Efektivitas Kualitas Pelayananan dan Promosi terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan pada Gunung Papandayan Kabupaten Garut dengan Brand Image Sebagai Variabel Mediasi
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i2.9976Keywords:
Kualitas Pelayanan, Promosi, Brand Image, Keputusan BerkunjungAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami seberapa besar efektivitas kualitas pelayanan, promosi pada keputusan berkunjung wisatawan pada Gunung Papandayan Kabupaten Garut dengan brand image sebagai variabel mediasi. Penelitian kuantitatif yang menggunakan proses pengumpulan data lewat survei dan penyebaran kuesioner. Sistem pengambilan sampel memakai non-probability sampling. Populasi pada penelitian ini ialah wisatawan Gunung Papandayan Kabupaten Garut yang pernah berkunjung pada tahun 2023 sebanyak 160,226 orang. Sampel yang didapatkan 100 orang responden dengan memakai rumus slovin. Metode analisis data yang dipakai ialah smartpls 3. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa variabel kualitas pelayanan punya efek positif yang signifikan pada keputusan berkunjung Gunung Papandayan kabupaten Garut. Variabel promosi punya efek positif yang signifikan pada keputusan berkunjung Gunung Papandayan kabupaten Garut. Variabel kualitas pelayanan punya efek positif yang signifikan pada brand image Gunung Papandayan kabupaten Garut. Variabel promosi punya efek positif yang signifikan pada brand image Gunung Papandayan kabupaten Garut. Variabel brand image punya efek positif yang signifikan pada keputusan berkunjung Gunung Papandayan kabupaten Garut. Variabel brand image memediasi pengaruh kualitas pelayanan pada keputusan berkunjung. Dan variabel brand image memediasi pengaruh promosi pada keputusan berkunjung. Kontribusi variabel independen kualitas pelayanan dan promosi pada variabel brand image ialah sebesar 61,7% sementara itu sisanya 38,3% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Sementara itu kontribusi variabel eksogen kualitas pelayanan, promosi dan brand image pada variabel endogen keputusan berkunjung ialah sebesar 77,6% sementara itu sisanya 22,4% dipengaruhi oleh diluar penelitian ini.
References
Adam, M., & Sofyan, H. (2017). The Relationship of Perceived Value, Service Quality , Brand Trust , and Brand Loyalty . Expert Journal of Marketing, 5(2), 72–77.
Adi, Juniantara dan Tjokorda, S. (2018). Pengaruh Persepsi Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen dan Dampaknya terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Manajemen Unud. Vol., 7(1), iii–vii. https://doi.org/10.1016/j.jns.2018.09.022%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.ejphar.2009.04.058%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.brainres.2015.10.001%0Ahttp://www.pubmedcentral.nih.gov/articlerender.fcgi?artid=2854659&tool=pmcentrez&rendertype=abstract%0Ahttp://w
Anang Firmansyah. (2019). Pemasaran Produk Dan Merek (Planning & Strategy) CV. PENERBIT QIARA MEDIA. 1–336.
Apriani. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Menginap Di Morrissey Hotel Jakarta. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Menginap Di Morrissey Hotel Jakarta, 1(8.5.2017), 2003–2005.
Armayani, A., & Jatra, I. M. (2019). Peran Brand Image Memediasi Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(8), 5222. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i08.p20
Batlajery, S. And Alfons, M. (2019). (2019). Analysis Of The Effect Of Public Relation And Sales Promotion On Decision Making Processes For Buying Water Refills In Merauke. 10(03), 759–765.
Garaika, D. (2019). Metodologi Penelitian. CV. HIRA TECH.
Ghozali, Iman, and H. L. 2020. (2020). Partial Least Square Konsep, Teknik Dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0. Edisi 2. Badan Penerbit- Undip.
Ida Bagus, Putra Pradnyana, I. G. N. P. (2021). Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Brand Image Grab Dengan Kepuasan Konsumen Suryanata. Denpasar. 2021.
Indrasari, M. (2019). Indrasari, 2019.Pdf.
Kumar, H., Singh, M. K., Gupta, M. P., & Madaan, J. (2020). (2020). Moving towards smart cities: Solutions that lead to the Smart City Transformation Framework. Technological Forecasting and Social Change, 153(October, 153, 1–16. http://dx.doi.org/10.1016/j.jaad.2013.01.032
Parapat, D. (2018). Pengaruh, Lokasi, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Museum Sultan Mahmud Badarudin II Palembang. E-Journal Manajemen STIE MDP, x, 1–11. https://core.ac.uk/download/pdf/153523872.pdf
Putra, P. P. A. (2021). Pengaruh City Branding Dan City Image Terhadap Keputusan Berkunjung Dan Minat Berkunjung Kembali Ke Objek Wisata Heritage Di Kota Denpasar. Tulisan Ilmiah Pariwisata (TULIP), 4(2), 51. https://doi.org/10.31314/tulip.4.2.51-64.2021
Qomariah, N. (2020). Pengaruh Word of Mouth Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Restoran Running Korean Street Food Di Mall Plaza Mulia Samarinda. Jurnal Administrasi Bisnis Fisipol Unmul, 8(1), 35. https://doi.org/10.54144/jadbis.v8i1.3153
Sagala, S., & Yasaditama, H. I. (2012). Hazard and Disaster Risk Anlaysis of Papandayan Volcano (Case Study: Cisurupan, Garut Regency). Forum Geograf. Hazard and Disaster Risk Anlaysis of Papandayan Volcano (Case Study: Cisurupan, Garut Regency), 66, 37–39.
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Sulistyawati, E., & Tihurua, E. F. (2019). Analysis of the condition of forest interior and edge in Mount Papandayan, West Java, Indonesia based on floristiccompositionand structural characteristicsof tree community. Biodiversitas, 20(3), 900–906. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. CV Andi Offset.
Wibowo, S., Rusmana, O., & Zuhelfa, Z. (2017). Pengembangan Ekonomi Melalui Sektor Pariwisata Tourism. Jurnal Kepariwisataan, 1(2), 1–14. https://doi.org/10.34013/jk.v1i2.13
Widiastutik, R. (2019). Analisis Pengaruh Viral Marketing dan Fasilitas Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung (Studi Pada Wisata Religi Masjid Safinatun Najah). Jurusan Teknik Kimia USU, 5(1), 47–55.
Wijaya, A. (2019). Metode Penelitian Menggunakan Smart Pls 03. Innosain.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.