Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Sains (KPS) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Kelas VIII SMP Negeri 2 Tondano

Authors

  • Fatma Bobihu Universitas Negeri Manado
  • Anneke T. Rondonuwu Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v1i1.28

Keywords:

keterampilan proses sains, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses sains. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Tondano. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus, Subjek siswa kelas VIII B yang berjumlah 26 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi keterampilan proses sains dan tes essay. Hasil penelitian dari 26 siswa, pencapaian KKM mengalami peningkatan yaitu rata-rata hasil belajar kognitif siswa pada siklus I sebesar 65,38% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 92,30% yang tuntas dan hasil belajar keterampilan proses sains siswa pada siklus I 80,76% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 96,15%. Hal ini jelas menunjukan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses sains pada materi sistem ekskresi manusia dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Tondano.

Downloads

Published

2020-06-30

Issue

Section

Articles