Efektivitas Kualitas Pelayananan dan Promosi terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan pada Gunung Papandayan Kabupaten Garut dengan Brand Image Sebagai Variabel Mediasi

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i2.9976

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Promosi, Brand Image, Keputusan Berkunjung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami seberapa besar efektivitas kualitas pelayanan promosi pada keputusan berkunjung wisatawan pada Gunung Papandayan Kabupaten Garut dengan brand< em> image< em> sebagai variabel mediasi Penelitian kuantitatif yang menggunakan proses pengumpulan data lewat survei dan penyebaran kuesioner Sistem pengambilan sampel memakai non probability< em> sampling< em> Populasi pada penelitian ini ialah wisatawan Gunung Papandayan Kabupaten Garut yang pernah berkunjung pada tahun 2023 sebanyak 160 226 orang Sampel yang didapatkan 100 orang responden dengan memakai rumus slovin Metode analisis data yang dipakai ialah smartpls< em> 3 Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa variabel kualitas pelayanan punya efek positif yang signifikan pada keputusan berkunjung Gunung Papandayan kabupaten Garut Variabel promosi punya efek positif yang signifikan pada keputusan berkunjung Gunung Papandayan kabupaten Garut Variabel kualitas pelayanan punya efek positif yang signifikan pada brand image < em>Gunung Papandayan kabupaten Garut Variabel promosi punya efek positif yang signifikan pada brand image < em>Gunung Papandayan kabupaten Garut Variabel brand image < em>punya efek positif yang signifikan pada keputusan berkunjung Gunung Papandayan kabupaten Garut Variabel brand image< em> memediasi pengaruh kualitas pelayanan pada keputusan berkunjung Dan variabel brand image< em> memediasi pengaruh promosi pada keputusan berkunjung Kontribusi variabel independen kualitas pelayanan dan promosi pada variabel brand image< em> ialah sebesar 61 7 sementara itu sisanya 38 3 dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini Sementara itu kontribusi variabel eksogen kualitas pelayanan promosi dan brand image< em> pada variabel endogen keputusan berkunjung ialah sebesar 77 6 sementara itu sisanya 22 4 dipengaruhi oleh diluar penelitian ini < p>

Author Biographies

  • Wati Susilawati, Universitas Garut

    Program Studi Pariwisata, Fakultas Ekonomi, Universitas Garut

  • Dani Adiatma, Universitas Garut

    Program Studi Pariwisata, Fakultas Ekonomi, Universitas Garut

References

Adam M Sofyan H 2017 The Relationship of Perceived Value Service Quality Brand Trust and Brand Loyalty Expert Journal of Marketing 5 2 72 77

Adi Juniantara dan Tjokorda S 2018 Pengaruh Persepsi Harga Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen dan Dampaknya terhadap Loyalitas Konsumen Jurnal Manajemen Unud Vol 7 1 iii vii https: doi org 10 1016 j jns 2018 09 022 0Ahttp: dx doi org 10 1016 j ejphar 2009 04 058 0Ahttp: dx doi org 10 1016 j brainres 2015 10 001 0Ahttp: www pubmedcentral nih gov articlerender fcgi?artid=2854659 tool=pmcentrez rendertype=abstract 0Ahttp: w

Anang Firmansyah 2019 Pemasaran Produk Dan Merek Planning Strategy CV PENERBIT QIARA MEDIA 1 336

Apriani 2022 Pengaruh Kualitas Pelayanan Persepsi Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Menginap Di Morrissey Hotel Jakarta Pengaruh Kualitas Pelayanan Persepsi Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Menginap Di Morrissey Hotel Jakarta 1 8 5 2017 2003 2005

Armayani A Jatra I M 2019 Peran Brand Image Memediasi Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Di Kota Denpasar E Jurnal Manajemen Universitas Udayana 8 8 5222 https: doi org 10 24843 ejmunud 2019 v08 i08 p20

Batlajery S And Alfons M 2019 2019 Analysis Of The Effect Of Public Relation And Sales Promotion On Decision Making Processes For Buying Water Refills In Merauke 10 03 759 765

Garaika D 2019 Metodologi Penelitian CV HIRA TECH

Ghozali Iman and H L 2020 2020 Partial Least Square Konsep Teknik Dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3 0 Edisi 2 Badan Penerbit Undip

Ida Bagus Putra Pradnyana I G N P 2021 Pengaruh Harga Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Brand Image Grab Dengan Kepuasan Konsumen Suryanata Denpasar 2021

Indrasari M 2019 Indrasari 2019 Pdf

Kumar H Singh M K Gupta M P Madaan J 2020 2020 Moving towards smart cities: Solutions that lead to the Smart City Transformation Framework Technological Forecasting and Social Change 153 October 153 1 16 http: dx doi org 10 1016 j jaad 2013 01 032

Parapat D 2018 Pengaruh Lokasi Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Museum Sultan Mahmud Badarudin II Palembang E Journal Manajemen STIE MDP x 1 11 https: core ac uk download pdf 153523872 pdf

Putra P P A 2021 Pengaruh City Branding Dan City Image Terhadap Keputusan Berkunjung Dan Minat Berkunjung Kembali Ke Objek Wisata Heritage Di Kota Denpasar Tulisan Ilmiah Pariwisata TULIP 4 2 51 https: doi org 10 31314 tulip 4 2 51 64 2021

Qomariah N 2020 Pengaruh Word of Mouth Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Restoran Running Korean Street Food Di Mall Plaza Mulia Samarinda Jurnal Administrasi Bisnis Fisipol Unmul 8 1 35 https: doi org 10 54144 jadbis v8i1 3153

Sagala S Yasaditama H I 2012 Hazard and Disaster Risk Anlaysis of Papandayan Volcano Case Study: Cisurupan Garut Regency Forum Geograf Hazard and Disaster Risk Anlaysis of Papandayan Volcano Case Study: Cisurupan Garut Regency 66 37 39

Sugiyono 2019 Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R D Alfabeta

Sulistyawati E Tihurua E F 2019 Analysis of the condition of forest interior and edge in Mount Papandayan West Java Indonesia based on floristiccompositionand structural characteristicsof tree community Biodiversitas 20 3 900 906 http: scioteca caf com bitstream handle 123456789 1091 RED2017 Eng 8ene pdf?sequence=12 isAllowed=y 0Ahttp: dx doi org 10 1016 j regsciurbeco 2008 06 005 0Ahttps: www researchgate net publication 305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Tjiptono F 2015 Strategi Pemasaran CV Andi Offset

Wibowo S Rusmana O Zuhelfa Z 2017 Pengembangan Ekonomi Melalui Sektor Pariwisata Tourism Jurnal Kepariwisataan 1 2 1 14 https: doi org 10 34013 jk v1i2 13

Widiastutik R 2019 Analisis Pengaruh Viral Marketing dan Fasilitas Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Studi Pada Wisata Religi Masjid Safinatun Najah Jurusan Teknik Kimia USU 5 1 47 55

Wijaya A 2019 Metode Penelitian Menggunakan Smart Pls 03 Innosain

Published

2024-12-27

How to Cite

Efektivitas Kualitas Pelayananan dan Promosi terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan pada Gunung Papandayan Kabupaten Garut dengan Brand Image Sebagai Variabel Mediasi. (2024). JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education, 5(2), 778 788. https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i2.9976