Pengaruh Problem Based Instruction Berbasis Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Materi Pencemaran Lingkungan di SMP Negeri 6 Tondano

Authors

  • Edwin Atie Universitas Negeri Manado
  • Fransiska Harahap Universitas Negeri Manado
  • Ni Wayan Suriani Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v5i2.10326

Keywords:

problem based instruction, contextual teaching and learning, hasil belajar, pencemaran lingkungan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh problem based instruction berbasis contextual teaching and learning terhadap hasil belajar materi pencemaran lingkungan di SMP Negeri 6 Tondano. Penelitian ini merupakan penelitian semu, menggunakan pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIA 28 orang dan kelas VIIB 28 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIA dengan jumlah 16 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIIB 14 orang sebagai kelas kontrol. Sampel dipilih menggunakan metode simple random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan memberikan pretest sebelum diberikan perlakuan dan posttest sesudah perlakuan. Hasil penelitian diperoleh berupa nilai rata-rata hasil posttest kelas eksperimen 78,66 sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata hasil posttest 70,3. Setelah diuji statistik dengan uji-t, hasil belajar yang diperoleh antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu thitung = 4,10 > ttabel = 1,70. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima, pada taraf nyata α = 0,05. Dimana rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran problem based intruction berbasis contextual teaching and learning lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBI berbasis CTL berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan di SMP Negeri 6 Tondano.

References

Asrori, M. (2013). Pengertian, tujuan dan ruang lingkup strategi pembelajaran. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 5(2).

Dewi, D. A. D., & Bektiarso, S. (2017). Pengaruh model pembelajaran problem based instruction disertai metode pictorial riddle terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran fisika di sma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(1), 48-55.

Hamdani, M. A. (2011). Strategi belajar mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Nilasari, E., Djatmika, E. T., & Santoso, A. (2016). Pengaruh penggunaan modul pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(7), 1399-1404.

Novianti, N.K.D., Santoso, H., & Lepiyanto, A. (2020). Pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based instruction (pbi) terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran biologi. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 11(2), 175-180.

Puryadi, P. (2016). Pengaruh model pembelajaran direct instruction berbantuan bahan ajar berbasis kontekstual terhadap hasil belajar ipa terapan siswa kelas x smkn 4 mataram tahun ajaran 2015/2016. Skripsi. Universitas Mataram.

Sari, K. (2014). Pengaruh penggunaan buku kerja berbasis kontekstual dalam pembelajaran pbi terhadap pencapaian kompetensi ipa fisika siswa kelas viii smpn 3 kecamatan payakumbuh. Pilar Pendidikan Fisika, 3(1).

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan research and development. Bandung: Alfabeta, CV.

Suzana, Y., & Amir, A. (2022). Peningkatan kemampuan kognitif peserta didik melalui model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan kontekstual. Dirasatul Ibtidaiyah, 2(2), 169-180.

Titin, E. & Panjaitan, R.G.P. (2011). Pengaruh penerapan pembelajaran kontekstual melalui model problem based instruction (pbi) terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan manusia di kelas viii smp negeri 3 sukadana. Jurnal Penelitian Universitas Tanjung Pura , 21(1).

Downloads

Published

2024-12-31

Issue

Section

Articles