Strategi Adaptasi Pembelajaran Sains SMP Negeri 2 Tondano dalam Menghadapi Kurikulum Merdeka

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v5i2.11291

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Strategi Adaptasi, Pembelajaran Sains, Sekolah Menengah Pertama

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan dan strategi adaptasi dalam menghadapi implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 2 Tondano khususnya dalam pembelajaran sains Dengan pendekatan kualitatif penelitian ini dilakukan melalui empat tahap yaitu tahap persiapan tahap pengambilan data tahap analisis data dan tahap penarikan kesimpulan Data dikumpulkan melalui observasi langsung serta wawancara dengan guru guru sebagai sumber data primer Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMP Negeri 2 Tondano telah menerapkan Kurikulum Merdeka sejak tahun ajaran 2024 2025 dengan berbagai strategi adaptasi khususnya dalam pembelajaran sains Strategi tersebut mencakup transisi bertahap peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan dan PMM mengintegrasi teknologi dalam pembelajaran sains penerapan pembelajaran berbasis proyek dan pembelajaran berdiferensiasi penanaman nilai Profil Pelajar Pancasila serta penerapan pembelajaran yang berpusat pada siswa Meskipun terdapat tantangan respons positif dari siswa dan guru menunjukkan potensi kurikulum ini dalam meningkatkan kualitas pendidikan Dukungan lebih luas dari berbagai pihak diperlukan untuk mengoptimalkan penerapan sistem yang lebih fleksibel inklusif dan inovatif < span>< div>

References

Alhayat A Mukhidin M Utami T Yustikarini R 2023 The Relevance of the Project Based Learning PjBL Learning Model with Kurikulum Merdeka Belajar DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik 7 1 105 116

Astuti B Fitrianingrum A M Sarwi S 2016 The Influence of Project Based Learning Experiment Implementation to the Students Concept Mastery of Rigid Body Equilibrium International Conference on Mathematics Science and Education ICMSE 2016 2016 81 19 24

Fauzia R Hadikusuma Ramadan Z 2023 Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Jurnal Educatio FKIP UNMA 9 3 1608 1617

Fitrianingrum A M Mundiahi O P Assa Y F 2024 Penerapan Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 3 Tondano Charm Sains: Jurnal Pendidikan Fisika 5 3 82 87

Fitrianingrum A M Tulandi D A Lolowang J Silangen P M 2023 Implementasi Project Based Learning Menggunakan Aplikasi Tracker pada Gerak Dua Dimensi SCIENING : Science Learning Journal 4 1 31 37

Gunawan I Bahari Y 2024 Problematika Kurikulum Merdeka Dalam Sudut Pandang Teori Struktural Fungsional Study Literatur Journal Of Human And Education JAHE 4 4 178 187

Harahap F H Dalimunthe R H Asfiati 2024 Integrasi Teknologi Dalam Kurikulum Sebagai Sebuah Inovasi Pembelajaran Untuk Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Dinamis Jurnal MKIP: Media Komunikasi Dan Informasi Pendidikan 6 2 79 87

Hidayati A U Maulidin S Kholifah S 2024 Implementasi Problem Based Learning PBL pada Proses Pembelajaran PAI: Studi di SMK Pelita Bangun Rejo ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah 4 2 53 62

Kemendikbud 2022 Peraturan pemerintah tentang Dimensi Elemen dan Sub Elemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka In Kemendikbudristek BSKAP RI

Kumalasari A E Shofiyani D Dwi F Leonida E Dwi Anggita F Putri N T Ahmad N 2024 Implementasi Pembelajaran IPA Berbasis STEM Dan Project Based Learning PjBL Dalam Kurikulum Merdeka Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Mrawan 01 Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 9 2 433 447

Maskur M 2023 Dampak Pergantian Kurikulum Pendidikan Terhadap Peserta Didik Sekolah Dasar Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan 1 3 190 203

Naibaho D P 2023 Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Mampu Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik Journal of Creative Student Research 1 2 81 91

Nasution A F Ningsih S Silva M F Suharti L Harahap J P 2023 Konsep Dan Implementasi Kurikulum Merdeka COMPETITIVE: Journal of Education 2 3 201 211

Nirwana R Hidayati A I Ifcha F A Azzahra S F Sayyidah A Jannah A S R J 2024 Penilaian Dalam Kurikulum Merdeka: Mendukung Pembelajaran Adaptif Dan Berpusat Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Jurnal Madrasah Ibtidaiyah JMI 2 2 213 224

Nurhasna Aswadi Kasman R Zain S 2024 Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Muhammadiyah Rappang Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran 7 2 901 912

Saragih O Marpaung R 2024 Tantangan dan Peluang: Studi Kasus Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Mandiri Berubah Kabupaten Tapanuli Utara Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia JPPI 4 3 888 903

Sholihah Z Fitrianingrum A M 2024 Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi di Era Digital Surakarta: Penerbit Tahta Media Group

Susanto F Airlanda G S 2023 Efektivitas Model Problem Based Learning dan Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran IPAS Jurnal Basicedu 7 6 3646 3653

Tandiarrang K L Sihotang H Gracia L 2023 Analisis Kesiapan Guru Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar di UPT SDN 9 Makale Selatan Tana Toraja Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 8 2 1205 1211

Thoriq A Hidayati D Rina 2024 Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar dalam Praktik Baik Implementasi Kurikulum Merdeka Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan 11 1 120 128

Turohmah F Hanif M 2024 Transformasi Pembelajaran: Mewujudkan Kurikulum Merdeka Melalui Penerapan Model Project Based Learning Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education 7 1 35 54

Viqri D Gesta L Rozi M F Syafitri A Falah A M Khoirunnisa K Risdalina R 2024 Problematika Pembelajaran IPAS dalam Kurikulum Merdeka Jurnal Inovasi Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran JIEPP 4 2 310 315

Zahroh N Setyowati D Farisi S Al 2024 Tinjauan Kesiapan Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka: Studi Kasus SD Islam Swasta Baiturrahman Indo MathEdu Intellectuals Journal 5 5 5505 5516

Zhang J Wu J Sun X Yang Y Zhou M 2023 Technology Enabled Project Based Learning: Let Every Child Embrace Good Learning Lecture Notes in Educational Technology Part F1761 93 99

Downloads

Published

2024-12-31

Issue

Section

Articles