PROFESIONALISME GURU SEJARAH DI SMA NEGERI 3 TONDANO

Authors

  • Ratni Zega Universitas Negeri Manado
  • Ruth Umbase Universitas Negeri Manado
  • Darmawan Edi Winoto Universitas Negeri Manado

Keywords:

Profesionalisme, Guru Sejarah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan profesionalisme guru sejarah di SMA Negeri 3 Tondano. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profesionalisme guru sejarah yang ada di SMA Negeri 3 Tondano berada pada kategori moderat. Guru sejarah di SMA Negeri 3 Tondano telah memenuhi persyaratan sebagai guru profesional. Namun demikian, terdapat kategori tertinggi berada pada pemenuhan persyaratan guru profesional yaitu guru yang mengajar sejarah memiliki latar belakang pendidikan S1 pendidikan sejarah, bertanggungjawab dalam melaksanakan tugas, memiliki kepribadian yang baik yang dapat diteladani, dan menguasai teknologi. Sedangkan pemenuhan syarat guru profesional lainnya yaitu penguasaan kurikulum dan penerapannya, perancangan dan pengembangan materi ajar, penguasaan materi atau bahan ajar yang diajarkan, pengembangan media pembelajaran, manajemen kelas, dan wawasan keilmuan yang luas berada pada kategori moderat. Guru sejarah di SMA Negeri 3 Tondano masih kurang menguasai pendekatan, strategi, model dan metode- metode pembelajaran sejarah abad ke-21.

Kata Kunci: Profesionalisme, Guru Sejarah.

Downloads

Published

2023-01-05