Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup

Authors

  • Kusno S. M. Kansil Universitas Negeri Manado
  • Ni Wayan Suriani Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v1i1.31

Keywords:

STAD, hasil belajar, ciri-ciri makhluk hidup

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa  pada materi ciri-ciri makhluk hidup. Proses pembelajaran melalui model kooperatif STAD. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Baturapa Tahun Ajaran 2017-2018. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang terdiri 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dan dipilih 2 kelas dengan jumlah masing-masing 25 siswa, kelas VIIA eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol.  Data hasil belajar siswa dari kedua model pembelajaran diperoleh dari pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada uji perbedaan dua rerata (uji-t) pada taraf nyata 0,05 diperoleh  thitung = 2,52679 > ttabel = 1,67722 sehingga menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi dibandingkan rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model konvensional. Kesimpulan dalam penelitian ini terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada kelas VII SMP Negeri 6 Baturapa khususnya pada materi ciri-ciri makhluk hidup.

Downloads

Published

2020-06-30

Issue

Section

Articles