Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Materi Sistem Pencernaan Manusia

Authors

  • Ni Wayan Sri Parwasih Universitas Negeri Manado
  • Zusje W. M. Warouw Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v1i1.29

Keywords:

model pembelajaran CTL, hasil belajar, sistem pencernaan manusia

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning  (CTL) terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia kelas VIII SMP Swadharma Mopugad. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest control-group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Swadharma Mopugad yang terdiri dari 2 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan random sampling yaitu 1 kelas sebagai kelas kontrol dan 1 kelas sebagai kelas eksperimen dengan jumlah masing-masing kelas 25 siswa. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan homogenitas, teknik analisis data menggunakan uji-t, dalam pengujian tersebut diperoleh thitung = 10,70 > ttabel = 1,708. Kesimpulannya yaitu model CTL berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2020-06-30

Issue

Section

Articles