PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 2 LANGOWAN

Authors

  • Hanna K. Kereh Universitas Negeri Manado
  • Meity Najoan Universitas Negeri Manado
  • Ruth Umbase Universitas Negeri Manado

Keywords:

model PBL, kemampuan berpikir kritis, sejarah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah terdapat peningkatan kekritisan siswa dalam berpikir setelah model Problem Based Learning diterapkan dalam kegiatan pembelajaran di SMA Negeri 2 Langowan selain itu juga untuk melihat apakah terdapat perbedaan keterampilan siswa dalam berpikir ketika belum dan setelah diterapkannnya Problem Based Learning di SMA Negeri 2 Langowan. Dalam penelitian ini yang menggunakan metode deskriptif kulalitatif. Penelitian deskriptif yaitu metode yang memaparkan apa adanya, dikerjakan melalui tahapan pengumpulan atau pengelolaan data, dan membuat kesimpulan. Dalam melakukan penelitian deskriptif data yang dikumpulkan adalah berbentuk angka hasil pengukuran. Hasil penelitian menunjukan bahwa: dari hasil analisis data  terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis,berdasarkan hasil pretest dengan nilai rata-rata 43 dan postest dengan nilai rata-rata 83. kemudian terdapat kenaikan kekritisan siswa dalam berpikir setelah model Problem Based Learning diterapkan. Hal ini didasarkan pada hasil normalized gainberdasarkan hasil tersebut diperoleh data 0,30<g<0,70.

Downloads

Published

2023-08-03

Issue

Section

Articles