Pengembangan LKPD Berkonteks Socio-Scientific Issue Terintegrasi Argumentasi Ilmiah Pada Materi Laju Reaksi

Authors

  • Nur Aini Universitas Negeri Padang
  • Fauzana Gazali Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v6i1.12715

Keywords:

argumentasi ilmiah, laju reaksi, lkpd, model plomp, socio-scientific issue

Abstract

Keterampilan argumentasi ilmiah merupakan kemampuan esensial dalam pembelajaran sains abad ke-21. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berkonteks Socio-Scientific Issue (SSI) yang terintegrasi argumentasi ilmiah pada materi Laju Reaksi untuk Fase F SMA/MA. Penelitian ini menggunakan metode Educational Design Research (EDR) dengan model pengembangan Plomp. Produk yang dihasilkan divalidasi oleh tiga orang dosen kimia dan dua orang guru kimia, serta diuji kepraktisannya terhadap respon peserta didik dan guru melalui small group evaluation. Hasil uji validitas menggunakan Aiken's V menunjukkan nilai rata-rata 0,888 (kategori valid). Sementara itu, hasil uji praktikalitas memperoleh skor 81% (kategori praktis) dari respon peserta didik dan 89% (kategori sangat praktis) dari respon guru. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa LKPD berkonteks SSI yang dikembangkan ini dinyatakan valid dan praktis, sehingga dapat dilanjutkan untuk uji coba efektivitasnya dalam pembelajaran.

References

Aiken, L. R. (1985). Three coefficients for analyzing the reliability and validity of ratings. Educational and psychological measurement, 45(1), 131-142.

Andikalan, T. H., Supeno, S., & Wicaksono, I. (2022). Kemampuan inkuiri siswa SMP dalam pembelajaran IPA memanfaatkan media E-LKPD. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 22(1), 39-45.

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. (2025). Keputusan Kepala BSKAP Nomor 46 Tahun 2025 tentang Pencapaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Bambut, K. E. N., & Tangpen, J. M. (2024). Kajian Argumentasi Mahasiswa dalam Isu Sosial-Kimia: Pendekatan Socio-Scientific Issues. Jurnal Beta Kimia, 4(2), 69-80.

Carolina, A., Aisyah, R. S. S., & Wijayanti, I. E. (2024). Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Berbasis Socio-Scientific Issues Pada Materi Pemanasan Global. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 18(2), 102-111.

Erdem, C., Bağcı, H., & Koçyiğit, M. (2019). 21st century skills and education. Cambridge Scholars Publisher.

Fakhriyah, F., Rusilowati, A., Nugroho, S. E., & Saptono, S. (2021). Mengembangkan kemampuan argumentasi ilmiah calon guru sekolah dasar sebagai bentuk penguatan keterampilan abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 4(1), 190-194.

Hardini, S. D., & Alberida, H. (2022). Analisis kemampuan argumentasi peserta didik. Biodidaktika: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 17(1), 93-99.

Limbong, S. A., Dasna, I. W., & Munzil, M. (2024). Pola Berpikir Kritis dan Argumentasi Ilmiah Berdasarkan Gaya Kognitif Siswa Dalam Belajar Kimia. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 16(3), 400-409.

Kayhan, O., & Korkmaz, Ö. (2024). Measuring 21st-century competencies: Development and validation of the information, media, and technology skills self-efficacy scale. Information Development, 02666669241297661.

Mayweg-Paus, E., Macagno, F., & Kuhn, D. (2016). Developing argumentation strategies in electronic dialogs: Is modeling effective?. Discourse Processes, 53(4), 280-297.

Moschis, G. P. (2024). Conceptual framework and theory development. In Academic Research in Business and the Social Sciences: A Guidebook for Early Career Researchers. Cham: Springer Nature Switzerland.

Nita, P. N. T., & Nada, E. I. (2024). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbasis Socio Scientific Issue Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif. Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK), 14(2), 136-143.

Nur, S. M. (2023). Analisis Penerapan Pendekatan Berbasis Socio-Scientific Issues (SSI) dalam Pembelajaran Materi Biologi. In Prosiding Seminar Nasional Biologi: Inovasi Sains & Pembelajarannya, 11(1), 589-598.

Osborne, J., Erduran, S., & Simon, S. (2004). Enhancing the quality of argumentation in school science. Journal of research in science teaching, 41(10), 994-1020.

Plomp, T., & Nieveen, N. (2013). Educational design research educational design research. Netherlands Institute for Curriculum Development: SLO, 153, 152-169.

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Probosari, R. M., Ramli, M., Harlita, H., Indrowati, M., & Sajidan, S. (2016). Profil keterampilan argumentasi ilmiah mahasiswa pendidikan biologi FKIP UNS pada mata kuliah anatomi tumbuhan. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 29-33.

Purwanto, M. N. (2013). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran (T. Sujaman (ed.)). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rahayu, S. (2019). Socioscientific issues: manfaatnya dalam meningkatkan pemahaman konsep sains, Nature of Science (NOS) dan Higher Order Thinking Skills (HOTS). In Seminar Nasional Pendidikan IPA UNESA (Vol. 10).

Rahman, R., & Fuad, M. (2023). Implementasi kurikulum merdeka belajar dalam pembelajaran IPAS di sekolah dasar. DISCOURSE: Indonesian Journal of Social Studies and Education, 1(1), 75-80.

Sirmayeni, S. (2023). Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik dengan E-LKPD Berbasis Socioscientific Issues (SSI) pada Pembelajaran Kimia. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 5(1), 174-183.

Siska, S., Yunita, Y., & Ubaidillah, M. (2019). Strategi socio scientific issues untuk meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah siswa pada konsep sistem respirasi di kelas XI MIPA SMAN 1 Suranenggala. Jurnal Ilmu Alam Indonesia, 2(1), 50-69.

Sulistina, O., Purwandari, A., Deaningtyas, S. A., Putrikundia, S. A., & Faradillah, N. I. (2024). Peran pendekatan Socio-Scientific Issue (SSI) dalam meningkatkan scientific literacy pada pembelajaran kimia. UNESA Journal of Chemical Education, 13(2), 118-128.

Wahyuni, E. T., Supeno, S., & Budiarso, A. S. (2024). Pengembangan E-LKPD berbasis socio-scientific issue untuk meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah siswa pada pembelajaran IPA SMP. Eduproxima (Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA), 6(3), 1155-1165.

Downloads

Published

2025-06-30

Issue

Section

Articles