Pengaruh Pembelajaran Demokratik dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa IPA SMP Negeri 1 Dumoga
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v1i1.30Keywords:
pembelajaran demokratik, pendekatan saintifik, hasil belajar, suhuAbstract
Model pembelajaran demokratik merupakan model pembelajaran yang efektif karena siswa dapat berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji apakah terdapat pengaruh pembelajaran demokratik dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa pada materi suhu dan perubahannya. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIA sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran demokratik dengan pendekatan saintifik dan siswa kelas VIIB sebagai kelas control yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada SMP Negeri 1 dumoga. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan menggunakan model rancangan two group, pretest postest design. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen yaitu 86,80 sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata posttest yaitu 57,0. Setelah di uji statistik melalui uji-t, hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol pada taraf nyata, α=0,05 diperoleh thitung = 4,16 dan ttabel = 1,67. Jadi, thitung = 4,16 > ttabel = 1,67 , yang artinya statistik uji tersebut jatuh dalam wilayah kritiknya, maka tidak cukup bukti untuk menolak Ha. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran demokratik dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar IPA.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 I Wayan Arsana Putra, Metilistina Sasinggala
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.