Penerapan Model Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup di Kelas VII D SMP Negeri 9 Manado

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v1i2.249

Keywords:

numbered heads together, hasil belajar, klasifikasi makhluk hidup

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup di kelas VII D SMP Negeri 9 Manado Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together< em> NHT Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus Perangkat pembelajaran yang digunakan yaitu RPP dan lembar observasi KKM yang ditentukan di sekolah yaitu 70 Pada siklus I materi klasifikasi makhluk hidup jumlah siswa yang tuntas KKM ada 16 orang dengan persentase klasikal 64 kemudian dilanjutkan pada siklus II dengan materi klasifikasi kunci dikotom dan kunci determinasi jumlah siswa yang tuntas 24 orang dengan persentase klasikal 96 Disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar IPA pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII D SMP Negeri 9 Manado < p>

References

Downloads

Published

2020-12-31

Issue

Section

Articles