Pengaruh Problem Based Instruction Berbasis Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Materi Pencemaran Lingkungan di SMP Negeri 6 Tondano

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v5i2.10326

Keywords:

problem based instruction, contextual teaching and learning, hasil belajar, pencemaran lingkungan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh problem based instruction< em> berbasis contextual teaching and learning< em> terhadap hasil belajar materi pencemaran lingkungan di SMP Negeri 6 Tondano Penelitian ini merupakan penelitian semu menggunakan pretest posttest control group design< em> Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIA 28 orang dan kelas VIIB 28 orang Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIA dengan jumlah 16 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIIB 14 orang sebagai kelas kontrol Sampel dipilih menggunakan metode simple random sampling< em> Pengambilan data dilakukan dengan memberikan pretest< em> sebelum diberikan perlakuan dan posttest< em> sesudah perlakuan Hasil penelitian diperoleh berupa nilai rata rata hasil posttest< em> kelas eksperimen 78 66 sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh nilai rata rata hasil posttest< em> 70 3 Setelah diuji statistik dengan uji t hasil belajar yang diperoleh antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu thitung< sub> = 4 10 gt; ttabel< sub> = 1 70 Dengan demikian H0< sub> ditolak dan Ha< sub> diterima pada taraf nyata = 0 05 Dimana rata rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran problem based intruction< em> berbasis contextual teaching and learning< em> lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBI berbasis CTL berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan di SMP Negeri 6 Tondano < span>< div>

References

Asrori M 2013 Pengertian tujuan dan ruang lingkup strategi pembelajaran Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 5 2

Dewi D A D Bektiarso S 2017 Pengaruh model pembelajaran problem based instruction disertai metode pictorial riddle terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran fisika di sma Jurnal Pembelajaran Fisika 6 1 48 55

Hamdani M A 2011 Strategi belajar mengajar Bandung: CV Pustaka Setia

Nilasari E Djatmika E T Santoso A 2016 Pengaruh penggunaan modul pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa kelas V sekolah dasar Jurnal Pendidikan: Teori Penelitian dan Pengembangan 1 7 1399 1404

Novianti N K D Santoso H Lepiyanto A 2020 Pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based instruction pbi terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran biologi BIOEDUKASI Jurnal Pendidikan Biologi 11 2 175 180

Puryadi P 2016 Pengaruh model pembelajaran direct instruction berbantuan bahan ajar berbasis kontekstual terhadap hasil belajar ipa terapan siswa kelas x smkn 4 mataram tahun ajaran 2015 2016 Skripsi Universitas Mataram

Sari K 2014 Pengaruh penggunaan buku kerja berbasis kontekstual dalam pembelajaran pbi terhadap pencapaian kompetensi ipa fisika siswa kelas viii smpn 3 kecamatan payakumbuh Pilar Pendidikan Fisika 3 1

Sugiyono 2016 Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan research and development Bandung: Alfabeta CV

Suzana Y Amir A 2022 Peningkatan kemampuan kognitif peserta didik melalui model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan kontekstual Dirasatul Ibtidaiyah 2 2 169 180

Titin E Panjaitan R G P 2011 Pengaruh penerapan pembelajaran kontekstual melalui model problem based instruction pbi terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan manusia di kelas viii smp negeri 3 sukadana Jurnal Penelitian Universitas Tanjung Pura 21 1

Downloads

Published

2024-12-31

Issue

Section

Articles