Citra Destinasi dan Aksesibilitas pada Kepuasan Wisatawan di Karacak Valley Garut

Authors

  • Ghendoek Sheila Putri Universitas Garut
  • Rohimat Nurhasan
  • Dani Adiatma Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i2.9977

Keywords:

Aksesibilitas, Citra Destinasi, Kepuasan Wisatawan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji bagaimana kepuasan pengunjung pada destinasi wisata Lembah Karacak Garut dipengaruhi oleh citra destinasi dan aksesibilitas. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Dengan menggunakan teknik purposive sampling yang dipadukan dengan pendekatan nonprobability sampling , metode pengumpulan data meliputi survei, wawancara, dan penyebaran kuesioner kepada 100 responden. Untuk mengetahui sejauh mana citra destinasi dan aksesibilitas mempengaruhi kepuasan pengunjung pada objek wisata Lembah Karacak Garut, dalam penelitian ini digunakan analisis teknik PLS-SEM. Temuan penelitian menunjukkan bahwa, di Karacak Valley Garut, kepuasan wisatawan dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh citra destinasi dan aksesibilitas. Pada variabel Citra Destinasi indikator Unique Image mengenai keindahan alam yang memiliki nilai paling tinggi yang berarti sangat berperan besar dalam Citra Destinasi di Karacak Valley Garut. Pada variabel Aksesibilitas indikator akses kondisi jalan menuju obyek wisata yang memiliki nilai paling tinggi yang berarti sangat berperan besar dalam Aksesibilitas di Karacak Valley Garut.

Author Biographies

Rohimat Nurhasan

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi

Universitas Garut

Dani Adiatma, Universitas Garut

Program Studi Pariwisata

Fakultas Ekonomi

Universitas Garut

References

Abdillah, F., Afiff, A. Z., Hijrah Hati, S. R., & Furinto, A. (2022). Kisah destinasi lokal untuk pemulihan citra destinasi yang terdampak krisis Covid-19: bukti dari Indonesia. Heliyon, 8(6). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e09784

Adiatma, D., Susilawati, W., & Anggraeni, W. (2024). Pengaruh Accessibility Dan Social Media Marketing Pada Minat Berkunjung Kembali Di Objek Wisata Taman Wisata Alam Talaga Bodas. Jurnal Industri Pariwisata, 6(2), 190–203. https://doi.org/10.36441/pariwisata.v6i2.1757

Agus, M., Saefullah, S., Iskandar, R., & Rusmana, O. (2023). Strategi Pengembangan Potensi Wisata Alam Puncak Lendra Desa Neglasari Kabupaten Garut. 2022, 437–448.

Alana, P. R., & Putro, T. A. (2020). Pengaruh Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wisatawan Pada Goa Lowo Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan …, 180–194. http://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/481

Amna, S., Zati, M. R., Amilia, S., Program, ), Manajemen, S., Ekonomi, F., Samudra, U., Jl, L., & Thayeb, S. (2022). Pengaruh Aksesibilitas, Citra Destinasi Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan Pada Objek Wisata Pantan Terong Aceh Tengah. JIM: Manajerial Terapan, 278(2), 278–287.

Caroline, C. (2021). PENGARUH CITRA DESTINASI TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN DAN BEHAVIORAL INTENTION. https://profit.ub.ac.id

Coban. (2012). The effects of the image of destination on tourist satisfaction and loyalty:the case of Cappadocia. European Journal of Social Sciences, 29 (2), 222–232.

Daffa, K. Van, & Ratnasari, I. (2022). Pengaruh Citra Destinasi dan Promosi Terhadap Kepuasan Wisatawan di Puncak Sempur Kabupaten Karawang.

Daulay. (2022). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Fasilitas Dan Aksesibilitas Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Objek Wisata Pantai Bali Lestari. Jurnal Creative Agung. http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/creativeagung/article/view/1529

Geodesi, T., Teknologi, I., & Bandung, N. (2023). Visualisasi Sebaran Objek Wisata Di Kabupaten Garut Menggunakan WEBGIS. 985–990.

Ghozali & Latan. (2020). Partial Least Square: Konsep, Metode, dan Aplikasi menggunakan program WarpPLS 5.0. Badan Penerbit Universitas Diponogoro.

Hair et al. (2021). Partial Least Squares Structural Equation Modeling (Pls-Sem) Using R A Workbook. In Classroom Companion.

Hanifah, H. S. (2022). Peran Digital Marketing Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan dalam Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Garut : Store Atmosfer Variabel Moderating. Jurnal Algoritma, 18(2), 424–432. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.18-2.1033

Kristanti, D., Budiarto, W., & Wibowo, N. M. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Aksesbilitas Terhadap Loyalitas Pasien Di Ruang Cempaka Rumah Sakit Mitra Keluarga Surabaya. Jurnal Manajerial Bisnis, 3(1), 36–48. https://doi.org/10.37504/jmb.v3i1.355

Kurniawati, R., Ikhwana, A., & Anggraeni, E. (2022). Strategi Pengembangan Objek Wisata Karacak Valley Berbasis Blue Ocean Strategy. Jurnal Kalibrasi, 20(2), 167–176. https://doi.org/10.33364/kalibrasi/v.20-2.1163

Le, H. B. H., & Le, T. B. (2020). Impact of destination image and satisfaction on tourist loyalty: Mountain destinations in Thanh Hoa province, Vietnam. Journal of Asian Finance, Economics and Business. https://doi.org/10.13106/JAFEB

Lenaini. (2021). Teknik pengambilan sampel purposive dan snowball sampling. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Sejarah.

