Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v4i1.4348Keywords:
team assisted individualization, hasil belajarAbstract
Guru berkewajiban untuk mengembangkan potensi yang dimiliki siswa, meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa. Rendahnya hasil belajar IPA siswa, disebabkan ada siswa berperan pasif dalam berdiskusi dan kurangnya kerja sama antar anggota kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu seluruh siswa di kelas VII-A SMP Negeri 6 Tondano sebanyak 16 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini lembar observasi siswa, lembar kerja siswa, soal pilihan ganda dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes hasil belajar. Berdasarkan analisis hasil belajar siswa secara individual pada siklus I persentasi 54,69% dan siklus II 81,88% sedangkan secara klasikal siklus I persentasi 31,25% dan siklus II 81,25% kemudian hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I persentasi 67,85% dan siklus II 89,28%. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa hasil belajar IPA siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI mengalami peningkatan di siklus II dari siklus I.
References
Fitriyah, A., & Arief, A. (2017). Penerapan model pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas x pada pokok bahasan momentum dan impuls di man mojosari mojokerto. (JIPF) Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 6(3), 153-156.
Hardini, I. & Puspitasari, D. (2012). Strategi pembelajara terpadu: teori, konsep dan implementasi. Yogyakarta: Familia.
Is, I. I. I. (2017). Penerapan model pembelajaran kooperatif tai (team assisted individualization) untuk meningkatkan hasil belajar fisika pada materi pokok pesawat sederhana. Jurnal Serambi Ilmu, 18(2), 84-89.
Mariyana, D. (2020). Peningkatan prestasi belajar ipa tentang tata surya melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe tai (team assisted individualization) bagi peserta didik kelas vi sekolah dasar. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series (Vol. 3, No. 4, pp. 787-792).
Prayogi., H. S., Harijanto., A., & Mahardika., I. K., (2014) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (tai) untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar ipa fisika siswa kelas viii-b smp negeri 1 sumbersuko. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1), 34-39.
Riyanti, A., Widiyatmoko., & Wusqo, I. U. (2016). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization berbantuan peta konsep terhadap hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa smp tema kalor. (USEJ) Unnes Science Education Journal, 5(2), 1280-1287.
Rossesa, R., Muharini, R., & Hadi, L. (2018). Upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran tai materi laju reaksi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 7(7), 1-10.
Sutiari, N. L. (2019). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar pada mata pelajaran tata graha. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 32-40.
Shoimin, A. (2014). Model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Suprihatinigrum. (2013). Strategi pembelajaran teori dan aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Erika Christine Katiandagho, Meitilistina Sasinggala, Ferdy Dungus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.