Modal Sosial Pedagang Canang di Pasar Sanglah Denpasar

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpjsre.v6i1.9975

Keywords:

Sanglah Market Denpasar, Canang Seller, Social Capital.

Abstract

Bergesernya masyarakat Bali dari agraris atau tradisional menuju masyarakat industri jasa atau masyarakat modern menjadi peluang bagi sebagian orang untuk menyiapkan kebutuhan sehari hari masyarakat Bali perkotaan Sebagai misal tingginya angka kebutuhan masyarakat Bali pada sarana upacara melahirkan profesi baru sebagai pedagang canang< em> Yang menarik dari aktivitas ekonomi antar pedagang canang< em> konsumen dan suplayer ini tidak berjalan mengikuti logika ekonomi undersocialized < em>Dimana logika undersozialized< em> ini mengesampaikan peran nilai norma adat dan tata laku yang seringkali melekat dalam aktivitas ekonomi Tindakan ekonomi antar pedagang canang< em> di Pasar Sanglah Denpasar suplayer dan konsumen justru seringkali berlangsung karena ketermelekatan mereka pada nilai nilai sosial dan norma sebagai masyarakat ketimuran Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif sebagai analisis untuk mengetahui bagaimana modal sosial pedagang canang< em> di Pasar Sanglah Denpasar Hal ini penting dilakukan mengingat strategi aktivitas ekonomi ini bisa digunakan menjadi role< em> model dalam pengembangan aktivitas ekonomi dan kebijakan pada sektor lain sehingga ekonomi mikro dan makro masyrakat Bali bisa terus berkembang dan menjadi peluang bagi usaha kecil menengah lainnya di Bali untuk tumbuh < p>

References

Andriani Kadek Della dan Ni Putu Martini Dewi 2014 Peranan Perempuan Bali Dalam Meningkatlan Pendapatan Rumah Tangga Melalui Penjualan Sarana Upakar Studi Kasus Pedagang Sarana Upakara Di Pasar Badung E Jurnal EP Unud 3 10 :467 75

Bourdieu P 1986 The Form Of Capital Dalam J G New York: Greenwood Press

Damsar 2009 Pengantar Sosiologi Ekonomi Jakarta: Kencana Media group

Darma I D 2008 Upacara Agama Hindu Di Bali Dalam Perspektif Pendidikan Konservasi Tum Buhan Suatu Kajian Pustaka UPT Balai Kon Servasi Tumbuhan Kebun Raya Eka Karya Bali LIPI

Field Jhon 2016 Modal Sosial Yogyakarta: Kreasi Wacana

Hardani Dhika Juliana Sukmana Evi Fatmi Utami Helmina Andriani Jumari Ustiawaty Nur Hikmah Auliya Ria Rahmatul Istiqomah Roushandy Asri Fardani 2020 Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif Yogyakarta: Pustaka Ilmu Group Yogyakarta

Ibrahim 2015 Metodologi Penelitian Kualitatif Bandung: Alfabeta

Kartono Kartini 1986 Pengantar Metodologi Riset Sosial Bandung: Alumni Bandung

Kebayantini Ni Nyoman 2013 Komodifikasi Upacara Ngaben Denpasar: Udayana Press

Koentjoro 2014 Metodologi Penelitian Kualitatif Jakarta: Salemba Humanika

Polanyi Michael 2001 Kajian Tentang Manusia Yogyakarta: Kanisius

Putnam R 1995 Bowling Alone: America Declining Social Capital Jurnal of Sosial Democracy 6 1 :65 78 doi: https: doi org 10 1353 jod 1995 0002

Raga Gede and I Wayan Mudana 2013 Modal Sosial Dalam Pengintegrasian Masyarakat Multietnis Pada Masyarakat Desa Pakraman Di Bali Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora 2 2 :209 21

Ritzer George dan Douglas J Goodman 2010 Teori Sosiologi Yogyakarta: Kreasi Wacana

Rustariyuni Surya Dewi 2015 Analisis Tingkat Pendapatan Pedagang Canang Di Pasar Badung JEJAK: Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan 4 2 :144 53

Sugiyono 2010 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R D Bandung: Alfabeta

Suyanto dan Sutinah 2005 Metode Penelitian Sosial Berbagai Alternatif Pendekatan Jakarta: Kencana

Yasa I Komang Widya Purnama Ni Putu Ari Aryawati I Made Ngurah Oka Mahardika Nengah Sukendri I Gede Jaya Satria Wibawa Ni Luh Putu Anom Pancawati and Ni Wayan Kartika Khaecylia Tamara 2023 Manajemen UMKM Dan Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Usaha Katik Sate Dan Canang Di Banjar Karya Sidhadharma Dharma Sevanam : Jurnal Pengabdian

Published

2025-06-11

How to Cite

Modal Sosial Pedagang Canang di Pasar Sanglah Denpasar. (2025). JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education, 6(1), 391 402. https://doi.org/10.53682/jpjsre.v6i1.9975