Modal Sosial Pedagang Canang di Pasar Sanglah, Denpasar

Authors

  • Gede Kamajaya Universitas Udayana
  • Wahyu Budi Nugroho Universitas Udayana

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpjsre.v6i1.9975

Keywords:

Sanglah Market Denpasar, Canang Seller, Social Capital.

Abstract

Bergesernya masyarakat Bali dari agraris atau tradisional menuju masyarakat industri jasa atau     masyarakat modern menjadi peluang bagi sebagian orang untuk menyiapkan kebutuhan sehari-hari masyarakat Bali perkotaan. Sebagai misal, tingginya angka kebutuhan masyarakat Bali pada sarana upacara melahirkan profesi baru sebagai pedagang canang. Yang menarik dari aktivitas ekonomi antar pedagang canang, konsumen dan suplayer ini tidak berjalan mengikuti logika ekonomi undersocialized. Dimana, logika undersozialized ini mengesampaikan peran nilai-norma, adat dan tata laku yang seringkali melekat dalam aktivitas ekonomi. Tindakan ekonomi antar pedagang canang di Pasar Sanglah, Denpasar, suplayer dan konsumen justru seringkali berlangsung karena ketermelekatan mereka pada nilai-nilai sosial dan norma sebagai masyarakat ketimuran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif sebagai analisis untuk mengetahui bagaimana modal sosial pedagang canang di Pasar Sanglah, Denpasar. Hal ini penting dilakukan mengingat strategi aktivitas ekonomi ini bisa digunakan menjadi role model dalam pengembangan aktivitas ekonomi dan kebijakan pada sektor lain sehingga ekonomi mikro dan makro masyrakat Bali bisa terus berkembang dan menjadi peluang bagi usaha kecil menengah lainnya di Bali untuk tumbuh.

References

Andriani, Kadek Della dan Ni Putu Martini Dewi. (2014). “Peranan Perempuan Bali Dalam Meningkatlan Pendapatan Rumah Tangga Melalui Penjualan Sarana Upakar (Studi Kasus Pedagang Sarana Upakara Di Pasar Badung).” E- Jurnal EP Unud 3(10):467–75.

Bourdieu, P. (1986). The Form Of Capital. Dalam J.G. New York: Greenwood Press.

Damsar. (2009). Pengantar Sosiologi Ekonomi. Jakarta: Kencana Media group.

Darma, I. D. (2008). “Upacara Agama Hindu Di Bali Dalam Perspektif Pendidikan Konservasi Tum-Buhan (Suatu Kajian Pustaka).” UPT Balai Kon-Servasi Tumbuhan Kebun Raya “Eka Karya” Bali–LIPI.

Field, Jhon. (2016). Modal Sosial. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Hardani, Dhika Juliana Sukmana, Evi Fatmi Utami, Helmina Andriani, Jumari Ustiawaty, Nur Hikmah Auliya, Ria Rahmatul Istiqomah, Roushandy Asri Fardani. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu Group Yogyakarta.

Ibrahim. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Kartono, Kartini. (1986). Pengantar Metodologi Riset Sosial. Bandung: Alumni Bandung.

Kebayantini, Ni Nyoman. (2013). Komodifikasi Upacara Ngaben. Denpasar: Udayana Press.

Koentjoro. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Salemba Humanika.

Polanyi, Michael. (2001). Kajian Tentang Manusia. Yogyakarta: Kanisius.

Putnam, R. (1995). “Bowling Alone: America Declining Social Capital.” Jurnal of Sosial Democracy 6(1):65–78. doi: https://doi.org/10.1353/jod.1995.0002.

Raga, Gede, and I Wayan Mudana. (2013). “Modal Sosial Dalam Pengintegrasian Masyarakat Multietnis Pada Masyarakat Desa Pakraman Di Bali.” Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora. 2(2):209–21.

Ritzer, George dan Douglas J. Goodman. (2010). Teori Sosiologi. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Rustariyuni, Surya Dewi. (2015). “Analisis Tingkat Pendapatan Pedagang Canang Di Pasar Badung.” JEJAK: Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan 4(2):144–53.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyanto dan Sutinah. (2005). Metode Penelitian Sosial Berbagai Alternatif Pendekatan. Jakarta: Kencana.

Yasa, I. Komang Widya Purnama, Ni Putu Ari Aryawati, I. Made Ngurah Oka Mahardika, Nengah Sukendri, I. Gede Jaya Satria Wibawa, Ni Luh Putu Anom Pancawati, and Ni Wayan Kartika Khaecylia Tamara. (2023). “Manajemen UMKM Dan Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Usaha Katik Sate Dan Canang Di Banjar Karya Sidhadharma.” Dharma Sevanam : Jurnal Pengabdian

Published

2025-06-11

How to Cite

Kamajaya, G., & Nugroho, W. B. . (2025). Modal Sosial Pedagang Canang di Pasar Sanglah, Denpasar. JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education, 6(1), 391-402. https://doi.org/10.53682/jpjsre.v6i1.9975