PENGGUNAAN MEDIA SMARTPHONE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH

Authors

  • Lidia Punene Universitas Negeri Manado
  • Meity Najoan Universitas Negeri Manado
  • Ruth S. Umbase Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpsunima.v1i1.3235

Keywords:

Media Smartphone, Hasil Belajar Sejarah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis hubungan penggunaan media smartphone dengan hasil belajar sejarah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian korelasi. Dalam penelitian ini yang menjadi responden penelitian adalah siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 5 Halmahera Barat yang berjumlah 30 siswa.Dari hasil penelitian besarnya hubungan antara penggunaan media smartphone dengan hasil belajar sejarah  ditandai dengan nilai korelasi sebesar 0,95 menunjukan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat antara penggunaan media smartphone dengan hasil belajar sejarah. Nilai koefisien korelasi tersebut menyatakan juga bahwa jika efektifitas penggunaan media pembelajaran smartphone meningkat maka hasil belajar sejarah akan meningkat juga. Besarnya pengaruh penggunaan media smartphone terhadap hasil belajar sejarah berdasarkan koefisien determinasi sebesar 0,90 menunjukan bahwa terdapat besaran pengaruh penggunaan media smartphone terhadap hasil belajar sejarah sebesar 90 % dan sisanya sebesar 10 % ditentukan oleh faktor lainnya yang belum diteliti dalam penelitian ini.

Downloads

Published

2022-01-04

Issue

Section

Articles