Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization TAI Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v4i1.4348Keywords:
team assisted individualization, hasil belajarAbstract
Guru berkewajiban untuk mengembangkan potensi yang dimiliki siswa meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa Rendahnya hasil belajar IPA siswa disebabkan ada siswa berperan pasif dalam berdiskusi dan kurangnya kerja sama antar anggota kelompok Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization< em> TAI dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa Dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas Subjek penelitian yaitu seluruh siswa di kelas VII A SMP Negeri 6 Tondano sebanyak 16 orang Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini lembar observasi siswa lembar kerja siswa soal pilihan ganda dan rencana pelaksanaan pembelajaran Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes hasil belajar Berdasarkan analisis hasil belajar siswa secara individual pada siklus I persentasi 54 69 dan siklus II 81 88 sedangkan secara klasikal siklus I persentasi 31 25 dan siklus II 81 25 kemudian hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I persentasi 67 85 dan siklus II 89 28 Hasil penelitian menyimpulkan bahwa hasil belajar IPA siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI mengalami peningkatan di siklus II dari siklus I < p>
References
Fitriyah A Arief A 2017 Penerapan model pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas x pada pokok bahasan momentum dan impuls di man mojosari mojokerto JIPF Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika 6 3 153 156
Hardini I Puspitasari D 2012 Strategi pembelajara terpadu: teori konsep dan implementasi Yogyakarta: Familia
Is I I I 2017 Penerapan model pembelajaran kooperatif tai team assisted individualization untuk meningkatkan hasil belajar fisika pada materi pokok pesawat sederhana Jurnal Serambi Ilmu 18 2 84 89
Mariyana D 2020 Peningkatan prestasi belajar ipa tentang tata surya melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe tai team assisted individualization bagi peserta didik kelas vi sekolah dasar In Social Humanities and Educational Studies SHEs : Conference Series Vol 3 No 4 pp 787 792
Prayogi H S Harijanto A Mahardika I K 2014 Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization tai untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar ipa fisika siswa kelas viii b smp negeri 1 sumbersuko Jurnal Pendidikan Fisika 3 1 34 39
Riyanti A Widiyatmoko Wusqo I U 2016 Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization berbantuan peta konsep terhadap hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa smp tema kalor USEJ Unnes Science Education Journal 5 2 1280 1287
Rossesa R Muharini R Hadi L 2018 Upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran tai materi laju reaksi Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa JPPK 7 7 1 10
Sutiari N L 2019 Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI Team Assisted Individualization untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar pada mata pelajaran tata graha Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran 3 1 32 40
Shoimin A 2014 Model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013 Yogyakarta: Ar Ruzz Media
Suprihatinigrum 2013 Strategi pembelajaran teori dan aplikasi Yogyakarta: Ar Ruzz Media
