Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar IPA Melalui Model Discovery Learning dengan Media Lingkungan Pada Siswa Kelas VII SMP
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v4i1.4354Keywords:
aktivitas belajar, hasil belajar, discovery learning, media lingkunganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar menggunakan model discovery learning dengan media lingkungan dan pengaruh model discovery learning dengan menggunakan media lingkungan terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA SMP Negeri 9 Satap Langowan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif-kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif kualitatif untuk melihat aktivitas belajar siswa dan menggunakan penelitian eksperimen semu dengan nonequivalent control group design untuk melihat hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di dua kelas VII yang masing-masing berjumlah 11 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentasi aktivitas belajar kelas eksperimen pada pertemuan pertama dan kedua sebesar 93,75% sedangkan rata-rata pada kelas kontrol sebesar 58,75%. Untuk hasil belajar siswa diperoleh hasil pengujian hipotesis thitung = 2,63 > ttabel =2,09 maka tolak H0 yang artinya hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning berbantuan media lingkungan lebih tinggi dari hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model discovery learning berbantuan media lingkungan dapat meningkatkan aktivitas belajar dan dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan di SMP Negeri 9 Satap Langowan.
References
Ali, M., & Setiani, D. D. (2018). Pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik pada konsep jamur. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(2), 59-63.
Erviana, L. (2015). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis lingkungan sebagai sarana praktikum IPA untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa di SMP-It Ar Rahmah Pacitan. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 71-77.
Hariyati, M. E. (2019). Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas IX B7 SMP Negeri 6 Singaraja. Media Edukasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 38-45.
Putri, R. H., Lesmono, A. D., & Aristya, P. D. (2017). Pengaruh model discovery learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar fisika siswa MAN Bondowoso. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(2), 173-180.
Purwanto, N. (2010). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ramadhan, A. H. (2021). Pengaruh pendekatan pembelajaran discovery learning pada hasil belajar siswa. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 96-103.
Roheni, A., Sutresna, Y., & Ilmiyati, N. (2020). Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan sikap ilmiah dan keterampilan proses sains siswa pada sub materi pola interaksi manusia mempengaruhi ekosistem. Bioed: Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 40-45.
Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendidikan. Bandung. Alfabeta.
Sumarnaya, I. N. (2018). Penerapan model pembelajaran discovery learning dengan media konkret untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 7(1), 76-78.
Tumewu, W. A., Wowor, E. C., & Rogahang, M. K. (2020). Efektivitas Environmental Learning Bagi Mahasiswa. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 4(4), 325-329.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Veronika Talumewo, Fransiska Harahap, Ni Wayan Suriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.