Penerapan Model Pembelajaran PIMCA Berbasis MR SR Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Kelistrikan Listrik Statis

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v4i1.2717

Keywords:

model pembelajaran pimca berbasis mr-sr, hasil belajar, sistem kelistrikan (listrik statis)

Abstract

Pendidikan pada masa sekarang merupakan salah satu penentu kemajuan suatu negara Negara yang memiliki anak anak cerdas akan membantu pembangunan di masa mendatang generasi penerus yang akan menjadi kebanggaan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran PIMCA berbasis MR SR dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem kelistrikan listrik statis Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas classroom action research< em> Tempat penelitian dilaksanakan di SMP GPdI Berea Tondano pada siswa kelas IX Subjek penelitian berjumlah 26 siswa Data penelitian diperoleh dari data pretest< em> posttest< em> dan siklus I Persentase ketuntasan hasil belajar pada siklus 1 secara klasikal keseluruhan dari 26 siswa sudah sangat baik dan memenuhi kriteria ketuntasan minimal yaitu 75 pada materi kelistrikan listrik statis Hasil menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PIMCA berbasis MR SR dapat meningkatkan hasil belajar materi sistem kelistrikan listrik statis pada mata pelajaran IPA siswa kelas IX SMP GPdI Berea Tondano < p>

References

Aliputri D H 2018 Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan kartu bergambar untuk meningkatkan hasil belajar siswa Jurnal Bidang Pendidikan Dasar 2 1A 70 77

Arikunto S 2011 Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik Edisi Revisi VII Jakarta: PT Rineka Cipta

Fauzan M Gani A Syukri M 2017 Penerapan model problem based learning pada pembelajaran materi sistem tata surya untuk meningkatkan hasil belajar siswa Jurnal Pendidikan Sains Indonesia Indonesian Journal of Science Education 5 1 27 35

Hariawan I K 2020 Penerapan Model pembelajaran grup investigation gi berbantuan vidio pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar ipa Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan 3 1 1 16

Iskandar D Narsim 2015 Penelitian tindakan kelas dan publikasinya Cilacap: Ihya Media

Poluakan C 2020 Classroom formative assessment model based on semiotic resources in learning physics [Penelitian tidak dipublikasikan] Universitas Negeri Manado

Rusman 2015 Pembelajaran tematik terpadu: teori praktik dan penilaian Jakarta: Rajawali Press

Rusman 2017 Belajar pembelajaran: Berorientasi standar proses pendidikan Jakarta: Kencana

Sirait P W Rende J C Mongan S 2021 Penggunaan model pimca berbasis multi representasi pada pembelajaran hukum i termodinamika Charm Sains: Jurnal Pendidikan Fisika 2 3 144 148

Suprapto 2013 Metodologi penelitian ilmu pendidikan dan ilmu ilmu pengetahuan sosial Jakarta: Buku Seru

Sutrisno E 2016 Manajemen sumber daya manusia Cetakan ke 8 Jakarta: Prenada Media Group

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles