PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL THINK PAIR SHARE DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SEJARAH PADA SISWA KELAS XI IIS SMA NEGERI 2 LANGOWAN

Authors

  • Yesaya Gillbert Kiling Universitas Negeri Manado
  • Max L. Tamon un
  • Ruth Umbase Universitas Negeri Manado

Keywords:

Metode think pair share, , motivasi belajar siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Metode Think Pair Share dapat meningkatkan motivasi belajar sejarah pada siswa kelas XI IIS. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) karena ruang lingkupnya dalam pembelajaran di sekolah yang dilaksanakan oleh guru didalam kelas. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data, paparan data dan penyimpulan. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah meliputi observasi, tes, dan dokumentasi.Hasil penelitian pada siklus pertama hasil belajar siswa yang mencapai ketuntasan hanya 64.29%. Kemudian pada siklus kedua tes hasil belajar siswa yang mencapai ketuntasan mencapai 85.71%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini, motivasi belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode think pair share (TPS) pada siswa kelas XI IIS.

Downloads

Published

2023-08-03

Issue

Section

Articles