Analisis Penggunaan Artificial Intelligence AI dalam Pembelajaran IPA di Sekolah: Persepsi dan Preferensi Siswa SMA
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v5i2.10431Keywords:
artificial intelligence, chat GPT, persepsi siswa, pembelajaran IPA, preferensiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi dan preferensi siswa SMA terhadap penggunaan Artificial Intelligence< em> AI dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam IPA di kalangan siswa SMA RUSHD Metode yang digunakan melibatkan survei terhadap 72 siswa dengan fokus pada pengalaman penggunaan preferensi dan persepsi mereka terhadap AI Hasil penelitian menunjukkan bahwa 95 8 siswa telah menggunakan AI dalam konteks pembelajaran dengan dominasi penggunaan Chat GPT< em> sebagai alat utama Sebanyak 91 siswa melaporkan menggunakan AI setidaknya sekali dalam seminggu terutama untuk memahami konsep yang sulit dan mencari jawaban untuk soal IPA Temuan menunjukkan bahwa siswa memiliki pandangan yang positif terhadap AI tercermin dari efektivitas penggunaan AI yang mencapai 71 1 Dari sisi dampak dampak penggunaan AI mencapai 80 2 yang menunjukkan bahwa siswa merasa AI memberikan pengaruh sangat positif dalam pengalaman belajar mereka Sebanyak 87 5 siswa setuju bahwa AI mempercepat proses belajar dan 84 7 merasa AI memotivasi mereka untuk meningkatkan kemampuan menulis Namun terdapat kekhawatiran terkait ketergantungan pada AI yang dapat mengurangi kemampuan berpikir kritis siswa Selain itu beberapa siswa menyadari bahwa tidak semua informasi yang ada di AI dapat diandalkan Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa AI memiliki potensi signifikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan tetapi perlu diimbangi dengan upaya terencana untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa Meskipun siswa menunjukkan penerimaan yang tinggi terhadap AI penting bagi pendidik untuk memberikan bimbingan yang tepat dalam penggunaannya di kelas dan meningkatkan kualitas informasi yang disajikan oleh teknologi ini Integrasi AI secara bijaksana dalam pendidikan dapat memperkaya pembelajaran dan mendorong siswa berpikir kritis < span>< div>References
Al Shammari A Al Enezi S 2024 Role of artificial intelligence in enhancing learning outcomes of pre service social studies teachers Journal of Social Studies Education Research 15 4 163 196
Chassignol M Khoroshavin A Klimova A Bilyatdinova A 2018 Artificial intelligence trends in education: A narrative overview Procedia Computer Science 136 16 24
Dewanto A C 2023 Risiko dan mitigasi penggunaan kecerdasan buatan dalam bidang pendidikan Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan 4 1 10
Gontina W Asyhar R 2023 Dampak artificial intelligence terhadap pembelajaran ipa fisika di sekolah Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika 5 2 238 250
Holmes W Maya B Fadel C 2019 Artificial intelligence in education: promises and implications for teaching and learning the center Diakses dari https: onlinelibrary wiley com doi 10 1046 j 1365 2729 1998 1440251 x
Ilham R Giatman M Maksun H 2024 Artificial intelligence research in education: a bibliometric analysis Journal on Education 06 02 5508 5514
Luckin R Holmes W Griffiths M Forcier L B 2016 Intelligence unleashed: an argument for ai in education Pearson
Merentek T C Usoh E J Lengkong J S J 2023 Implementasi kecerdasan buatan chatgpt dalam pembelajaran Jurnal Pendidikan Tambusai 7 3 26862 26869
Mhlanga D 2023 The value of open ai and chat gpt for the current learning environments and the potential future uses SSRN Electronic Journal
Mogavi R H Deng C Kim J J Zhou P Kwon Y D Metwally A H S Tlili A Bassanelli S Bucchiarone A Gujar S Nacke L E Hui P 2024 ChatGPT in education: A blessing or a curse? A qualitative study exploring early adopters utilization and perceptions Computers in Human Behavior: Artificial Humans 2 1 100027
Munawar Z Soerjono H Putri N I Hernawati Dwijayanti A 2023 Manfaat kecerdasan buatan chatgpt untuk membantu penulisan ilmiah Tematik 10 1 54 60
Prananta A W Megahati S R R P Susanto N Raule J H 2023 Transforming education and learning through chat gpt: a systematic literature review Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 9 11 1031 1037
Purnama I Edi F Megahati S R R P Wijanarko T 2023 ChatGPT for teachers and students in science learning: a systematic literature review Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 9 10 760 765
Rifky S 2024 Dampak penggunaan artificial intelligence bagi pendidikan tinggi Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology 2 1 37 42
Rochim A A 2024 Kecerdasan buatan: resiko tantangan dan penggunaan bijak pada dunia pendidikan Antroposen: Journal of Social Studies and Humaniora 3 1 13 25
Shen Y Heacock L Elias J Hentel K D Reig B Shih G Moy L Luble edged 2023 ChatGPT and other large language models are double edged swords Radiology 307 2 1 4
Sudirman S Sarjan M Rokhmat J Hamidi H Fauzi I 2022 Penilaian pendidikan ipa secara realtime dan terintegrasi dengan artificial intelligence: perspektif filsafat Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 7 4b 2658 2668
Ulimaz A Cahyono D Dhaniswara E Arifudin O Rukiyanto B A 2024 Analisis dampak kolaborasi pemanfaatan artificial intelligences ai dan kecerdasan manusia terhadap dunia pendidikan di indonesia Innovative: Journal Of Social Science Research 4 3 9312 9319
Walkington C Bernacki M L 2020 Appraising research on personalized learning: Definitions theoretical alignment advancements and future directions Journal of Research on Technology in Education 52 3 235 252
Yu H 2023 Reflection on whether Chat GPT should be banned by academia from the perspective of education and teaching Frontiers in Psychology 14 1181712
Zawacki Richter O Mar n V I Bond M Gouverneur F 2019 Systematic review of research on artificial intelligence applications in higher education where are the educators? International Journal of Educational Technology in Higher Education 16 1 1 27
