Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Sains KPS dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Kelas VIII SMP Negeri 2 Tondano

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v1i1.28

Keywords:

keterampilan proses sains, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses sains Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Tondano Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas PTK yang dilakukan sebanyak dua siklus Subjek siswa kelas VIII B yang berjumlah 26 orang siswa Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi keterampilan proses sains dan tes essay< em> Hasil penelitian dari 26 siswa pencapaian KKM mengalami peningkatan yaitu rata rata hasil belajar kognitif siswa pada siklus I sebesar 65 38 dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 92 30 yang tuntas dan hasil belajar keterampilan proses sains siswa pada siklus I 80 76 dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 96 15 Hal ini jelas menunjukan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II Dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses sains pada materi sistem ekskresi manusia dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Tondano < p>

References

Downloads

Published

2020-06-30

Issue

Section

Articles