Kesiapan Guru IPA dalam Menghadapi Pembelajaran Jarak Jauh di SMP Negeri Modoinding
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v5i2.2742Keywords:
kesiapan guru ipa, pembelajaran jarak jauhAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesiapan guru IPA dalam menghadapi pembelajaran jarak jauh di SMP Negeri Modoinding. Subjek penelitian adalah semua guru IPA yang ada di SMP Negeri Modoinding. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan pengisian kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru sangat siap dalam menghadapi pembelajaran jarak jauh, dimana 75% guru berada di kategori sangat siap dengan skor antara 2,60 - 3,25 dan 25% guru berada di kategori siap dengan skor antara 3,26 – 4,00. Sehingga dapat disimpulkan bahwa guru-guru IPA yang ada di SMP Negeri Modoinding sangat siap dalam menghadapi pembelajaran jarak jauh.References
Aji, R. H. S. (2020). Dampak COVID-19 pada pendidikan di indonesia: Sekolah, keterampilan, dan proses pembelajaran. Jurnal Sosial & Budaya Syar-i, 7(5), 395-402.
Fauzi, I., & Khusuma, I. H. S. (2020). Teachers’ elementary school in online learning of COVID-19 pandemic conditions. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 5(1), 58-70.
Handayani, N. A., & Jumadi, J. (2021). Analisis pembelajaran IPA secara daring pada masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 9(2), 217-233.
Jalal, M. (2020). Kesiapan guru menghadapi pembelajaran jarak jauh di masa covid-19. SMART KIDS: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 35-40.
Mansyur, A. R. (2020). Dampak covid-19 terhadap dinamika pembelajaran di indonesia. Education and learning journal, 1(2), 113-123.
Nurkholis, N. (2013). Pendidikan dalam upaya memajukan teknologi. Jurnal kependidikan, 1(1), 24-44.
Paat, M., Marentek, E. A., & Pelenkahu, N. (2018). Problem-based instructional development model at senior high school in Manado, North Sulawesi, Indonesia. Journal Of Advanced Research in English & Education, 3(4), 15-24.
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi eksploratif dampak pandemi COVID-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1-12.
Rachmawati, Y., Ma'arif, M., Fadhillah, N., Inayah, N., Ummah, K., Siregar, M. N. F., ... & Auliyah, A. (2020). Studi eksplorasi pembelajaran pendidikan IPA saat masa pandemi covid-19 di UIN Sunan Ampel Surabaya. Indonesian Journal of Science Learning (IJSL), 1(1), 32-36.
Saifulloh, A. M., & Darwis, M. (2020). Manajemen pembelajaran dalam meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar di masa pandemi covid-19. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 3(2), 285-312.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Frinisa Zaskia Kalalo, Jovialine Albertine Rungkat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.