Mufza, A. F., & Wulansari, N. (2023). Pengaruh Fasilitas dan Citra Destinasi Terhadap Kepuasan Pengunjung di Daya Tarik Wisata Sirukam Dairy Farm Kabupaten Solok. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 15046–15056. https://mail.jptam.org/index.php/jptam/article/view/8771%0Ahttps://mail.jptam.org/index.php/jptam/article/download/8771/7158

Muslim, B. (2022). Pengaruh Atraksi, Aktivitas, Amenitas dan Aksesibilitas Terhadap Kepuasan Wisatawan di Taman Nusa Bali. Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata, 18(3), 178–191. https://doi.org/10.56910/gemawisata.v18i3.237

Nizhamuddin. (2022). Pengaruh Attraction, Amenites, Accessibilities, Infrastructure Terhadap Kepuasan Pengunjung ke Tempat Wisata Taman Oval Markoni. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, 4(2), 133–141. https://doi.org/10.24239/jiebi.v4i2.102.133-141

Nurhasan, R., & Wibowo, L. (2020). Analisis Faktor Corporate Reputation pada Tempat Wisata. Fakultas Ekonomi Universitas Garut, 19(2), 2–4.

Nurhayati, E. C. (2019). Pengaruh Aksesibilitas, Fasilitas, Dan DayaTerhadap Kepuasanwisatawan. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan Bisnis Dan Manajemen, 3(2), 67–82.

Rachmadhani, K. T., & Alfaqi, M. Z. (2022). Strategi Pengembangan Objek Wisata Alam Sumber Songo Sebagai Upaya Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Di Desa Jenggolo Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang. JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education, 3(2), 84–94. https://doi.org/10.53682/jpjsre.v3i2.5506

Rahmiati, F. (2020). Studi Citra Destinasi Kepada Kepuasan Wisatawan Dan Niat Kunjungan Kembali Wisatawan Pada Pariwisata Indonesia. Jurnal Kewirausahaan, Akuntansi …, 5(3), 82–96. https://ejurnal.stietribhakti.ac.id/index.php/TRIBISNIS/article/download/88/50

Sangkaeng, S., Mananeke, L., & Oroh, S. G. (2015). Pengaruh Citra, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Objek Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Objek Wisata Taman Laut Bunaken Sulawesi Utara. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(3), 1089–1100.

Sari, D. R. (2022). Pengaruh Amenitas dan Aksesibilitas Terhadap Kepuasan Wisatawan di Taman Margasatwa Semarang. Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata, 18(2), 80–90. https://doi.org/10.56910/gemawisata.v18i2.217

Saway, W. V. (2021). Dampak Atraksi, Amenitas Dan Aksesibilitas Pantai Pasir Putih Kabupaten Manokwari Terhadap Kepuasan Wisatawan Berkunjung. http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/PB/index

Sidabutar, D. K., & Hidayat, R. (2023). Pengaruh Pengelolaan Lingkungan dan Kenyamanan terhadap Kepuasan Wisatawan di Kampung Wisata Sawah. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 4(4), 1207–1212. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v4i4.3203

Sudrajat, A., Veranita, M., Permana, T., & Ratna, Y. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Minuman Kopi Terhadap Kepuasan Pelanggan Kedai Kopi Untuk Meningkatkan Pariwisata Kabupaten Garut. Dialektika, 21(2), 113–121. https://jurnaldialektika.com/index.php/piani/article/view/157/145

Syarif, M., & Fathor, A. S. (2023). The Impact Of Strategic Experiential Modules (Sems) Dimension On Visitor’s Revisit Intention: A Lesson From The Sunrise Of Java, Indonesia.

Syarifuddin, D. (2023). Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Pariwisata di Kampung Wisata Cireundeu, Cimahi, Jawa Barat. JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education, 4(2), 141–157. https://doi.org/10.53682/jpjsre.v4i2.8024

Wijayanti, R., & Prawoto, E. (2023). Pengaruh Faktor Aksesibilitas, Amenitas, Atraksi, Dan Promosi Terhadap Kepuasan Wisatawan (Studi Kasus pada Agrowisata Tanjungsari Kabupaten Wonosobo). 3, 104–116.

Yunus, M. (2021). Peran Citra Destinasi Terhadap Peningkatan Kepuasan Wisatawan Di Objek Wisata Geopark Merangin. 3, 31–42.

Published

2024-12-28

How to Cite

Putri, G. S. ., Rohimat Nurhasan, & Dani Adiatma. (2024). Citra Destinasi dan Aksesibilitas pada Kepuasan Wisatawan di Karacak Valley Garut. JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education, 5(2), 851-861. https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i2.9977