Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Materi Sistem Pencernaan Manusia
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v1i1.29Keywords:
model pembelajaran CTL, hasil belajar, sistem pencernaan manusiaAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia kelas VIII SMP Swadharma Mopugad. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest control-group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Swadharma Mopugad yang terdiri dari 2 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan random sampling yaitu 1 kelas sebagai kelas kontrol dan 1 kelas sebagai kelas eksperimen dengan jumlah masing-masing kelas 25 siswa. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan homogenitas, teknik analisis data menggunakan uji-t, dalam pengujian tersebut diperoleh thitung = 10,70 > ttabel = 1,708. Kesimpulannya yaitu model CTL berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Ni Wayan Sri Parwasih, Zusje W. M. Warouw
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.