Analisis Penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam Pembelajaran IPA di Sekolah: Persepsi dan Preferensi Siswa SMA

Authors

  • Kurniahtunnisa Kurniahtunnisa Universitas Negeri Manado
  • Tika Putri Agustina Universitas Negeri Manado https://orcid.org/0009-0001-5503-8343
  • Maria Yasinta Manuel Universitas Negeri Manado
  • Musma Rukmana Universitas Negeri Manado
  • Kurnia Lestari SMA Unggulan RUSHD, Sragen, Jawa Tengah

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v5i2.10431

Keywords:

artificial intelligence, chat GPT, persepsi siswa, pembelajaran IPA, preferensi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi dan preferensi siswa SMA terhadap penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kalangan siswa SMA RUSHD. Metode yang digunakan melibatkan survei terhadap 72 siswa, dengan fokus pada pengalaman penggunaan, preferensi, dan persepsi mereka terhadap AI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 95,8% siswa telah menggunakan AI dalam konteks pembelajaran, dengan dominasi penggunaan Chat GPT sebagai alat utama. Sebanyak 91% siswa melaporkan menggunakan AI setidaknya sekali dalam seminggu, terutama untuk memahami konsep yang sulit dan mencari jawaban untuk soal IPA. Temuan menunjukkan bahwa siswa memiliki pandangan yang positif terhadap AI, tercermin dari efektivitas penggunaan AI yang mencapai 71,1%. Dari sisi dampak, dampak penggunaan AI mencapai 80,2%, yang menunjukkan bahwa siswa merasa AI memberikan pengaruh sangat positif dalam pengalaman belajar mereka. Sebanyak 87,5% siswa setuju bahwa AI mempercepat proses belajar, dan 84,7% merasa AI memotivasi mereka untuk meningkatkan kemampuan menulis. Namun, terdapat kekhawatiran terkait ketergantungan pada AI yang dapat mengurangi kemampuan berpikir kritis siswa. Selain itu, beberapa siswa menyadari bahwa tidak semua informasi yang ada di AI dapat diandalkan. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa AI memiliki potensi signifikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, tetapi perlu diimbangi dengan upaya terencana untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa. Meskipun siswa menunjukkan penerimaan yang tinggi terhadap AI, penting bagi pendidik untuk memberikan bimbingan yang tepat dalam penggunaannya di kelas dan meningkatkan kualitas informasi yang disajikan oleh teknologi ini. Integrasi AI secara bijaksana dalam pendidikan dapat memperkaya pembelajaran dan mendorong siswa berpikir kritis.

References

Al-Shammari, A., & Al-Enezi, S. (2024). Role of artificial intelligence in enhancing learning outcomes of pre-service social studies teachers. Journal of Social Studies Education Research, 15(4), 163–196.

Chassignol, M., Khoroshavin, A., Klimova, A., & Bilyatdinova, A. (2018). Artificial intelligence trends in education: A narrative overview. Procedia Computer Science, 136, 16–24.

Dewanto, A. C. (2023). Risiko dan mitigasi penggunaan kecerdasan buatan dalam bidang pendidikan. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, 4, 1–10.

Gontina, W., & Asyhar, R. (2023). Dampak artificial intelligence terhadap pembelajaran ipa/fisika di sekolah. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 5(2), 238–250.

Holmes, W., Maya, B., & Fadel, C. (2019). Artificial intelligence in education: promises and implications for teaching and learning (the center). Diakses dari https://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1046/j.1365-2729.1998.1440251.x

Ilham, R., Giatman, M., & Maksun, H. (2024). Artificial intelligence research in education: a bibliometric analysis. Journal on Education, 06(02), 5508–5514.

Luckin, R., Holmes, W., Griffiths, M., & Forcier, L. B. (2016). Intelligence unleashed: an argument for ai in education. Pearson.

Merentek, T. C., Usoh, E. J., & Lengkong, J. S. J. (2023). Implementasi kecerdasan buatan chatgpt dalam pembelajaran. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26862–26869.

Mhlanga, D. (2023). The value of open ai and chat gpt for the current learning environments and the potential future uses. SSRN Electronic Journal.

Mogavi, R. H., Deng, C., Kim, J. J., Zhou, P., Kwon, Y. D., Metwally, A. H. S., Tlili, A., Bassanelli, S., Bucchiarone, A., Gujar, S., Nacke, L. E., & Hui, P. (2024). ChatGPT in education: A blessing or a curse? A qualitative study exploring early adopters’ utilization and perceptions. Computers in Human Behavior: Artificial Humans, 2(1), 100027.

Munawar, Z., Soerjono, H., Putri, N. I., Hernawati, & Dwijayanti, A. (2023). Manfaat kecerdasan buatan chatgpt untuk membantu penulisan ilmiah. Tematik, 10(1), 54–60.

Prananta, A. W., Megahati S, R. R. P., Susanto, N., & Raule, J. H. (2023). Transforming education and learning through chat gpt: a systematic literature review. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(11), 1031–1037.

Purnama, I., Edi, F., Megahati S, R. R. P., & Wijanarko, T. (2023). ChatGPT for teachers and students in science learning: a systematic literature review. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(10), 760–765.

Rifky, S. (2024). Dampak penggunaan artificial intelligence bagi pendidikan tinggi. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 2(1), 37–42.

Rochim, A. A. (2024). Kecerdasan buatan: resiko, tantangan dan penggunaan bijak pada dunia pendidikan. Antroposen: Journal of Social Studies and Humaniora, 3(1), 13–25.

Shen, Y., Heacock, L., Elias, J., Hentel, K. D., Reig, B., Shih, G., Moy, L., & Luble-edged. (2023). ChatGPT and other large language models are double-edged swords. Radiology, 307(2), 1–4.

Sudirman, S., Sarjan, M., Rokhmat, J., Hamidi, H., & Fauzi, I. (2022). Penilaian pendidikan ipa secara realtime dan terintegrasi dengan artificial intelligence: perspektif filsafat. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b), 2658-2668.

Ulimaz, A., Cahyono, D., Dhaniswara, E., Arifudin, O., & Rukiyanto, B. A. (2024). Analisis dampak kolaborasi pemanfaatan artificial intelligences (ai) dan kecerdasan manusia terhadap dunia pendidikan di indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9312-9319.

Walkington, C., & Bernacki, M. L. (2020). Appraising research on personalized learning: Definitions, theoretical alignment, advancements, and future directions. Journal of Research on Technology in Education, 52(3), 235–252.

Yu, H. (2023). Reflection on whether Chat GPT should be banned by academia from the perspective of education and teaching. Frontiers in Psychology, 14, 1181712.

Zawacki-Richter, O., Marín, V. I., Bond, M., & Gouverneur, F. (2019). Systematic review of research on artificial intelligence applications in higher education – where are the educators? International Journal of Educational Technology in Higher Education, 16(1), 1-27.

Downloads

Published

2024-12-31

Issue

Section

Articles