Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan PBMP Pada Materi Klasifikasi Materi dan Perubahannya di SMPN 2 Tondano Via Dalam Jaringan Daring
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v1i2.122Keywords:
pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan, klasifikasi materi dan perubahannyaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA materi klasifikasi materi dan perubahannya dengan menggunakan Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan PBMP Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu menggunakan rancangan penelitian pretest posttest control group design< em> Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII di SMPN 2 Tondano dan sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VIIC sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 20 siswa dan kelas VIID sebagai kelas kontrol yang berjumlah 18 siswa Pengambilan data dilakukan dengan memberikan pretest< em> sebelum proses perlakuan dan posttest< em> sesudah diberikan perlakuan Data hasil penelitian yang diperoleh berupa selisih nilai rata rata hasil pretest< em> dan posttest< em> pada kelas eksperimen adalah 46 sedangkan untuk kelas kontrol selisih nilai rata rata hasil pretest< em> dan posttest< em> adalah 36 38 Setelah dilakukan uji statistik melalui uji t rata rata hasil belajar yang diperoleh antara kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu thitung< sub> = 7 052 gt; ttabel< sub> = 1 688 Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh PBMP terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA materi klasifikasi materi dan perubahannya di SMPN 2 Tondano kelas VII < p>
