Strategi Adaptasi Pembelajaran Sains SMP Negeri 2 Tondano dalam Menghadapi Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v5i2.11291Keywords:
Kurikulum Merdeka, Strategi Adaptasi, Pembelajaran Sains, Sekolah Menengah PertamaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan dan strategi adaptasi dalam menghadapi implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 2 Tondano khususnya dalam pembelajaran sains. Dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini dilakukan melalui empat tahap, yaitu tahap persiapan, tahap pengambilan data, tahap analisis data, dan tahap penarikan kesimpulan. Data dikumpulkan melalui observasi langsung serta wawancara dengan guru-guru sebagai sumber data primer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMP Negeri 2 Tondano telah menerapkan Kurikulum Merdeka sejak tahun ajaran 2024/2025 dengan berbagai strategi adaptasi, khususnya dalam pembelajaran sains. Strategi tersebut mencakup transisi bertahap, peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan dan PMM, mengintegrasi teknologi dalam pembelajaran sains, penerapan pembelajaran berbasis proyek dan pembelajaran berdiferensiasi, penanaman nilai Profil Pelajar Pancasila, serta penerapan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Meskipun terdapat tantangan, respons positif dari siswa dan guru menunjukkan potensi kurikulum ini dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Dukungan lebih luas dari berbagai pihak diperlukan untuk mengoptimalkan penerapan sistem yang lebih fleksibel, inklusif, dan inovatif.References
Alhayat, A., Mukhidin, M., Utami, T., & Yustikarini, R. (2023). The Relevance of the Project-Based Learning (PjBL) Learning Model with Kurikulum Merdeka Belajar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(1), 105–116.
Astuti, B., Fitrianingrum, A. M., & Sarwi, S. (2016). The Influence of Project Based Learning Experiment Implementation to the Students’ Concept Mastery of Rigid Body Equilibrium. International Conference on Mathematics, Science, and Education (ICMSE 2016), 2016(81), 19–24.
Fauzia, R., & Hadikusuma Ramadan, Z. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1608–1617.
Fitrianingrum, A. M., Mundiahi, O. P., & Assa, Y. F. (2024). Penerapan Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 3 Tondano. Charm Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(3), 82–87.
Fitrianingrum, A. M., Tulandi, D. A., Lolowang, J., & Silangen, P. M. (2023). Implementasi Project Based Learning Menggunakan Aplikasi Tracker pada Gerak Dua Dimensi. SCIENING : Science Learning Journal, 4(1), 31–37.
Gunawan, I., & Bahari, Y. (2024). Problematika Kurikulum Merdeka Dalam Sudut Pandang Teori Struktural Fungsional (Study Literatur). Journal Of Human And Education (JAHE), 4(4), 178–187.
Harahap, F. H., Dalimunthe, R. H., & Asfiati. (2024). Integrasi Teknologi Dalam Kurikulum Sebagai Sebuah Inovasi Pembelajaran Untuk Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Dinamis. Jurnal MKIP: Media Komunikasi Dan Informasi Pendidikan, 6(2), 79–87.
Hidayati, A. U., Maulidin, S., & Kholifah, S. (2024). Implementasi Problem-Based Learning (PBL) pada Proses Pembelajaran PAI: Studi di SMK Pelita Bangun Rejo. ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah, 4(2), 53–62.
Kemendikbud. (2022). Peraturan pemerintah tentang Dimensi, Elemen, dan Sub-Elemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka. In Kemendikbudristek BSKAP RI.
Kumalasari, A. E., Shofiyani, D., Dwi, F., Leonida, E., Dwi Anggita, F., Putri, N. T., & Ahmad, N. (2024). Implementasi Pembelajaran IPA Berbasis STEM Dan Project Based Learning (PjBL) Dalam Kurikulum Merdeka Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Mrawan 01. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 433–447.
Maskur, M. (2023). Dampak Pergantian Kurikulum Pendidikan Terhadap Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 190–203.
Naibaho, D. P. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Mampu Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik. Journal of Creative Student Research, 1(2), 81–91.
Nasution, A. F., Ningsih, S., Silva, M. F., Suharti, L., & Harahap, J. P. (2023). Konsep Dan Implementasi Kurikulum Merdeka. COMPETITIVE: Journal of Education, 2(3), 201–211.
Nirwana, R., Hidayati, A. I., Ifcha, F. A., Azzahra, S. F., Sayyidah, A., & Jannah, A. S. R. J. (2024). Penilaian Dalam Kurikulum Merdeka: Mendukung Pembelajaran Adaptif Dan Berpusat Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah (JMI), 2(2), 213–224.
Nurhasna, Aswadi, Kasman, R., & Zain, S. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Muhammadiyah Rappang. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(2), 901–912.
Saragih, O., & Marpaung, R. (2024). Tantangan dan Peluang: Studi Kasus Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Mandiri Berubah Kabupaten Tapanuli Utara. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(3), 888–903.
Sholihah, Z., & Fitrianingrum, A. M. (2024). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi di Era Digital. Surakarta: Penerbit Tahta Media Group.
Susanto, F., & Airlanda, G. S. (2023). Efektivitas Model Problem Based Learning dan Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran IPAS. Jurnal Basicedu, 7(6), 3646–3653.
Tandiarrang, K. L., Sihotang, H., & Gracia, L. (2023). Analisis Kesiapan Guru Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar di UPT SDN 9 Makale Selatan Tana Toraja. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(2), 1205–1211.
Thoriq, A., Hidayati, D., & Rina. (2024). Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar dalam Praktik Baik Implementasi Kurikulum Merdeka. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 11(1), 120–128.
Turohmah, F., & Hanif, M. (2024). Transformasi Pembelajaran: Mewujudkan Kurikulum Merdeka Melalui Penerapan Model Project-Based Learning. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 7(1), 35–54.
Viqri, D., Gesta, L., Rozi, M. F., Syafitri, A., Falah, A. M., Khoirunnisa, K., & Risdalina, R. (2024). Problematika Pembelajaran IPAS dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(2), 310–315.
Zahroh, N., Setyowati, D., & Farisi, S. Al. (2024). Tinjauan Kesiapan Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka: Studi Kasus SD Islam Swasta Baiturrahman. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(5), 5505–5516.
Zhang, J., Wu, J., Sun, X., Yang, Y., & Zhou, M. (2023). Technology-Enabled Project-Based Learning: Let Every Child Embrace “Good Learning.” Lecture Notes in Educational Technology, Part F1761, 93–99.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Aufa Maulida Fitrianingrum, Ferlitha Frisilia Mottoh, Efraim Jonathan Lolowang

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.