Pengaruh Model Pembelajaran Environmental Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan di SMP Negeri 6 Tondano
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v5i2.4125Keywords:
Environmental Learning, Hasil BelajarAbstract
Proses pembelajaran yang efektif dan efisien dalam pendidikan merupakan salah satu faktor yang memiliki peran besar dalam pencapaian tujuan pembelajaran, s
elain mencapai tujuan pembelajaran, guru memiliki tugas untuk mencetak manusia-manusia yang cerdas dan berkarakter. Hal tersebut menjadi sesuatu yang harus mendapatkan perhatian lebih mengingat tantangan yang ada saat ini sangatlah besar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Environmental Learning terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 6 Tondano. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, dengan menggunakan analisis data kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Tondano. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang menggunakan rancangan penelitian Post-test Only Control Group Designdengan sampel penelitian kelas VII A berjumlah 16 orang sebagai kelompok kontrol dan kelas VII B berjumlah 14 orang sebagai kelompok eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai kelompok eksperimen = 71,43 sedangkan kelompok kontrol = 61,88. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa model pembelajaran Environmental Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan SMP Negeri 6 Tondano.References
Haryaningtyas, H. (2016). Meningkatkan prestasi belajar IPA dan karakter peduli lingkungan melalui model pembelajaran environmental learning pada siswa kelas 7C SMPN 11 Madiun tahun pelajaran 2015/2016. Jurnal Penelitian LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) IKIP PGRI MADIUN, 4(2), 140-146.
Ichsan, I. Z., Sigit, D. V., & Miarsyah, M. (2018). Learning environment: gender profile of students’ pro-environmental behavior (PEB) based on green consumerism. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 3(2), 97-107.
Kahar, S., Tumbel, F., & Paat, M., (2020). The effect of environmental learning models on science process skills and learning outcomes of students in SMP Negeri 10 Manado. International Journal of Academic Research and Development, 5(4), 34-38.
Kemendikbud. (2013). Konsep dan Desain Pembelajaran IPA Terpadu Pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Murti, W., & Maya, S. (2021). The Effectiveness Of Environmental Learning Model On Students'motivation And Learning Outcomes. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 24(2), 255-263.
Perdiawan, Z., & Tini, K. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Environmental Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa. Binomial, 4(2), 109-124.
Rahmawati, I., & Suwanda, I. M. (2015). Upaya Pembentukan Perilaku Peduli Lingkungan Siswa Melalui Sekolah Adiwiyata Di SMP Negeri 28 Surabaya. Jurnal kajian Moral dan Kewarganegaraan, 1, 71-78.
Robelia, B. A., Greenhow, C., & Burton, L. (2011). Environmental learning in online social networks: Adopting environmentally responsible behaviors. Environmental Education Research, 17(4), 553-575.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Afabeta.
Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif”. Bandung: ALFABETA.
Taufiq, M, Dewi, N.R, & Widyatmoko, A. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Terpadu Berkarakter Peduli Lingkungan Tema Konservasi Berpendekatan Science-Edutainmnet. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 3(2): 140-145.
Tumewu, W., Wowor, E., & Rogahang, M. (2020). Efektivitas Environmental Learning Bagi Mahasiswa. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 4(4), 325-329.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fujita S. Mamonto, Ni Wayan Suriani, Anneke Tienneke Rondonuwu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.