Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-book dalam Pembelajaran IPA pada Materi Pencemaran Lingkungan di SMP Negeri 3 Tondano

Authors

  • Dewa Ayu Made Karya Astiti Universitas Negeri Manado
  • Jovialine Albertine Rungkat Universitas Negeri Manado
  • Ester Caroline Wowor Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v5i2.4113

Keywords:

E-book, Pembelajaran IPA, Pencemaran Lingkungan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu produk berupa bahan ajar berbasis e-book dalam pembelajaran IPA pada materi pencemaran lingkungan di SMP Negeri 3 Tondano dan untuk mengetahui kelayakan bahan ajar berbasis e-book dalam pembelajaran IPA pada materi Pencemaran Lingkungan di SMP negeri 3 Tondano. Jenis penelitian ini menggunakan Research And Development (R&D) dengan model pengembangan Borg And Gall. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan desember-april 2022. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII A SMP Negeri 3 Tondano. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara dan angket. Penelitian ini berhasil menghasilkan produk media pembelajaran bahan ajar berbasis e-book dalam pembelajaran IPA pada materi pencemaran lingkungan di SMP negeri 3 tondano, E-bookdinyatakan layak digunakan dengan perolehan rata-rata  skor keseluruhan aspek oleh ahli materi 91,5% , ahli media sebesar 91,42% dan respon siswa sebagai pengguna sebesar 93,2% serta respon guru sebagai pengguna sebesar  88%, sehingga kelayakan bahan ajar berbasis e-book yang di kembangkan termasuk dalam kategori “ sangat baik”.

References

Ermanda, S., & Ariandani, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Lingkungan Di Sekolah Dasar Negeri 3 Jenggik Tahun Pelajaran 2017/2018. BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 98-107.

Holiwarni, B., & Azmi, J. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-book untuk Pembelajaran Kimia SMA Pokok Bahasan Struktur Atom. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau, 2(1), 46-56.

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, N., & Amalia, D. A. (2020). Analisis Bahan Ajar. NUSANTARA, 2(2), 311-326.

Monitha, N., Andriana, E., Alamsyah, T. P., & Hendracipta, N. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-book pada Mata Pelajaran IPA Materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya di SD Negeri Serang 20. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 479-490.

Purnama, S. (2013). Metodologi Penelitian dan Pengembangan. Jurnal Literasi, 4(1), 19-32

Rahmah, S. M., & Susilowibowo, C. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berupa E-book Pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Kompetensi Dasar Akuntasi Piutang Kelas XI Berbasis Pendukatan Saintifik Di SMK Yapalis Krian. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi (JPRE), 6(2), 60-70.

Rungkat, J. A., Rengkuan, M., & Humune, Y. S. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Sebagai Media Belajar IPA Pada Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia. JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi), 8(2), 167-171.

Seko, T. S. C., & Rondonuwu, A. T. (2021). Pengembangan LKS IPA Terpadu Berbasis Permainan Edukatif Tema Zat Aditif dan Zat Adiktif untuk Siswa SMP. SCIENING: Science Learning Journal. 2(2), 92-99.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R%D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyuni, S. (2015, September). Pengembangan bahan Ajar IPA untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP. In PROSIDING: Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika (Vol. 6, No. 6).

Wijayanti, M. (2019). Pengembangan E-book IPA Fisika Berbasis Program Sigil Peserta Didik SMPN 23 Simbang Kabupaten Maros. In Prosiding Seminar Nasional Fisika PPs Universitas Negeri Makassar (Vol. 1).

Downloads

Published

2024-12-31

Issue

Section

Articles