KOMPETENSI GURU SEJARAH DI SMA NEGERI I BELANG

Authors

  • Ester Syalom Sondakh Pendidikan Sejarah, FIS-UNIMA
  • Aksilas Dasfordate Universitas Negeri Manado
  • Ruth Umbase Universitas Negeri Manado

Keywords:

Kompetensi, Kepribadian,Pembelajaran daring, Kelas X

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk menjelaskan kompetensi kepribadian guru dalam proses pembelajaran daring  di SMA Negeri I Belang. Metode penelitian yang digunakan adalah Deskriptif-Kualitatif. Hasil Penelitian menunjukkan kompetensi kepribadian yang dimiliki oleh seorang guru sangat menentukan keberhasilan siswa dalam belajar. Oleh karena itu seorang guru ketika memasuki kelas harus mulai memahami kondisi apa yang mereka lihat dikelas, apalagi yang dilakukan kelas daring ada siswa yang bisa ikut bergabung dalam kelas dan ada juga yang tidak dapat bergabung karena tidak memiliki quata internet. Maka upaya yang dilakukan guru saat mengajar di kelas X yaitu mengunjungi siswa yang tidak ikut belajar secara daring diberikan materi pelajaran secara luring dengan memperhatikan protokol kesehatan. Kepribadian seseorang Guru erat kaitannya dengan kinerja dan keterampilan mereka dalam melakukan suatu pekerjaan. kepribadian seseorang akan mempengaruhi hasil kinerja seorang guru di lapangan. Kepribadian merupakan ciri-ciri khas seseorang yang ditunjukkan melalui pola tingkah laku atau caranya merespon yang konsisten dalam situasi- situasi termasuk relasinya dengan lingkungan. Tingkah laku atau sikap ini akan lebih kelihatan dalam cara-cara mereka berinteraksi dengan siswa. Seperti menampilkan sikap simpati, empati, terbuka, berwibawa, dan bertanggung jawab. Kepribadian yang baik dari seorang guru akan berdampak positif bagi siswa yang belajar. Dengan demikian seorang guru yang professional benar-benar harus memiliki keempat kompetensi guru yang berjalan berjalan secara bersamaan.

Downloads

Published

2022-06-30

Issue

Section

Articles