Pengaruh Pembelajaran Praktikum Kimia Berbasis Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Menyimpulkan Siswa pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v5i2.11261Keywords:
praktikum, inkuiri terbimbing, kimia, keterampilan menyimpulkanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran praktikum kimia berbasis inkuiri terbimbing terhadap keterampilan menyimpulkan siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan instrumen berupa tes untuk mengukur keterampilan menyimpulkan Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis statistik Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti praktikum dengan metode inkuiri terbimbing memiliki keterampilan menyimpulkan yang lebih tinggi dengan persentase nilai sebesar 81 9 dibandingkan dengan siswa yang mengikuti metode praktikum verifikasi yang memperoleh nilai sebesar 73 6 Temuan ini mengindikasikan bahwa pembelajaran praktikum kimia berbasis inkuiri terbimbing lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan menyimpulkan siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan < span>< div>References
Abdi A 2014 The effect of inquiry based learning method on students academic achievement in science course Universal Journal of Educational Research 2 1 37 41
Aftriani D N Muntari M Haris M Anwar Y A S 2018 Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing pada pelajaran kimia terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Mataram Chemistry education practice 1 2 1 6
Akbar J S Djakariah D 2023 Pemanfaatan media pembelajaran berbasis android menggunakan pendekatan inkuiri untuk menguatkan technological pedagogical and content knowledge TPACK calon guru Oxygenius Journal Of Chemistry Education 5 1 46 53
Ariani M Zulhawati Z Haryani H Zani B N Husnita L Firmansyah M B Hamsiah A 2023 Penerapan media pembelajaran era digital Jambi: PT Sonpedia Publishing Indonesia
Budiyono A Hartini H 2016 Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa SMA Wacana Didaktika 4 2 141 149
Domin D S 2007 Students perceptions of when conceptual development occurs during laboratory instruction Chemistry Education Research and Practice 8 2 140 152
Effendy 2016 Ilmu kimia untuk peserta didik SMA dan MA Malang: Academic Publishing Indonesian
Harlen W 2014 Helping children s development of inquiry skills Inquiry in Primary Science Education 1 5 19
Junaidi E Hadisaputra S Idrus S W 2017 Kajian pelaksanaan praktikum kimia di sekolah menengah atas negeri se Kabupaten Lombok Tengah Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 2 1 101 111
Pongpalilu F Hamsiah A Raharjo R Sabur F Nurlela L Hakim L Waliulu H Hasanah N Maruddani R T J Suroso S 2023 Perkembangan pesera didik: teori konsep perkembangan peserta didik era society 5 0 Jambi: Sonpedia Publishing Indonesia
Rahmawati R Haryani S Kasmui 2014 Penerapan praktikum berbasis inkuiri untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia 8 2 1390 1397
Ramli A Rahmadani P Eliza T Ayuliamita A Yolla R Andi M A S Pebrina P Nurhasanah Iin N Khotimah M 2023 Landasan pendidikan: teori dan konsep dasar landasan pendidikan era industri 4 0 dan society 5 0 di Indonesia Jambi: PT Sonpedia Publishing Indonesia
Riskiana F 2015 Kajian pelaksanaan praktikum pada materi kimia di SMA Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Kimia dan Pembelajarannya Jurusan Kimia FMIPA UM 31 Oktober
Safitri D Iryani I 2020 Deskripsi hasil belajar peserta didik yang menggunakan modul inkuiri terbimbing pada pembelajaran kimia Jurnal Edukimia 3 1 038 042
Sagala S 2011 Konsep dan makna pembelajaran Bandung: Alfabeta
Sarlivanti S Adlim A Djailani D 2014 Pembelajaran praktikum berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan proses sains pada pokok bahasan larutan penyangga Jurnal Pendidikan Sains Indonesia Indonesian Journal of Science Education 2 1 75 86
Schroeder J D Greenbowe T J 2008 Implementing POGIL in the lecture and the science writing heuristic in the laboratory student perceptions and performance in undergraduate organic chemistry Chemistry Education Research and Practice 9 2 149 156
Sundari T Pursitasari I D Heliawati L 2017 Pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis praktikum pada topik laju reaksi JPPS Jurnal Penelitian Pendidikan Sains 6 2 1340 1347
Ural E 2016 The effect of guided inquiry laboratory experiments on science education students chemistry laboratory attitudes anxiety and achievement Journal of Education and Training Studies 4 4 217 227
Yakar Z Baykara H 2014 Inquiry based laboratory practices in a science teacher training program Journal of Mathematics Science and Technology Education 10 2 173 183
