Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Student Teams Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Ciri Ciri Makhluk Hidup
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v1i1.31Keywords:
STAD, hasil belajar, ciri-ciri makhluk hidupAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa nbsp; pada materi ciri ciri makhluk hidup Proses pembelajaran melalui model kooperatif STAD Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Baturapa Tahun Ajaran 2017 2018 Penelitian ini menggunakan metode eksperimen Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang terdiri 3 kelas Pengambilan sampel dilakukan secara acak dan dipilih 2 kelas dengan jumlah masing masing 25 siswa kelas VIIA eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol nbsp; Data hasil belajar siswa dari kedua model pembelajaran diperoleh dari pretest< em> dan posttest< em> Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada uji perbedaan dua rerata uji t pada taraf nyata 0 05 diperoleh nbsp; thitung< sub> = 2 52679 gt; ttabel< sub> = 1 67722 sehingga menunjukkan bahwa rata rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi dibandingkan rata rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model konvensional Kesimpulan dalam penelitian ini terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada kelas VII SMP Negeri 6 Baturapa khususnya pada materi ciri ciri makhluk hidup < p>
