Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SMP Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Manusia

Authors

  • Indriyani Lumingkewas Universitas Negeri Manado
  • Meike Paat Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v5i2.3881

Keywords:

problem based learning, hasil belajar, sistem pencernaan manusia

Abstract

Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar IPA siswa pada materi pokok sistem pencernaan manusia. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Tondano dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan menggunakan teknik random sampling dan terpilih 2 kelas dengan jumlah masing-masing 8 siswa. Kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol.  Data hasil belajar siswa dari kedua model pembelajaran diperoleh dari pretest dan posstest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji-t pada taraf nyata 0,05 diperoleh thitung = 2,44 dan ttabel = 1,91, dimana H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran PBL lebih tinggi dibandingkan rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model PBL terhadap hasil belajar IPA siswa pada materi pokok sistem pencernaan manusia.

References

Ainurrahman. (2013). Belajar dan pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Arviansyah, R., Indrawati, & Harijanto, A. (2016). Pengaruh model pembelajaran guided inquiry disertai lks audiovisual terhadap aktivitas dan hasil belajar ipa siswa di smp. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(5), 398-409.

Cahya, C. (2017). Peningkatan hasil belajar dengan menggunakan lembar kerja siswa (lks) berbasis problem based learning (pbl) pada konsep jamur di kelas x. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(2), 149-157.

Darsono, M. (2000). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Semarang: IKIP Press.

Deratama, D., Surahman, E., & Fitriani, R. (2020). Pengaruh model problem based learning terhadap keterampilan proses sains dasar dan hasil belajar siswa pada konsep sistem pencernaan makanan pada manusia. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 3(2), 46-50.

Hasibuan, S. Y. (2018). Pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem pencernaan makanan kelas XI SMAN 4 Palangka Raya. Skripsi. IAIN Palangka Raya.

Kemendikbud. (2013). Pendekatan dan strategi pembelajaran. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Masrinah, E. N., Aripin, I., & Gaffar, A. A. (2019). Problem based learning (PBL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1, 924-932.

Mukhopadhyay, R. (2013). Problem solving in science learning-some important considerations of a teacher. IOSR Journal Of Humanities And Social Science, 8(6), 21-25.

Sari, I. P., Yushardi, Y., & Subiki, S. (2015). Penerapan model problem based learning (PBL) berbantuan media kartu bergambar terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika SMK Negeri di kabupaten Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Jember, 4(3), 268-273.

Sudjana, N. (2010). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sulaiman, Haji, A.G., & Syukri, M. (2018). Penerapan model problem based learning berbantuan information technology untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi fluida statis. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 9(2), 89-97.

Suryabrata, S. (2012). Psikologi pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Talib, A. & Kailani, I.B. (2014). Problem based learning in cooperative situation (PBLCS) and its impact on development of personal intelligence. International Journal of Evaluation and Research in Education, 3(4), 236–244.

Widiastuti, R., Santosa, S., & Muzayyinah, M. (2010). Penerapan model pembelajaran problem based learning (pbl) disertai media gambar untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran biologi di sma negeri 3 surakarta tahun ajaran 2009/2010. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, 7(1).

Yulianti, E. & Gunawan, I. (2019). Model pembelajaran problem based learning (PBL): Efeknya terhadap pemahaman konsep dan berpikir kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 399-408.

Downloads

Published

2024-12-31

Issue

Section

Articles