Peran Guru Ppkn dalam Pembentukkan Karakter Disiplin Siswa di SMP Negeri 4 Belang Kabupaten Minahasa Tenggara

Authors

  • Angel Budiman Universitas Negeri Manado
  • Julien Biringan Universitas Negeri Manado
  • Maxi V Keintjem Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpk.v3i1.1505

Keywords:

Peran Guru, Pembentukan Karakter Siswa

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Peran Guru PPKn dalam pembentukkan karakter disiplin siswa, lebih khususnya di kalangan pelajar. Bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru PKn dalam pembentukan karakter siswa di lingkungan sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan instrument penelitian adalah penelitian itu sendiri. Sumber data adalah beberapa siswa di SMP Negeri 4 Belang dan Guru PKn dengan obsevasi dan wawancara dengan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif.Kesimpulan dari penelitian ini adalah guru PPKn sudah baik dalam pembentukan karakter disiplin siswa tetapi karena masih ada beberapa siswa yang melanggar peraturan atau tidak menaati peraturan yang ada di sekolah oleh karena itu  guru harus memaksimalkan peran dan fungsinya dalam pembentukan karakter disiplin siswa. Untuk itu perlu adanya kerja sama dari guru PPKn dan guru-guru mata pelajaran lain untuk membentuk siswa menjadi siswa yang memiliki disiplin yang tinggi. Karena dalam membentuk karakter siswa bukan tugas satu guru saja melainkan tugas semua guru-guru yang ada di lingkungan sekolah tersebut dan kesadaran diri dari siswa itu sendiri.Untuk itu, disarankan agar guru PPKn yang ada yang ada di SMP Negeri 4 Belang harus berupaya melaksanakan peran dan fungsinya secara maksimal dalam pembentukan karakter disiplin siswa, harus senantiasa juga memberikan bimbingan, motivasi, pembiasaan, contoh atau Teladan, dan Pengawasan atau kontrol agar siswa dapat menjadi manusia yang dapat mendisiplinkan dirinya dalam kehidupan sehari-hari.

Published

2024-03-02