Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-book dalam Pembelajaran IPA pada Materi Pencemaran Lingkungan di SMP Negeri 3 Tondano
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v5i2.4113Keywords:
E-book, Pembelajaran IPA, Pencemaran LingkunganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu produk berupa bahan ajar berbasis e-book dalam pembelajaran IPA pada materi pencemaran lingkungan di SMP Negeri 3 Tondano dan untuk mengetahui kelayakan bahan ajar berbasis e-book dalam pembelajaran IPA pada materi Pencemaran Lingkungan di SMP negeri 3 Tondano. Jenis penelitian ini menggunakan Research And Development (R&D) dengan model pengembangan Borg And Gall. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan desember-april 2022. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII A SMP Negeri 3 Tondano. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara dan angket. Penelitian ini berhasil menghasilkan produk media pembelajaran bahan ajar berbasis e-book dalam pembelajaran IPA pada materi pencemaran lingkungan di SMP negeri 3 tondano, E-bookdinyatakan layak digunakan dengan perolehan rata-rata skor keseluruhan aspek oleh ahli materi 91,5% , ahli media sebesar 91,42% dan respon siswa sebagai pengguna sebesar 93,2% serta respon guru sebagai pengguna sebesar 88%, sehingga kelayakan bahan ajar berbasis e-book yang di kembangkan termasuk dalam kategori “ sangat baik”.References
Ermanda, S., & Ariandani, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Lingkungan Di Sekolah Dasar Negeri 3 Jenggik Tahun Pelajaran 2017/2018. BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 98-107.
Holiwarni, B., & Azmi, J. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-book untuk Pembelajaran Kimia SMA Pokok Bahasan Struktur Atom. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau, 2(1), 46-56.
Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, N., & Amalia, D. A. (2020). Analisis Bahan Ajar. NUSANTARA, 2(2), 311-326.
Monitha, N., Andriana, E., Alamsyah, T. P., & Hendracipta, N. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-book pada Mata Pelajaran IPA Materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya di SD Negeri Serang 20. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 479-490.
Purnama, S. (2013). Metodologi Penelitian dan Pengembangan. Jurnal Literasi, 4(1), 19-32
Rahmah, S. M., & Susilowibowo, C. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berupa E-book Pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Kompetensi Dasar Akuntasi Piutang Kelas XI Berbasis Pendukatan Saintifik Di SMK Yapalis Krian. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi (JPRE), 6(2), 60-70.
Rungkat, J. A., Rengkuan, M., & Humune, Y. S. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Sebagai Media Belajar IPA Pada Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia. JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi), 8(2), 167-171.
Seko, T. S. C., & Rondonuwu, A. T. (2021). Pengembangan LKS IPA Terpadu Berbasis Permainan Edukatif Tema Zat Aditif dan Zat Adiktif untuk Siswa SMP. SCIENING: Science Learning Journal. 2(2), 92-99.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R%D. Bandung: Alfabeta.
Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
Wahyuni, S. (2015, September). Pengembangan bahan Ajar IPA untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP. In PROSIDING: Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika (Vol. 6, No. 6).
Wijayanti, M. (2019). Pengembangan E-book IPA Fisika Berbasis Program Sigil Peserta Didik SMPN 23 Simbang Kabupaten Maros. In Prosiding Seminar Nasional Fisika PPs Universitas Negeri Makassar (Vol. 1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dewa Ayu Made Karya Astiti, Jovialine Albertine Rungkat, Ester Caroline Wowor

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.