Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SMP Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Manusia

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v5i2.3881

Keywords:

problem based learning, hasil belajar, sistem pencernaan manusia

Abstract

Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning< em> PBL terhadap hasil belajar IPA siswa pada materi pokok sistem pencernaan manusia Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Tondano dengan menggunakan metode eksperimen Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri 4 kelas Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan menggunakan teknik random sampling< em> dan terpilih 2 kelas dengan jumlah masing masing 8 siswa Kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol Data hasil belajar siswa dari kedua model pembelajaran diperoleh dari pretest< em> dan posstest< em> Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji t pada taraf nyata 0 05 diperoleh thitung< sub> = 2 44 dan ttabel< sub> = 1 91 dimana H0< sub> ditolak dan H1< sub> diterima sehingga menunjukkan bahwa rata rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran PBL lebih tinggi dibandingkan rata rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model konvensional Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model PBL terhadap hasil belajar IPA siswa pada materi pokok sistem pencernaan manusia < span>< div>

References

Ainurrahman 2013 Belajar dan pembelajaran Bandung: Alfabeta

Arviansyah R Indrawati Harijanto A 2016 Pengaruh model pembelajaran guided inquiry disertai lks audiovisual terhadap aktivitas dan hasil belajar ipa siswa di smp Jurnal Pembelajaran Fisika 4 5 398 409

Cahya C 2017 Peningkatan hasil belajar dengan menggunakan lembar kerja siswa lks berbasis problem based learning pbl pada konsep jamur di kelas x Jurnal Penelitian Pendidikan 17 2 149 157

Darsono M 2000 Dasar dasar evaluasi pendidikan Semarang: IKIP Press

Deratama D Surahman E Fitriani R 2020 Pengaruh model problem based learning terhadap keterampilan proses sains dasar dan hasil belajar siswa pada konsep sistem pencernaan makanan pada manusia Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education 3 2 46 50

Hasibuan S Y 2018 Pengaruh model pembelajaran problem based learning PBL terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem pencernaan makanan kelas XI SMAN 4 Palangka Raya Skripsi IAIN Palangka Raya

Kemendikbud 2013 Pendekatan dan strategi pembelajaran Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Masrinah E N Aripin I Gaffar A A 2019 Problem based learning PBL untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 1 924 932

Mukhopadhyay R 2013 Problem solving in science learning some important considerations of a teacher IOSR Journal Of Humanities And Social Science 8 6 21 25

Sari I P Yushardi Y Subiki S 2015 Penerapan model problem based learning PBL berbantuan media kartu bergambar terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika SMK Negeri di kabupaten Jember Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Jember 4 3 268 273

Sudjana N 2010 Penilaian hasil proses belajar mengajar Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sulaiman Haji A G Syukri M 2018 Penerapan model problem based learning berbantuan information technology untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi fluida statis Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA 9 2 89 97

Suryabrata S 2012 Psikologi pendidikan Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Talib A Kailani I B 2014 Problem based learning in cooperative situation PBLCS and its impact on development of personal intelligence International Journal of Evaluation and Research in Education 3 4 236 244

Widiastuti R Santosa S Muzayyinah M 2010 Penerapan model pembelajaran problem based learning pbl disertai media gambar untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran biologi di sma negeri 3 surakarta tahun ajaran 2009 2010 In Proceeding Biology Education Conference: Biology Science Enviromental and Learning 7 1

Yulianti E Gunawan I 2019 Model pembelajaran problem based learning PBL : Efeknya terhadap pemahaman konsep dan berpikir kritis Indonesian Journal of Science and Mathematics Education 2 3 399 408

Downloads

Published

2024-12-31

Issue

Section

Articles