Peran Guru Ppkn dalam Pembentukkan Karakter Disiplin Siswa di SMP Negeri 4 Belang Kabupaten Minahasa Tenggara
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpk.v3i1.1505Keywords:
Peran Guru, Pembentukan Karakter SiswaAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh Peran Guru PPKn dalam pembentukkan karakter disiplin siswa, lebih khususnya di kalangan pelajar. Bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru PKn dalam pembentukan karakter siswa di lingkungan sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan instrument penelitian adalah penelitian itu sendiri. Sumber data adalah beberapa siswa di SMP Negeri 4 Belang dan Guru PKn dengan obsevasi dan wawancara dengan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif.Kesimpulan dari penelitian ini adalah guru PPKn sudah baik dalam pembentukan karakter disiplin siswa tetapi karena masih ada beberapa siswa yang melanggar peraturan atau tidak menaati peraturan yang ada di sekolah oleh karena itu guru harus memaksimalkan peran dan fungsinya dalam pembentukan karakter disiplin siswa. Untuk itu perlu adanya kerja sama dari guru PPKn dan guru-guru mata pelajaran lain untuk membentuk siswa menjadi siswa yang memiliki disiplin yang tinggi. Karena dalam membentuk karakter siswa bukan tugas satu guru saja melainkan tugas semua guru-guru yang ada di lingkungan sekolah tersebut dan kesadaran diri dari siswa itu sendiri.Untuk itu, disarankan agar guru PPKn yang ada yang ada di SMP Negeri 4 Belang harus berupaya melaksanakan peran dan fungsinya secara maksimal dalam pembentukan karakter disiplin siswa, harus senantiasa juga memberikan bimbingan, motivasi, pembiasaan, contoh atau Teladan, dan Pengawasan atau kontrol agar siswa dapat menjadi manusia yang dapat mendisiplinkan dirinya dalam kehidupan sehari-hari.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Angel Budiman, Julien Biringan , Maxi V Keintjem
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.