Kesiapan Guru IPA dalam Menghadapi Pembelajaran Jarak Jauh di SMP Negeri Modoinding
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v5i2.2742Keywords:
kesiapan guru ipa, pembelajaran jarak jauhAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesiapan guru IPA dalam menghadapi pembelajaran jarak jauh di SMP Negeri Modoinding Subjek penelitian adalah semua guru IPA yang ada di SMP Negeri Modoinding Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan pengisian kuisioner Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru sangat siap dalam menghadapi pembelajaran jarak jauh dimana 75 guru berada di kategori sangat siap dengan skor antara 2 60 3 25 dan 25 guru berada di kategori siap dengan skor antara 3 26 4 00 Sehingga dapat disimpulkan bahwa guru guru IPA yang ada di SMP Negeri Modoinding sangat siap dalam menghadapi pembelajaran jarak jauh < span>< div>References
Aji R H S 2020 Dampak COVID 19 pada pendidikan di indonesia: Sekolah keterampilan dan proses pembelajaran Jurnal Sosial Budaya Syar i 7 5 395 402
Fauzi I Khusuma I H S 2020 Teachers elementary school in online learning of COVID 19 pandemic conditions Jurnal Iqra : Kajian Ilmu Pendidikan 5 1 58 70
Handayani N A Jumadi J 2021 Analisis pembelajaran IPA secara daring pada masa pandemi covid 19 Jurnal Pendidikan Sains Indonesia Indonesian Journal of Science Education 9 2 217 233
Jalal M 2020 Kesiapan guru menghadapi pembelajaran jarak jauh di masa covid 19 SMART KIDS: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 2 1 35 40
Mansyur A R 2020 Dampak covid 19 terhadap dinamika pembelajaran di indonesia Education and learning journal 1 2 113 123
Nurkholis N 2013 Pendidikan dalam upaya memajukan teknologi Jurnal kependidikan 1 1 24 44
Paat M Marentek E A Pelenkahu N 2018 Problem based instructional development model at senior high school in Manado North Sulawesi Indonesia Journal Of Advanced Research in English Education 3 4 15 24
Purwanto A Pramono R Asbari M Santoso P B Wijayanti L M Choi C H Putri R S 2020 Studi eksploratif dampak pandemi COVID 19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar EduPsyCouns: Journal of Education Psychology and Counseling 2 1 1 12
Rachmawati Y Ma arif M Fadhillah N Inayah N Ummah K Siregar M N F Auliyah A 2020 Studi eksplorasi pembelajaran pendidikan IPA saat masa pandemi covid 19 di UIN Sunan Ampel Surabaya Indonesian Journal of Science Learning IJSL 1 1 32 36
Saifulloh A M Darwis M 2020 Manajemen pembelajaran dalam meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar di masa pandemi covid 19 Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah 3 2 285 312
