Penerapan Model Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup di Kelas VII-D SMP Negeri 9 Manado

Authors

  • Hiskia Koloten Universitas Negeri Manado
  • Jovialine A. Rungkat Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v1i2.249

Keywords:

numbered heads together, hasil belajar, klasifikasi makhluk hidup

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup di kelas VII-D SMP Negeri 9 Manado. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus. Perangkat pembelajaran yang digunakan yaitu RPP dan lembar observasi. KKM yang ditentukan di sekolah yaitu 70. Pada siklus I materi klasifikasi makhluk hidup, jumlah siswa yang tuntas KKM ada 16 orang dengan persentase klasikal 64% kemudian dilanjutkan pada siklus II dengan materi klasifikasi kunci dikotom dan kunci determinasi, jumlah siswa yang tuntas 24 orang dengan persentase klasikal 96%. Disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar IPA pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII-D SMP Negeri 9 Manado.

Downloads

Published

2020-12-31

Issue

Section

Articles