Penerapan Model Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup di Kelas VII-D SMP Negeri 9 Manado
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v1i2.249Keywords:
numbered heads together, hasil belajar, klasifikasi makhluk hidupAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup di kelas VII-D SMP Negeri 9 Manado. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus. Perangkat pembelajaran yang digunakan yaitu RPP dan lembar observasi. KKM yang ditentukan di sekolah yaitu 70. Pada siklus I materi klasifikasi makhluk hidup, jumlah siswa yang tuntas KKM ada 16 orang dengan persentase klasikal 64% kemudian dilanjutkan pada siklus II dengan materi klasifikasi kunci dikotom dan kunci determinasi, jumlah siswa yang tuntas 24 orang dengan persentase klasikal 96%. Disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar IPA pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII-D SMP Negeri 9 Manado.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Hiskia Koloten, Jovialine A. Rungkat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.