Modal Sosial Pedagang Canang di Pasar Sanglah Denpasar
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpjsre.v6i1.9975Keywords:
Sanglah Market Denpasar, Canang Seller, Social Capital.Abstract
Bergesernya masyarakat Bali dari agraris atau tradisional menuju masyarakat industri jasa atau masyarakat modern menjadi peluang bagi sebagian orang untuk menyiapkan kebutuhan sehari hari masyarakat Bali perkotaan Sebagai misal tingginya angka kebutuhan masyarakat Bali pada sarana upacara melahirkan profesi baru sebagai pedagang canang< em> Yang menarik dari aktivitas ekonomi antar pedagang canang< em> konsumen dan suplayer ini tidak berjalan mengikuti logika ekonomi undersocialized < em>Dimana logika undersozialized< em> ini mengesampaikan peran nilai norma adat dan tata laku yang seringkali melekat dalam aktivitas ekonomi Tindakan ekonomi antar pedagang canang< em> di Pasar Sanglah Denpasar suplayer dan konsumen justru seringkali berlangsung karena ketermelekatan mereka pada nilai nilai sosial dan norma sebagai masyarakat ketimuran Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif sebagai analisis untuk mengetahui bagaimana modal sosial pedagang canang< em> di Pasar Sanglah Denpasar Hal ini penting dilakukan mengingat strategi aktivitas ekonomi ini bisa digunakan menjadi role< em> model dalam pengembangan aktivitas ekonomi dan kebijakan pada sektor lain sehingga ekonomi mikro dan makro masyrakat Bali bisa terus berkembang dan menjadi peluang bagi usaha kecil menengah lainnya di Bali untuk tumbuh < p>
References
Andriani Kadek Della dan Ni Putu Martini Dewi 2014 Peranan Perempuan Bali Dalam Meningkatlan Pendapatan Rumah Tangga Melalui Penjualan Sarana Upakar Studi Kasus Pedagang Sarana Upakara Di Pasar Badung E Jurnal EP Unud 3 10 :467 75
Bourdieu P 1986 The Form Of Capital Dalam J G New York: Greenwood Press
Damsar 2009 Pengantar Sosiologi Ekonomi Jakarta: Kencana Media group
Darma I D 2008 Upacara Agama Hindu Di Bali Dalam Perspektif Pendidikan Konservasi Tum Buhan Suatu Kajian Pustaka UPT Balai Kon Servasi Tumbuhan Kebun Raya Eka Karya Bali LIPI
Field Jhon 2016 Modal Sosial Yogyakarta: Kreasi Wacana
Hardani Dhika Juliana Sukmana Evi Fatmi Utami Helmina Andriani Jumari Ustiawaty Nur Hikmah Auliya Ria Rahmatul Istiqomah Roushandy Asri Fardani 2020 Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif Yogyakarta: Pustaka Ilmu Group Yogyakarta
Ibrahim 2015 Metodologi Penelitian Kualitatif Bandung: Alfabeta
Kartono Kartini 1986 Pengantar Metodologi Riset Sosial Bandung: Alumni Bandung
Kebayantini Ni Nyoman 2013 Komodifikasi Upacara Ngaben Denpasar: Udayana Press
Koentjoro 2014 Metodologi Penelitian Kualitatif Jakarta: Salemba Humanika
Polanyi Michael 2001 Kajian Tentang Manusia Yogyakarta: Kanisius
Putnam R 1995 Bowling Alone: America Declining Social Capital Jurnal of Sosial Democracy 6 1 :65 78 doi: https: doi org 10 1353 jod 1995 0002
Raga Gede and I Wayan Mudana 2013 Modal Sosial Dalam Pengintegrasian Masyarakat Multietnis Pada Masyarakat Desa Pakraman Di Bali Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora 2 2 :209 21
Ritzer George dan Douglas J Goodman 2010 Teori Sosiologi Yogyakarta: Kreasi Wacana
Rustariyuni Surya Dewi 2015 Analisis Tingkat Pendapatan Pedagang Canang Di Pasar Badung JEJAK: Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan 4 2 :144 53
Sugiyono 2010 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R D Bandung: Alfabeta
Suyanto dan Sutinah 2005 Metode Penelitian Sosial Berbagai Alternatif Pendekatan Jakarta: Kencana
Yasa I Komang Widya Purnama Ni Putu Ari Aryawati I Made Ngurah Oka Mahardika Nengah Sukendri I Gede Jaya Satria Wibawa Ni Luh Putu Anom Pancawati and Ni Wayan Kartika Khaecylia Tamara 2023 Manajemen UMKM Dan Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Usaha Katik Sate Dan Canang Di Banjar Karya Sidhadharma Dharma Sevanam : Jurnal Pengabdian






