan preferensi mahasiswa modern. Keberhasilan ini mencerminkan bagaimana inovasi dalam metode pembelajaran dapat secara efektif merespons tantangan dalam pendidikan tinggi kontemporer, sekaligus mempersiapkan mahasiswa untuk partisipasi aktif dalam masyarakat yang semakin terhubung secara digital
References
Afrizal, M. A. (2014). Metode penelitian kualitatif. Jakatra: PT Raja Grafindo Persada.
Derung, T. N. (2017). Interaksionisme simbolik dalam kehidupan bermasyarakat. SAPA: Jurnal Kateketik Dan Pastoral, 2(1), 118–131.
Hamsah, H., Sidik, S., Mesra, R., & Nur, R. (2023). Tantangan Pendidikan Sosiologi Di Era Industri 4.0. PADARINGAN (Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi), 5(03), 131–138.
Jannah, R. (2014). Jember Fashion Carnival: Konstruksi Identitas dalam Masyarakat Jaringan. MASYARAKAT: Jurnal Sosiologi, 135–151.
Johnson, D. P. (1986). Teori Sosiologi Klasik dan Modern, terjemahan Robert MZ Lawang dari judul asli “. Sociological Theory Classical Founders and Contemporary Perspectives.
Karnanta, K. Y. (2013). Paradigma teori arena produksi kultural sastra: Kajian terhadap pemikiran Pierre Bourdieu. Jurnal Poetika, 1(1).
Mayangsari, D., & Tiara, D. R. (2019). Podcast sebagai media pembelajaran di era milenial. Jurnal Golden Age, 3(02), 126–135.
Mesra, Umaternate, F. (2021). Application of the Learning Model “Baca Dulu” Break Out Class Daring and Luring as an Effort to Overcome the Various Obstacles of Online Learning During The Covid-19 Pandemic at UNIMA Sociology Education Study Program. Proceeding ICHELSS 2021, 639–645. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/hispisi/article/view/22394
Mesra. (2022). Persepsi Mahasiswa Pendidikan Sosiologi UNIMA tentang Implementasi Materi Mata Kuliah dalam Kehidupan Sosial. Seminar Nasional Sosiologi, 3.
Mesra, P., & Kuntarto, E. (2021). Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa di Masa Pandem. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(3), 177–183.
Mesra, R. (2021). Pengantar Sosiologi Umum (menelusuri Kajian-kajian Sosiologi). Deepublish Publisher.
Moleong, L. J., & Edisi, P. (2004). Metodelogi penelitian. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya.
Pahrudin, A. (2017). THE IMPLEMENTATION OF INTEGRATED LEARNING MODEL TO INCREASE THINKING SKILLS AND UNDERSTANDING OF CONCEPTS IN ISLAMIC EDUCATION AND SCIENCE OF MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTSN) IN BANDAR LAMPUNG CITY.
RAHO, B. (2020). Teori Rasionalisasi Max Weber-Seri Kuliah Online Sosiologi 15.
Sabila, A. M. (2023). Islamic Education Curriculum Development: Robin Fogarty’s Integration Model. Proceeding of Annual International Conference on Islamic Education, 1, 64–72.
Saepuloh, M. F., Nurwahidah, L. S., & Kartini, A. (2021). Media Pembelajaran Podcast Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi. Caraka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Bahasa Daerah, 10(2), 107–116.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.