Pengaruh Model Pembelajaran Environmental Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan di SMP Negeri 6 Tondano
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v5i2.4125Keywords:
Environmental Learning, Hasil BelajarAbstract
Proses pembelajaran yang efektif dan efisien dalam pendidikan merupakan salah satu faktor yang memiliki peran besar dalam pencapaian tujuan pembelajaran< span>< div>s< p>
elain mencapai tujuan pembelajaran guru memiliki tugas untuk mencetak manusia manusia yang cerdas dan berkarakter Hal tersebut menjadi sesuatu yang harus mendapatkan perhatian lebih mengingat tantangan yang ada saat ini sangatlah besar Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Environmental Learning< em> terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 6 Tondano Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan analisis data kuantitatif Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Tondano Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang menggunakan rancangan penelitian Post test Only Control Group Design< em>dengan sampel penelitian kelas VII A berjumlah 16 orang sebagai kelompok kontrol dan kelas VII B berjumlah 14 orang sebagai kelompok eksperimen Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata rata nilai kelompok eksperimen = 71 43 sedangkan kelompok kontrol = 61 88 Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa model pembelajaran Environmental Learning< em> berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan SMP Negeri 6 Tondano < span>< div>References
Haryaningtyas H 2016 Meningkatkan prestasi belajar IPA dan karakter peduli lingkungan melalui model pembelajaran environmental learning pada siswa kelas 7C SMPN 11 Madiun tahun pelajaran 2015 2016 Jurnal Penelitian LPPM Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat IKIP PGRI MADIUN 4 2 140 146
Ichsan I Z Sigit D V Miarsyah M 2018 Learning environment: gender profile of students pro environmental behavior PEB based on green consumerism Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah 3 2 97 107
Kahar S Tumbel F Paat M 2020 The effect of environmental learning models on science process skills and learning outcomes of students in SMP Negeri 10 Manado International Journal of Academic Research and Development 5 4 34 38
Kemendikbud 2013 Konsep dan Desain Pembelajaran IPA Terpadu Pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Murti W Maya S 2021 The Effectiveness Of Environmental Learning Model On Students motivation And Learning Outcomes Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 24 2 255 263
Perdiawan Z Tini K 2021 Efektivitas Model Pembelajaran Environmental Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Binomial 4 2 109 124
Rahmawati I Suwanda I M 2015 Upaya Pembentukan Perilaku Peduli Lingkungan Siswa Melalui Sekolah Adiwiyata Di SMP Negeri 28 Surabaya Jurnal kajian Moral dan Kewarganegaraan 1 71 78
Robelia B A Greenhow C Burton L 2011 Environmental learning in online social networks: Adopting environmentally responsible behaviors Environmental Education Research 17 4 553 575
Sugiyono 2011 Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R D Bandung: Afabeta
Sugiyono 2012 Memahami Penelitian Kualitatif Bandung: ALFABETA
Taufiq M Dewi N R Widyatmoko A 2014 Pengembangan Media Pembelajaran IPA Terpadu Berkarakter Peduli Lingkungan Tema Konservasi Berpendekatan Science Edutainmnet Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 3 2 : 140 145
Tumewu W Wowor E Rogahang M 2020 Efektivitas Environmental Learning Bagi Mahasiswa JISIP Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan 4 4 325 329
