Pengembangan LKPD Berkonteks Socio Scientific Issue Terintegrasi Argumentasi Ilmiah Pada Materi Laju Reaksi
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v6i1.12715Keywords:
argumentasi ilmiah, laju reaksi, lkpd, model plomp, socio-scientific issueAbstract
Keterampilan argumentasi ilmiah merupakan kemampuan esensial dalam pembelajaran sains abad ke 21 Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik LKPD berkonteks Socio Scientific Issue< em> SSI yang terintegrasi argumentasi ilmiah pada materi Laju Reaksi untuk Fase F SMA MA Penelitian ini menggunakan metode Educational Design Research< em> EDR dengan model pengembangan Plomp Produk yang dihasilkan divalidasi oleh tiga orang dosen kimia dan dua orang guru kimia serta diuji kepraktisannya terhadap respon peserta didik dan guru melalui small group evaluation< em> Hasil uji validitas menggunakan Aiken s V menunjukkan nilai rata rata 0 888 kategori valid Sementara itu hasil uji praktikalitas memperoleh skor 81 kategori praktis dari respon peserta didik dan 89 kategori sangat praktis dari respon guru Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKPD berkonteks SSI yang dikembangkan ini dinyatakan valid dan praktis sehingga dapat dilanjutkan untuk uji coba efektivitasnya dalam pembelajaran < span>< div>References
Aiken L R 1985 Three coefficients for analyzing the reliability and validity of ratings Educational and psychological measurement 45 1 131 142
Andikalan T H Supeno S Wicaksono I 2022 Kemampuan inkuiri siswa SMP dalam pembelajaran IPA memanfaatkan media E LKPD Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan 22 1 39 45
Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan 2025 Keputusan Kepala BSKAP Nomor 46 Tahun 2025 tentang Pencapaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini Jenjang Pendidikan Dasar Jakarta: Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi
Bambut K E N Tangpen J M 2024 Kajian Argumentasi Mahasiswa dalam Isu Sosial Kimia: Pendekatan Socio Scientific Issues Jurnal Beta Kimia 4 2 69 80
Carolina A Aisyah R S S Wijayanti I E 2024 Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Berbasis Socio Scientific Issues Pada Materi Pemanasan Global Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia 18 2 102 111
Erdem C Ba c H Ko yi it M 2019 21st century skills and education Cambridge Scholars Publisher
Fakhriyah F Rusilowati A Nugroho S E Saptono S 2021 Mengembangkan kemampuan argumentasi ilmiah calon guru sekolah dasar sebagai bentuk penguatan keterampilan abad 21 In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana 4 1 190 194
Hardini S D Alberida H 2022 Analisis kemampuan argumentasi peserta didik Biodidaktika: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya 17 1 93 99
Limbong S A Dasna I W Munzil M 2024 Pola Berpikir Kritis dan Argumentasi Ilmiah Berdasarkan Gaya Kognitif Siswa Dalam Belajar Kimia Jurnal Visi Ilmu Pendidikan 16 3 400 409
Kayhan O Korkmaz 2024 Measuring 21st century competencies: Development and validation of the information media and technology skills self efficacy scale Information Development 02666669241297661
Mayweg Paus E Macagno F Kuhn D 2016 Developing argumentation strategies in electronic dialogs: Is modeling effective? Discourse Processes 53 4 280 297
Moschis G P 2024 Conceptual framework and theory development In Academic Research in Business and the Social Sciences: A Guidebook for Early Career Researchers Cham: Springer Nature Switzerland
Nita P N T Nada E I 2024 Efektivitas Model Problem Based Learning Berbasis Socio Scientific Issue Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Jurnal Riset Pendidikan Kimia JRPK 14 2 136 143
Nur S M 2023 Analisis Penerapan Pendekatan Berbasis Socio Scientific Issues SSI dalam Pembelajaran Materi Biologi In Prosiding Seminar Nasional Biologi: Inovasi Sains Pembelajarannya 11 1 589 598
Osborne J Erduran S Simon S 2004 Enhancing the quality of argumentation in school science Journal of research in science teaching 41 10 994 1020
Plomp T Nieveen N 2013 Educational design research educational design research Netherlands Institute for Curriculum Development: SLO 153 152 169
Prastowo A 2015 Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif Yogyakarta: Diva Press
Probosari R M Ramli M Harlita H Indrowati M Sajidan S 2016 Profil keterampilan argumentasi ilmiah mahasiswa pendidikan biologi FKIP UNS pada mata kuliah anatomi tumbuhan Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi 9 1 29 33
Purwanto M N 2013 Prinsip prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran T Sujaman ed Bandung: Remaja Rosdakarya
Rahayu S 2019 Socioscientific issues: manfaatnya dalam meningkatkan pemahaman konsep sains Nature of Science NOS dan Higher Order Thinking Skills HOTS In Seminar Nasional Pendidikan IPA UNESA Vol 10
Rahman R Fuad M 2023 Implementasi kurikulum merdeka belajar dalam pembelajaran IPAS di sekolah dasar DISCOURSE: Indonesian Journal of Social Studies and Education 1 1 75 80
Sirmayeni S 2023 Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik dengan E LKPD Berbasis Socioscientific Issues SSI pada Pembelajaran Kimia Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro 5 1 174 183
Siska S Yunita Y Ubaidillah M 2019 Strategi socio scientific issues untuk meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah siswa pada konsep sistem respirasi di kelas XI MIPA SMAN 1 Suranenggala Jurnal Ilmu Alam Indonesia 2 1 50 69
Sulistina O Purwandari A Deaningtyas S A Putrikundia S A Faradillah N I 2024 Peran pendekatan Socio Scientific Issue SSI dalam meningkatkan scientific literacy pada pembelajaran kimia UNESA Journal of Chemical Education 13 2 118 128
Wahyuni E T Supeno S Budiarso A S 2024 Pengembangan E LKPD berbasis socio scientific issue untuk meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah siswa pada pembelajaran IPA SMP Eduproxima Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA 6 3 1155 1165
