Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar IPA Melalui Model Discovery Learning dengan Media Lingkungan Pada Siswa Kelas VII SMP
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v4i1.4354Keywords:
aktivitas belajar, hasil belajar, discovery learning, media lingkunganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar menggunakan model discovery learning< em> dengan media lingkungan dan pengaruh model discovery learning< em> dengan menggunakan media lingkungan terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA SMP Negeri 9 Satap Langowan Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif kualitatif untuk melihat aktivitas belajar siswa dan menggunakan penelitian eksperimen semu dengan nonequivalent control group design< em> untuk melihat hasil belajar siswa Penelitian ini dilakukan di dua kelas VII yang masing masing berjumlah 11 siswa Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata rata persentasi aktivitas belajar kelas eksperimen pada pertemuan pertama dan kedua sebesar 93 75 sedangkan rata rata pada kelas kontrol sebesar 58 75 Untuk hasil belajar siswa diperoleh hasil pengujian hipotesis thitung < sub>= 2 63 gt; ttabel< sub> =2 09 maka tolak H0< sub> yang artinya hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning < em>berbantuan media lingkungan lebih tinggi dari hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran konvensional Sehingga dapat disimpulkan bahwa model discovery learning< em> berbantuan media lingkungan dapat meningkatkan aktivitas belajar dan dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan di SMP Negeri 9 Satap Langowan < p>
References
Ali M Setiani D D 2018 Pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik pada konsep jamur Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi 3 2 59 63
Erviana L 2015 Pemanfaatan media pembelajaran berbasis lingkungan sebagai sarana praktikum IPA untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa di SMP It Ar Rahmah Pacitan Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 7 2 71 77
Hariyati M E 2019 Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas IX B7 SMP Negeri 6 Singaraja Media Edukasi: Jurnal Ilmu Pendidikan 3 1 38 45
Putri R H Lesmono A D Aristya P D 2017 Pengaruh model discovery learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar fisika siswa MAN Bondowoso Jurnal Pembelajaran Fisika 6 2 173 180
Purwanto N 2010 Prinsip prinsip dan teknik evaluasi pengajaran Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Ramadhan A H 2021 Pengaruh pendekatan pembelajaran discovery learning pada hasil belajar siswa Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2 1 96 103
Roheni A Sutresna Y Ilmiyati N 2020 Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan sikap ilmiah dan keterampilan proses sains siswa pada sub materi pola interaksi manusia mempengaruhi ekosistem Bioed: Jurnal Pendidikan Biologi 8 2 40 45
Sugiyono 2016 Metode penelitian pendidikan Bandung Alfabeta
Sumarnaya I N 2018 Penerapan model pembelajaran discovery learning dengan media konkret untuk meningkatkan hasil belajar matematika Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains 7 1 76 78
Tumewu W A Wowor E C Rogahang M K 2020 Efektivitas Environmental Learning Bagi Mahasiswa JISIP Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan 4 4 325 329
