Penerapan Model Pembelajaran PIMCA Berbasis MR-SR Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Kelistrikan (Listrik Statis)
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v4i1.2717Keywords:
model pembelajaran pimca berbasis mr-sr, hasil belajar, sistem kelistrikan (listrik statis)Abstract
Pendidikan pada masa sekarang merupakan salah satu penentu kemajuan suatu negara. Negara yang memiliki anak-anak cerdas akan membantu pembangunan di masa mendatang, generasi penerus yang akan menjadi kebanggaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran PIMCA berbasis MR-SR dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem kelistrikan (listrik statis). Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Tempat penelitian dilaksanakan di SMP GPdI Berea Tondano pada siswa kelas IX. Subjek penelitian berjumlah 26 siswa. Data penelitian diperoleh dari data pretest, posttest dan siklus I. Persentase ketuntasan hasil belajar pada siklus 1 secara klasikal keseluruhan dari 26 siswa sudah sangat baik dan memenuhi kriteria ketuntasan minimal yaitu 75 pada materi kelistrikan (listrik statis). Hasil menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PIMCA berbasis MR-SR dapat meningkatkan hasil belajar materi sistem kelistrikan (listrik statis) pada mata pelajaran IPA siswa kelas IX SMP GPdI Berea Tondano.
References
Aliputri, D. H. (2018). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan kartu bergambar untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 70-77.
Arikunto, S. (2011). Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik. (Edisi Revisi VII). Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Fauzan, M., Gani, A., & Syukri, M. (2017). Penerapan model problem based learning pada pembelajaran materi sistem tata surya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 27-35.
Hariawan, I. K. (2020). Penerapan Model pembelajaran grup investigation (gi) berbantuan vidio pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar ipa. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 1-16.
Iskandar, D. & Narsim. (2015). Penelitian tindakan kelas dan publikasinya. Cilacap: Ihya Media.
Poluakan, C. (2020). Classroom formative assessment model based on semiotic resources in learning physics. [Penelitian tidak dipublikasikan]. Universitas Negeri Manado.
Rusman. (2015). Pembelajaran tematik terpadu: teori, praktik dan penilaian. Jakarta: Rajawali Press.
Rusman. (2017). Belajar & pembelajaran: Berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sirait, P. W., Rende, J. C., & Mongan, S. (2021). Penggunaan model pimca berbasis multi representasi pada pembelajaran hukum i termodinamika. Charm Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 2(3), 144-148.
Suprapto. (2013). Metodologi penelitian ilmu pendidikan dan ilmu-ilmu pengetahuan sosial. Jakarta: Buku Seru.
Sutrisno, E. (2016). Manajemen sumber daya manusia. (Cetakan ke-8). Jakarta: Prenada Media Group.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Evans Kurama, Cosmas Poluakan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.