PERANAN PENDIDIKAN SEJARAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER BERBANGSA PADA SISWA SMA NEGERI 1 TOMPASO
Keywords:
Pembentukan kareakter berbangsa, pendidikan sejarahAbstract
Penelitian ini betujuan untuk menganalisis peran pembelajaran sejarah dalam pengemnangan karakter bangsa siswa SMA Negeri 1 Tompaso. Dalam mencapai tujuan penelitian, digunakan pendekatan kualitatif dengan desain metode deskriptif, dengan observasi, wawancara, dan observasi sebagai teknik pengumpulan datanya. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis melalui 3 tahapan analisis, yakni reduksi data, penyajian datam dan pengambilan kesimpulan Data-data yang telah dianalisis kemudian akan diuji keabsahan data triangulasi yang meliputi uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji ketergantungan, uji objektivitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Proses pembelajaran sejarah dilakukan melalu beberapa tahapan berikut ini Perencanaan, Pelaksanaan, evaluasi, dan kegiatan sekolah, (2) Peranan pembelajaran sejarah dapat membentuk karakter berbangsa siswa yakni: sebagai panutan dapat menumbuhkan karakter religius pada siswa, dengan belajar tentang perjuangan dan identitas Indonesia akan menanamkan semangat kebangsaan dan cinta tanah air, menanamkan karakter disiplin pada siswa, menanamkan karakter toleransi dan demokratis, karakter kreatif, pantang menyerah, kerja ikeras dan patriotisme.